Masjid Al-Mujahiddin, Jababeka, Cikarang

Memang ada beberapa Masjid dengan nama “Al-Mujahiddin” di Cikarang Utara. Yang pertama adalah Masjid Al-Mujahiddin Jababeka II, dan Masjid Al-Mujahiddin Jababeka I yang akan kita bahas pada tulisan kali ini.

Masjid Al-Mujahiddin, Jababeka, Cikarang

Bangunan Masjid Al-Mujahiddin ini terletak di komplek industri Jababeka I. Tepatnya di Jln. Jababeka, Industri Jababeka I, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Jababeka  yang menjadi salah satu kawasan industri terbesar di dunia ini memang juga memperhatikan sisi kemashlahatan pekerjanya, termasuk tersedianya tempat ibadah yang memadai.

Lokasi Masjid Al-Mujahiddin ini tepat didepan Pabrik PT. Matel Indonesia, salah satu Industri milik Amerika sebagai pembuat Boneka Barbie.

Untuk fasilitas angkutan umum memang tidak sampai pada areal Masjid Al-Mujahiddin ini, sehingga anda harus menaiki kendaraan pribadi. Dari pintu masuk kawasan industri Jababeka I, setelah melewati SPBU, lurus hingga anda melewati pertigaan dan hampir sampai pada perempatan. Sebelum perempatan tersebut anda akan menemukan jalan kecil ke arah kanan. Lalu, pada jalur kanan, anda harus berputar haluan U-Turn, kemudian berbalik arah dan ambil jalur kiri, sehingga anda akan menemukan lokasi Masjid Al-Mujahiddin ini.

Namun, jika anda masih bingung, anda dapat menggunakan jasa tukang Ojek yang sering mangkal di gerbang kawasan Jababeka tersebut. Keseluruhan pengemudi Ojek tersebut sudah hafal dan mengetahui seluk beluk Jababeka I, sehingga aksesnya menjadi lebih mudah.

Pembangunan Masjid Al-Mujahiddin

Dari informasi yang didapatkan di prasasti pembangunan masjid yang diletakkan di tembok sisi kiri masjid, disebutkan bahwa Masjdi Al-Mujahiddin diresmikan pertama kali oleh Almarhum H. Sudwikatmono, Presiden Komisaris PT. Kawasan Industri Jababeka kala itu, pada tanggal 13 Mei 1994.

Karena lokasinya yang berada di tengah-tengah kawasan sebuah industri raksasa, tentu saja hampir keseluruhan jamaahnya berasal dari para karyawan yang bekerja di perusahaan sekitar. Masjid Al-Mujahiddin ini merupakan bangunan masjid yang pertama kali dibangun oleh pihak Industri Jababeka. Sehingga, tentu saja saat ini bangunan masjid ini sudah tidak dapat menampung jamaah yang membludak, seiring dengan perkembangan Industri Jababeka saat ini.

Karena saat ini sudah ada ratusan perusahaan yaqng dibangun di kawasan industri ini, banyak dari perusahaan tersebut yang sengaja membuat bangunan musholla sendiri untuk fasilitas tempat ibadah bagi karyawan mereka, sehingga mereka tidak perlu terlalu jauh melakukan pernjalanan ke Masjid Al-Mujahiddin.

Meskipun begitu, bangunan masjid ini hingga kini masih difungsikan seperti seharusnya oleh beberapa  karyawan perusahaan yang berada di dekat masjid tersebut. Selain itu, perusahaan yang tidak memiliki bangunan masjidnya sendiri (ada mimbar didalamnya), memaksa karyawannya untuk datang ke masjid ini dalam pelaksanaan kewajiban sholat jum’at berjamaah.

Arsitektural Bangunan Masjid Al-Mujahiddin Jababeka I

interior Masjid Al-Mujahiddin, Jababeka, Cikarang

Masjid Al-Mujahiddin ini memiliki arsitektural bangunan asli indonesia, dengan ciri khas atap limas bersusun tiga, namun tanpa soko guru didalamnya. Bangunan masjidnya menghilangkan soko guru dibagian tengah agar ruangannya terlihat lebih lega. Sedangkan untuk penyangga struktur atapnya memakai tembok dan tiang-tiang disekelilingnya.

Disamping itu, Masjid Al-Mujahiddin ini dibangun dengan rancang terbuka untuk keselurhan bangunannya, lebih seperti sebuah pendopo besar. Hal ini dilakukan karena masjid ini tidak benar-benar memiliki tembok permanen. Apalagi fungsinya memang agar dapat menampung jamaah yang sebesar-besarnya, terutama pada saat sholat jum’at.

Hanya ada satu dinding permanen yang dibangun yaitu pada arah kiblat, sebagai dinding mihrab yang dibangun dengan batu bata dan semen. Keseluruhan tembok bagian depan tersebut juga diberikan tutup batu alam, sehingga kesan indah namun alami dapat dirasakan di masjid ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *