Masjid Agung Iqro Halmahera Timur

Indonesia yang terkenal akan bahasa, budaya serta kulinernya yang telah melegenda hingga ke mancanegara. Tak hanya itu saja, Indonesia juga sangat banyak memiliki suku, pulau hingga wisata alam yang mengagumkan. Sangat banyak pulau yag tersebar di Indonesia. Meskipun dari setiap pulau tersebut masih terkesan belum familiar, namun sebenarnya dari masing-masing pulau di Indonesia memiliki keistimewaan nya sendiri. Salah satunya berada di Maluku yaitu pulau Halmahera. Halmahera sendiri meupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Maluku Utara. Wilayah tersebut telah terbentuk pada tanggal 23 Februari 2003 lalu. Pada sebelumnya Halmahera Timur merupakan sebuh bagian wilayah kota Tidore.

Ternyata di Halmahera terdapat beberapa projek pertambangan dan yang terbesar dari perusahaan Australia yang bernama Newcrest Mining. Luas tanah dari Halmahera yaitu 17.780 kilometer persegi. mayoritas dari penduduk Halmahera adalah beragaa islam yaitu sebanyak 80 sedangkan sisanya adalah memeluk agama Kristen. Meskipun Halmahera merupakan sebuah pulau, namun penduduk disana kebanyakan beragama islam. Hal tersebut tak mengejutkan karena Indonesia memang myoritas dari penduduknya adalah memeluk agama islam.

masjid agung iqro

Karena banyaknya umat muslim di Halmahera, disana juga terdapat sebuah bangunan tempat beribadah untuk para muslim. salah satu bangunan masjid yang terkenal di Halmahera adalah masjid  Agung Iqro. Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat sekitar tersebut berada di kota Maba yang tak lain adalah ibukota dari Halmahera Timur. Masjid Agung Iqro pertama kali didirikan pada Agustus 2012. Kemudian pada hari Jum’a tanggal  Maret 2015 kemarin masjid Agung Iqro telah resmi di gunakan. Peresmian masjid tersebut dilakukan oleh Bupati Haltim yang menjabat adalah H Rudy Erawan SE Msi, serta wakil Bupati yaitu Ir Muh Din. Ada juga Ketua DPRD Jhon Ngoraici serta para Muspida Kabupaten Haltim turut serta dalam peresmian masjid Agung Iqro. Persemian masjid Agung Iqro ditandai dengan pemukulan beduk yag telah disediakan di masjid tersebut.

Pada awalnya, dengan adanya masjid Agung Iqro di Halmahera Timur tersebut dapat menjadi sebuah benteng sekaligus pembangunan masjid serta beberapa bangunan lainnya untuk tempat beribadah umat kristen juga, yaitu bangunan gereja. hal tersebut diharapkan dapat memotivasi untuk memiliki fungsi sebagai bangunan mental spiritual dari seluruh umat yang beragama di Halmahera Timur. Bupati Halmahera Timur yaitu H Rudy Erawan SE MSi menyampaikan harapan tersebut pada saat persemian masjid Agung Iqro.

Meskipun masjid Agung Iqro telah selesai diresmikan, namun hingga sekarang pun pembangunannya masih belum berhenti. Ha tersebut dikarenakan ada rencana tahap kedua berupa pembangunan kompleks islamic Center yang akan dibangun di sebelah kiri masjid. Dengan adanya tempat tersebut maka direncanakan bisa berfungsi juga sebagai tempat manasik haji serta kegiatan keagamaan lainnya dan juga kegiatan pengajian ibu-ibu dapat dilaksanakan disana.

masjid agung iqro

Bangunan masjid Agung Iqro berdiri menonjol di tengah lahan yang cukup luas. Warna dari bangunan masjid tersebut pun sangat menarik baik dari luar hingga dalam masjid pun memiliki daya tarik tersendiri. Jika dilihat dari luar, masjid Agung Iqro di dominasi oleh warna merah muda dan merah hati. Pada bagian bangunan utamanya berdenah segi empat dengan lantai masjid yang jumlahnya ada dua. Ditambah lagi dengan adanya beranda masjid yang besar di depan masjid serta dua bangunan sayap di kiri kanan masjid. Sehingga masjid tersebut terihat megah dan besar.

Terlihat juga satu kubah utama ditambah dengan ke empat kubah yang ukurannya lebih kecil dari kubah utama di setiap penjuru masjid. Kubah tersebut pun sangat menarik karena memiliki corak dan warna yang sangat menarik. Bangunan masjid Agung Iqro’ ini tidak memiliki menara namun tetap terkesan megah dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *