Bentuk Kubah Yang Cocok Untuk Mushola

Semakin bertambahnya umat islam yang ada di Indonesia membuat semakin banyaknya masjid dan mushola baru yang akan di bangun. Masjid dan mushola adalah tempat beribadah untuk umat islam. Berbagai inovasi diterapkan dalam pembangunan masjid dan mushola ini. Dengan sentuhan arsitektur tinggi bangunan masjid dibuat sedemikian rupa cantiknya. Tidak lupa dengan perlengkapan khas masjid dan mushola yang kini menjadi symbol paten dari tempat ibadah umat islam ini, yaitu kubah masjid dan mushola.  Pemilihan kubah tidak boleh sembarangan, Anda harus menyesuaikan Kubah Yang Cocok Untuk Mushola dan masjid.

kubah mushola

Masjid adalah tempat ibadah umat islam dalam ukuran yang cukup besar, sedangkan mushola adalah tempat ibadah umat islam dalam ukuran kecil. Dilihat dari ukuran – ukuran bagunan tempat tersebut, maka untuk masjid dan kushola membutuhkan Kubah Yang Cocok Untuk Mushola dan masjid. Kubah banyak sekali macamnya, sebaiknya pilihlah model yang tepat.

Kubah masjid dan mushola

Berikut ini adalah macam – macam dari kubah masjid dan mushola.

  • Kubah bentuk telur. Kubah ini memiliki bentuk yang lonjong sedikit oval. Dari kejauhan kubah ini terlihat seperti telur besar yang terbelah.
  • Kubah bentuk bawang. Kubah ini berwujud seperti umbi – umbian. Kubah ini memiliki lengkungan di bagian atas bawahnya.
  • Kubah bentuk berumbi. Kubah ini hampir mirip seperti tunas dari umbi. Sekilas terlintas seperti bumi setengah.
  • Kubah bentuk para bola, kubah ini tidak bulat penuh, sedikit lonjong dan ujungnya meruncing.

Memilih Motif Kubah

kubah mushola masjid

Kubah memang sudah mutlak menjadi symbol dari masjid. Ada beragam model dan motif dari kubah ini. Kini kubah secara otomatis tanpa dijelaskan pasti sudah banyak yang mengetahui bahwa itulah ornament dari sebuah bangunan masjid.  Corak dan motif ini juga mempengaruhi keindahan dari tempat ibadah yang dikenal dengan masjid dan mushola ini. Berikut ini langkah – langkahnya.

  • Perhatikanlah percampuran warnanya, untuk daerah pegunungan disarankan menggunakan warna kombinasi hijau – hijau seperti kondisi alam di Untuk daerah pesisir pantai biasanya cenderung pada warna kombinasi putih – putih pada corak kubah masjid nya. Dalam hal ini jangan hanya mengutamakan warna saja, akan tetapi juga pertimbangan akan bahan yang digunakan sudah sesuaikah, berkualitas dan harus dipastikan bahan yang digunakan adalah bahan – bahan yang terbaik. Mengingat Indonesia adalah Negara yang beriklim tropis, dengan 2 musim, yaitu musim panas dan juga musim hujan.
  • Memadukan sedikit sentuhan seni budaya dan tradisi masyarakat setempat. Agar islam bisa membaur dengan warga setempat maka seharusnya islam juga mengadopsi sedikit arsitekturnya. Dengan hiasan – hiasan apik yang mendetail misalnya. Biasanya tradisi di suatu tempat ada yang lebih cenderung menyukai satu warna saja, ada juga yang merasa anti dengan warna – warna yang tidak biasanya.
  • Motif yang digunakan bisa disesuaikan sendiri oleh masyarakat setempat sesuai dengan seleranya. Karena memang daerah Indonesia mempunyai keragaman yang tak terhitung jumlahnya, seni – seni motif yang dibuat boleh bebas dan tak terbatas.

Demikianlah ulasan dan juga tips untuk Anda dalam memilih Kubah Yang Cocok Untuk Mushola dan masjid. Apabila masih merasa kebingungan akan pemilihan kubah ini, Anda bisa datang langsung ke tempat kami. Kami menyediakan banyak sekali jenis dan model yang tepat kubah untuk mushola maupun masjid. Bukan hanya itu, kami juga memberikan penawaran yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *