Yuk Kenali 5 Jenis Bahan Kubah Masjid!

Salah satu bagian masjid yang cukup penting untuk di perhatikan adalah kubah. Bagaimana tidak, bagian yang satu ini merupakan bagian pertama masjid yang paling sering terlihat dari jarak jauh maupun dari tempat yang lebih tinggi dari bangunan masjid. Oleh karena itu dalam pembuatannya harus berhati-hati. Bahkan bisa di katakan kubah masjid merupakan icon dari masjid itu sendiri.

Berbicara mengenai kubah masjid, dalam hal ini ada beberapa bahan yang biasa di gunakan dalam pembuatannya. Akan tetapi kualitas bahan-bahan tersebut berbeda-beda. Bahkan di tempat yang berbeda tingkat ketahanannya juga bisa berbeda sekalipun jenisnya sama. Oleh karena itu dalam memilih bahan untuk kubah ini pun harus memperhatikan situasi dan kondisi tempat pembangunan masjid.

Lebih jauh lagi mengenai bahan dalam pembuatan kubah masjid, ada 5 bahan yang paling banyak di gunakan dalam hal ini. bahan-bahan itu adalah beton, galvalum, stanless, GRC dan Enamel. Nah, sampai di sini, tentu saja Anda penasaran bukan berbagai informasi lebih lanjut mengenai bahan-bahan tersebut. Dalam hal ini, untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak ulasan di bawah ini.

Beton

kubah beton

Bahan pertama yang biasa di gunakan untuk membuat kubah masjid adalah beton.  Bahan beton sendiri merupakan bahan yang terkenal sangat kuat. oleh karena itu tidak heran jika pembuatan kubah sering menggunakan bahan beton dengan besi tulangan di dalamnya sebagai rangka. Sedangkan untuk bahan beton sebagai kubah ini, pada umumnya  akan di beri motif atau hiasan tertentu sehingga membuat kubah masjid terlihat semakin menarik sekalipun pada awalnya berbahankan beton. Sedangkan dengan penggunaan bahan beton ini, tentu saja kubah akan semakin kokoh lagi.

Galvalum

kubah galvalum

Bahan galvalum merupakan salah satu bahan kubah masjid yang terkenal tahan akan panas. Bahan ini juga bisa menjadi salah satu bahan terbaik. Selain ketahanannya akan panas, bahan ini juga memiliki beberapa kelebihan lainnya. di antaranya adalah memiliki daya rekat yang begitu fleksibel dan juga bahan yang anti karat. Dan karena beberapa kelebihan tersebut, kubah ini semakin banyak diminati.

Stainless

kubah stainless

Untuk kubah stainless pasti sudah tidak asing lagi bukan. kubah yang satu ini memang memiliki cukup banyak kelebihan. Di antaranya juga termasuk ketahanannya dari karat. Selain itu, bahan stainless juga mengkilap sehingga membuat masjid akan memiliki daya tarik tersendiri ketika menggunakan bahan tersebut. Kubah dengan bahan ini pun mudah di cari dengan banyak pilihan model.

GRC

kubah grc

Selanjutnya Anda pun bisa memilih kubah dengan bahan GRC. Kubah yang satu ini sebagai perwujudan dari kemajuan teknologi bidang konstruksi. Sedangkan kelebihannya di bandingkan beton adalah lebih ringan akan tetapi tidak kalah dari segi kekuatan. Produk ini pun juga tahan panas maupun karat sehingga banyak diminati masyarakat.

Enamel

kubah enamel

Untuk bahan kubah terakhir yang tidak kalah recommended adalah enamel. Bahan yang satu ini memiliki berbagai kelebihan juga sehingga membuatnya semakin  banyak diminati. Di antara kelebihan tersebut adalah  ketajaman warna serta kecerahannya yang lebih baik dibandingkan kubah lainnya. selain itu juga lebih ringan dan potensi bocornya jauh lebih kecil di bandingkan kubah berbahankan lain.

Demikianlah  ulasan mengenai 5 jenis bahan kubah masjid yang biasa di gunakan. Dengan berbagai kelebihan dan keunggulannya di bandingkan bahan lain, Anda bisa menyesuaikan mana bahan yang paling tepat untuk di pilih sesuai desain masjid dan kondisi setempat. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *