Islamic Center Sukadana

Lampung Timur adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Lampung. Ibukota dari Lampung Timur berada di Sukadana. Menurut data statistic pada tahun 2015 jumlah penduduk di Lampung Timur berjumlah 1.008.797 jiwa dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.325.03 kilometer persegi. Sekarang Kabupaten yang memiliki semboyan ‘Bumei Tuweh Bepadan’ berada dibawah pimpinan bupati dan wakilnya yang bernama Chusnunia Chalim dan Zaiful Bokhari.

Islamic Center Sukadana

Lampung Timur memiliki sebuah bangunan Islamic Center yang sangat terkenal dan juga merupakan ikon dari Lampung Timur. Lokasi Islamic Center Sukadana berada lumayan strategis yaitu sekitar 80 kilometer dari kota Bandar Lampung. Islamic Center Sukadana dilengkapi oleh bangunan masjid yang begitu megah, asrama haji dan beberapa sarana pendukung lainnya. Islamic Center Sukadana dibangun dengan sebuah bangunan yang begitu menarik serta dengan bentuk dan fasilitas yang mewah. Dana yang digunakan dalam pembangunan Islamic Center Sukadana berasal dari dana APBD selama beberapa tahun dengan anggaran sebesar Rp. 38.5 miliar. Bangunan Islamic Center Sukadana berdiri diatas lahan seluas 35 hektar.

Proses pembangunan Islamic Center Sukadana dimulai oada tahun 2002 yang berasal dari gagasan Hi. Irfan Nuranda Djafar, CES. Beliau juga adalah seorang yang pertama kali mencetuskan idenya agar didirikan sebuah tempat pusat bagi kegiatan islam di Kabupaten Lampung Timur. Akhirnya gagasan tersebut diwujudkan pada masa pimpinan Bupati Hi. Bahusin MS dengan menggunakan dana anggaran APBD tahun 2002. Lalu dibangun sebuah Islamic Center Sukadana diatas lahan pembebasan seluas 20 hektar yang lokasinya berada di jalan lintas timur Sumatera, Desa Muara Jaya, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur.

Sebelum dibangun, Islamic Center Sukadana dilakukan peletakan batu pertama kali pada tahun 2004. Kemudian dibangun dan rampung pada tahun 2008 Islamic Center Sukadana telah diresmikan oleh Bupati Satono, SH,. SP. Islamic Center Sukadana telah menjadi sebagai pusat kegiatan keagamaan serta juga merupakan ikon Kabupaten Lampung Timur. Lokasinya juga sangat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Lampung Timur.

Bangunan Islamic Center Sukadana saat ini berada dibawah naungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lampung Timur. Gedung Islamic Center Sukadana dibuka untuk umum dan masyarakat luas serta dengan adanya bangunan masjid Agung Baiturrohman Lampung Timur disana menambah keindahan dan kemegahan Islamic Center Sukadana. Tak hanya difungsikan sebagai bangunan untuk tempat beribadah, masjid tersebut juga menjadi sebuah andalan pariwisata religi Kabupaten Lampung Timur.

tampak samping Islamic Center Sukadana

Pembangunan Islamic Center Sukadana memiliki sejarah yang tak terduga. Ternyata sebelumnya lokasi Islamic Center Sukadana berada di sebuah bekas lokalisasi. Namun sekarang tempat tersebut telah berubah menjadi sebuah bangunan tempat beribadah serta kegiatan keislaman lainnya. Maka tak heran banyak sekali para jamaah dan pengunjung yang memenuhi masjid tersebut disamping untuk melaksanakan ibadah juga sebagai tempat wisata religi yang sering dikunjungi oleh masyarakat sekiar dan dari luar wilayah.

Arsitektur Islamic Center Sukadana sangat megah dengan ciri khas pada dindingnya yang kokoh dan mewah berwara krem. Selain itu disana juga terdapat beberapa kubah pada bagian ujung pusat bangunan masing-masing. Kubahnya pun sangat menarik karena dihiasi dengan warna yang mencolok yaitu perpaduan dari warna kuning, hijau dan biru. Ditambah dengan hiasan geometris yang membuat kubah tersebut semakin menonjol. Selain itu, halaman Islamic Center Sukadana sangat luas dan bersih sehingga siapapun dapat bersantai-santai di halaman tersebut sambil menikmati keindahan serta kemegahan dari salah satu bangunan kebanggan Lampung Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *