Masjid Perumahan Permata Cikarang Timur

Cikarang merupakan sebuah ibukota dari Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Kota Cikarang memilikii lima kecamatan yang terdiri dari kecamatan Cikarang Pusat, Cikarang Timur, Cikarang Selatan, Cikarang Barat dan Cikarang Utara. Cikarang juga merupakan salah satu kota terpadat selain kota Jakarta. Hal tersebut dikarenakan di kota tersebut banyak sekali masyarakat yang tak hanya dari wilayah Cikarang saja yang tinggal disana. Mereka banyak yang merupakan seoran karyawan dan bekerja di masing-masing  industri Cikarang. Tak heran karena memang Cikarang merupakan kota yang memiliki wilayah industri terluas se Asia Tenggara. Maka di kota tersebut juga penduduknya sangat padat tak hanya penduduk asli Cikarang saja, tetapi mereka yang berasal dari luar Bekasi dan luar Jawa Barat pun sengaja bekerja di Cikarang.

Masjid Perumahan Permata Cikarang Timur

Tak hanya banyaknya industri yang berdiri di Cikarang, disana juga memiliki berbagai macam bangunan. Dimulai dar mall, apartemen hingga bangunan tempat beribadah. Masyarakat disana pun berbagai macam dari agama yang berbeda. Namun mereka memiliki toleransi tinggi terhadap perbedaan keyakinan tersebut. Bangunan tempat beribadah umat muslim pun dapat ditemukan dimana saja. tak hanya di pusat kota, banyak masjid-masjid yang berdiri di sekitar desa bahkan perumahan warga Cikarang. Salah satunya adalah masjid Perumahan Permata Cikarang Timur.

Masjid Perumahan Permata Cikarang Timur merupakan salah satu bangunan masjid yang baru. Disekitar perumahan itu sengaja dibangun sebuah masjid karena memang tempat beribadah bagi  umat muslim cukup jauh. Maka akhirnya didirikan lah sebuah bangunan masjid bagi muslim yang tinggal di perumahan Permata Cikarang Timur. Tak hanya mereka saja yang tinggal di perumahan tersebut yang dapat melaksanakan ibadah di masjid tersebut, namun warga lain yang tinggal di Perumahan Permata Cikarang Timur pun dapat melaksanakan ibadah di masjid tersebut.

Mereka yang tinggal di perumahan Permata Cikarang Timur termasuk para muslim yang begit beruntung. Karena masih dangat jarang di sekitar perumahan ada sebuah bangunan masjid. Bahkan untuk mengurus perizinan membangun masjid pun tidak mudah dan mereka harus melaksanakan ibadah di masjid yang jaraknya cukup jauh.

Keberadaan masjid di Perumahan Permata Cikarang Timur tentunya membuat para muslim setempat sangat beryukur dan bangga. Selain bangunannya yang terkesan megah, masjid tersebut juga sangat membantu para muslim di perumahan tersebut untuk lebih dekat kepada Sang Pencipta dan saling bersilaturahmi dengan sesama muslim lainnya. Jika ingin mengunjungi masjid tersebut, maka dapat melalui akses dari ruas jalan Citarik yang membentang dari Citarik hingga ke Jembatan Delta Mas yang berada di Tegal Danas, Kali Malang Cikarang dan sebaiknya. Namun jika dari arah terminal maka dapat menggunakan angkot nomor K52 dan berhenti di depan Perumahan Permata Cikarang Timur.

depan Masjid Perumahan Permata Cikarang Timur

Bangunan masjid Perumahan Permata Cikarang Timur ini dibuat dengan lumayan unik, dengan balutan warna coklat muda dan coklat tua ynag sangat serasi. Kemudian struktur atapnya ditopang langsung oleh beberapa pilar-pilar berbentuk kotak, sehingga terlihat sangat kokoh dibagian luar.

Sebagai sebuah masjid yang bergaya modern dan tradisional sekaligus,Masjid Perumahan Cikarang Timur ini memiliki keunikan tersendiri, perpaduannya sangat pas, antara penggunaan ornamen lawas, dna ornamen modern di bagian masjidnya. Atap joglo  (limasan) bertingkat dua, dengan ujung piramid menjadi ciri khas bangunan tradisional khas Indonesia, kemudian struktur bangunan betonnya membuat masjid ini terlihat sangat kokoh dari luar. Lantai pada masjid ini sudah dilapisi dengan keramik berwarna putih, sedangkan untuk beberapa shaff terdepan dilapisi dengan karpet sajadah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *