Masjid dan Islamic Centre Kotabumi

Masjid dan Islamic Centre Kotabumi berlokasi di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung. Didalam komplek Islamic Centre inilah terdapat Masjid yang memiliki kubah cukup unik yang akan kita bahas pada tulisan kali ini. Berbagai fasilitas pun tidak lupa untuk dibangun di dalam komplek tersebut, misalnya saja Gedung Serba Guna yang memiliki daya tampung hingga 2.000 jamaah sekaligus, kemudian beberapa perkantoran untuk pengurus Islamic center, dan juga beberapa bangunan yang digunakan sebagai tempat belajar.

Masjid dan Islamic Centre Kotabumi

Keseluruhan komplek Islamic Centre Kotabumi ini didirikan diatas lahan tanah seluas 3,5 hektar, yang sebelumnya menjadi lahan Terminal Regional untuk wilayah Kotabumi. Karena tidak terawat, akhirnya lokasi tersebut dialihfungsikan untuk pembangunan Masjid dan Islamic Centre, agar lebih bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar Kotabumi.

Masjid dan Islamic Centre Kotabumi ini selesai dan diresmikan penggunaannya pertama kali pada tanggal 09 Mei 2011 pukul 11.00 oleh Sjachroedin Z.P, Gubernur Lampung yang menjabat kala itu. Peresmian penggunaannya ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Gubernur, dilanjutkan dengan berbagai acara lainnya.

Beberapa perangkat yang turut hadir dalam acara tersebut adalah Asisten II Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, Zawar Yazid. Kemudian Inspektur Jenderal Kementerian Kehutaran RI, Irham Ja’far Lan Putra. Direktur Penerangan Agama Islam, Ahmad Jauhari, dan juga berbagai staff kementerian PDT, serta masyarakat Kotabumi juga turut hadir dalam acara peresmian tersebut.

Masjid dan Islamic Centre Kotabumi ini dibangun sekaligus menjadi persiapan untuk Kabupaten Lampung Utara dalam menyambut Musabaqoh Tilawatil Qur’an ke-39 setingkat provinsi, pada tahun 2011, sebagai tuan rumah.

Arsitektural Unik Masjid dan Islamic Centre Kotabumi

interior Masjid dan Islamic Centre Kotabumi

Ada berbagai filosofi agamis yang diimplementasikan di dalam pembangunan Masjid dan Islamic Centre Kotabumi ini, misalnya Kubah Bangunan yang berbentuk Siger berputar, berjumlah 99 yang melambangkan 99 Asma’ul Husna (Nama-nama besar Allah).

Kemudian, dibangun pula sebuah menara setinggi 35 meter yang memiliki teropong bintang untuk menghitung hilal pada saat penentuan hari-hari besar Islam. Uniknya lagi, ternyata menara tersebut juga dapat dikunjungi oleh masyarakat umum sebagai sarana objek wisata untuk melihat / mempotret keindahan alam Kotabumi dari ketinggian.

Kegiatan Masjid dan Islamic Centre Kotabumi

Tentu saja sebagai sebuah Islamic Centre (Pusat Kebudayaan Islam / Pusat Kegiatan Islam), bangunan di komplek ini tidak hanya digunakan sebagai sarana untuk sholat 5 waktu dan sholat jum’at saja. akan tetapi juga digunakan sebagai pusat kegiatan ke-islaman di Kotabumi. Berbagai pengajian pun juga turut dilaksanakan di kompek ini, seperti yang dilakukan pada tanggal 19 September 2015 lalu.

Pengajian tersebut diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Utara dengan mengundang Da’I Kondang, Ustadz Sholeh Mahmoed Nasution atau kita biasa mengenalnya dengan Ustadz Solmed. Tentu saja, acara yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Utara ini sangat meriah bahkan disambut dengan baik oleh masyarakat sekitar. Berbagai pimpinan, seperti Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara, Perangkat Pemerintah Kabupaten, berbagai tokoh agama dan masyarakat juga turut hadir untuk memeriahkan acara tersebut.

Acara pengajian akbar di Islamic Centre Kotabumi diadakan secara rutin setiap 3 bulan sekali. Hal ini juga sebagai bentuk pemenuhan janji politik yang dicetuskan oleh Bupati Agung Ilmu Mangkunegara saat pemilihan umum tahun 2013.

Banyak sekali Da’i kondang yang pernah di undang untuk mengisi tausiah pada saat pengajian rutin tersebut, sebut saja Mama Dedeh dan Ustadz Maulana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *