Masjid Jami’ Al-Ikhlas Sempu

Masjid Jami’ Al-Ikhlas Sempu terletak di Kampung Sempu RT/RW 01/03, Desa Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.  Kampung Sempu sendiri merupakan sebuah kampung yang terkurung oleh kawasan industri Jababeka, sehingga kawasannya sudah terasa sangat tidak bersahabat dengan berbagai polusi udara yang terjadi. Padahal, sebelumnya Kampung Sempu merupakan sebuah kampung yg terletak terpencil di pinggiran sawah yang terhampar luas, dan juga berada di daerah rawa-rawa. Namun, dengan kemajuan zaman dan pembangunan berbagai industri di kawasan tersebut, akhirnya kawasan Kampung Sempu menjadi terhimpit oleh berbagai industri sekitar.

Masjid Jami’ Al-Ikhlas Sempu

Dahulu, mata pencaharian pokok masyarakat sekitar adalah dengan bercocok tanam / bertani. Kemudian, setelah dibangun berbagai industri diwilayah tersebut, akhirnya mata pencaharian para penduduk setempat harus beralih menjadi pegawai industri. Apalagi, saat ini hampir tidak tersisa lagi lahan sawah di daerah tersebut.  Selain menjadi karyawan pabrik, banyak yang beralih profesi menjadi pedagang maupun menawarkan jasa mereka, termasuk mendirikan bangunan yang dapat di kontrak oleh para karyawan.

Di Kampung Sempu yang penuh hiruk pikuk keramaian aktifitas industri inilah didirikan sebuah masjid yang dijadikan Masjid Jami’ untuk wilayah tersebut dengan nama Masjid Jami’ Al-Ikhlas.  Banguannya berukuran cukup luas, meskipun tidak berada di tepi jalan raya utama. Sehingga, halaman parkir kendaraannya pun juga dapat diperluas kembali, dengan lantai yang dipasangi paving blok.

Sebagai sebuah Masjid Jami’, tentu saja fungsinya tidak hanya mencakup sholat fardhu berjamaah saja, namun juga untuk beberapa kegiatan lainnya seperti kegiatan belajar mengaji. Jadi jangan heran jika pada waktu sebelum maghrib, dan sesudah maghrib banyak sekali anak-anak yang berkumpul di tempat ini. Karena setelah pelaksanaan sholat maghrib berjamaah, diadakan kegiatan belajar megaji Al-Qur’an untuk anak-anak sekitar.

Selain anak-anak yang akan belajar mengaji, beberapa pria dewasa juga turut terlihat pada saat sore hari dengan kesibukannya untuk membersihkan masjid ini, seperti menyapu dari bagian dalam hingga bagian luar, hingga pembersihan area berwudhunya.

Jalur untuk menuju ke Masjid Jami’ Al-Ikhlas ini dapat anda tempuh dari arah pertigaan pasir gombong menuju ke Cikarang. Tepatnya, setelah melewati pertigaan Jurong, belok ke kiri sebelum POM Bensin.  Jika menggunakan kendaraan roda 4 disarankan untuk lebih berhati-hati karena ruas jalannya agak sempit.

Arsitektural Masjid Jami Al-Ikhlas Sempu

interior Masjid Jami’ Al-Ikhlas Sempu

Arsitektural bangunan Masjid Jami’ Al-Ikhlas ini terbilang cukup unik, yaitu terdiri dari bangunan utama berupa bangunan khas nusantara dengan atap limas bersusun. Namun, atap bersusun tersebut disusun hingga tiga atap limas sekaligus. Kemudian, ditambahkan pula bangunan teras yang cukup luas dan lega, sehingga jamaah yang dapat ditampung menjadi lebh banyak. Jamaah akan selalu memadati keseluruhan ruangan, termasuk teras ini pada waktu sholat tarawih.

Yng lebih unik lagi dari bangunan masjid ini adalah, atap limasan yg disusun dengan tiga atap tersebut terbagi menjadi dua puncak, yang masing-masingnya diletakkan satu kubah kecil dengan ornamen bulan sabit. Kemudian, pada bagian tengah-tengah antara 2 ujung atap tersebut diletakkan kubah utama dari metal dengan ukuran lebih besar dari dua kubah lainnya.

Untuk tempat wudhu dan toilet di masjid ini dibangun di bagian kanan dan kiri masjidnya. Jamaah wanita dapat menggunakan tempat wudhu di sisi kanan, sedangkan jamaah pria di sisi kiri.

Kemudian pada bagian mihrab, kita dapat menemukan 2 mihrab sekaligus, dimana mihrab sebelah kanan digunakan untuk mimbar berupa podium, dan mihrab bagian kiri digunakan untuk tempat imam. Bangunannya sengaja dibangun dengan sangat luas, dengan dua tiang penyangga utama. Kemudian pada bagian dinding atas, dilukis berbagai kaligrafi indah memanjang mengelilingi bangunannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *