10 Masjid Terbesar Di Indonesia

Negara Indonesia bukanlah Negara yang asli berpenduduk islam. Akan tetapi, kebanyakan penduduk Indonesia banyak yang memeluk agama islam. Meski tak seluruh warga Indonesia beragama islam, mereka tetap hidup berdampingan dan saling bertoleransi dalam beragama.

Di Indonesia ada banyak sekali masjid tempat beribadah umat islam dibangun. Seiring bertambah jumlahnya tempat ibadah ini, semakin banyak pula warga Negara Indonesia yang memeluk agama islam. Di jamin di semua kota di Indonesia pasti mempunyai bangunan yang bernama masjid ini.

Masjid Terbesar di Indonesia

Bangunan masjid dibangun dalam beragam ukuran dan model, berikut ini adalah masjid yag memiliki ukuran terbesar di Indonesia.

  1. Masjid Raya Al – Mashun, di Kota Medan ( Sumatera Utara )

masjid di medan

Masjid yang terletak di kota Medan ini, adalah salah satu masjid kuno yang dibangun pada masa Sultan Deli pada tahun 1906. Masjid ini berdiri diatas tanah seluas 18 ribu meter persegi. Dengan gaya arsitektur yang sangat kental akan nilai sejarah. Masjid yang terkenal dengan nama Masjid Raya Medan ini tak jarang dikunjungi para wisatawan dari mancanegara.

  1. Masjid Istiqlal, di Jakarta ( Jakarta )

masjid istiqlal

Masjid terbesar di Asia Tenggara ini adalah masjid yang diprakarsai oleh orang nomor satu di Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. Dibangun pada tahun 1970an.

  1. Masjid At – Tin, di Kota Jakarta ( Jakarta )

masjid agung at tin

Masjid ini berdiri di daerah Taman Mini Indonesia, Jakarta. Masjid terbesar di kota Jakarta ini tergolong unik dan berbeda dengan masjid yang ada pada umumnya. Masjid ini dibangun dengan gaya khas melengkung dengan ornament anak panah di setiap sudutnya.

  1. Masjid Raya Makassar, di Makassar ( Sulawesi Selatan )

masjid makasar

Masjid di tanah Makassar ini selain ukurannya yang besar juga dibangun dengan gaya arsitektur yang mewah dan megah. Terdapat kubah utama yang di datangkan dari Negara sebrang, yaitu Australia.

  1. Masjid Rahmatan Lil – Alamin, Indramayu ( Jawa Barat )

masjid indramayu

Masjid ini dibangun dengan ukuran yang sangat besar yaitu sekitar 6 hektar, dengan kapasitas jamaah mencapai 100 ribu orang.

  1. Masjid Agung An – Nur, di Pekan Baru ( Riau )

masjid riau

Masjid Agung An – Nur ini adalah masjid dengan gaya ala – ala Taj Mahal India, masjid terbesar da juga megah ini adalah salah satu masjid yang menjadi kebanggaan dari masyarakat di sana. Masjid ini ketika malam hari terlihat begitu memukau, karena disekitar kawasan tersebut banyak dihiasi dengan lampu berwarna – warni yang bercahaya.

  1. Masjid Raya Baiturrahman, di Banda Aceh ( Nangroe Aceh Daroessalam )

masjid aceh

Masjid yang berdiri di tanah Aceh ini adalah salah satu masjid kuno, yang dibangun pada masa kesultanan Aceh di masa kepemimpinan Sultan Iskandar Muda pada tahun 1607. Dengan baluran gaya arsitektur yang sangat memukau. Masjid Raya Baiturrahman ini adalah masjid yang paling tua di Indonesia.

  1. Masjid Islamic Centre Samarinda, di Samarinda ( Kalimantan Timur )

masjid indah

Masjid yang berdiri diatas tanah Samarinda, Kalimantan Timur ini adalah bangunan masjid yang bermodelkan masjid Nabawi di kota Madinah yang dipadu dengan masjid artistic di kota Turki.

  1. Masjid Dian Al Mahri ( Berkubah Emas ), di Depok ( Jawa Barat )

kubah emas

Masjid di daerah Jawa Barat ini adalah salah masjid yang dibangun dengan kubah yang berbalut dengan emas. Masjid ini tak jarang membuat semua orang merasa takjub melihatnya. Bangunan masjid ini dikenal dengan julukan Masjid Kubah Emas Depok.

  1. Masjid Al – Akbar di Surabaya, ( Jawa Timur )

masjid surabaya

Masjid ini memiliki arsitektur yang cukup unik tapi juga modern. Keunikan nya terlihat pada perpaduan warna yang ada pada kubah masjid ini, terkesan sejuk dan enak dipandang.

Itulah, beberapa masjid terbesar yang ada di Indonesia dengan gaya arsitektur unik dan khas, yang mungkin salah satunya berada di kota Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *