10 Masjid Unik Di Indonesia

Indonesia adalah Negara yang banyak memiliki destinasi wisatanya. Baik wisata alami maupun edukasi. Merupakan hal yang biasa saja jika berlibur ke tempat wisata untuk bermain. Sebagai seorang muslim tidak ada salahnya mencoba destinasi wisata religi yang ada di Indonesia yaitu berkunjung ke masjid – masjid yang dibangun secara unik dan penuh dengan arsitektur yang mempesona.

Jumlah masjid di Indonesia sebenarnya memiliki jumlah yang cukup banyak, bahkan setiap daerah bahkan perkampungan kecil pun pasti memiliki bangunan masjid. Akan tetapi, tidak semua banguanan masjid yang ada di Indonesia ini unik. Hanya ada beberapa masjid unik yang ada di Indonesia ini. Jumlahnya masih bisa dihitung jari.

Masjid – masjid unik

  1. Masjid Agung Al – Munada Darussallam Baiturrahman, di Jakarta Selatan ( Jawa Barat )

masjid perahu

Keunikan dari masjid ini adalah bentuk bangunannya yang seperti perahu raksasa. Dengan tatanan sisi ujung perahu dijadikan sebagai tempat berwudhu dan toilet. Dan ukuran tempat sholatnya tidak terlalu luas hanya sekitar 8 x 5 meter. Asal usul dari bangunan ini adalah kisah dari kapal nabi Nuh a.s.

  1. Masjid Bawah Tanah, di Taman Sari Yogyakarta ( Jawa Tengah )

masjid unik

Masjid ini dibangun dengan dua lantai, letak lantai kedua berada ditengah – tengah bangunan. Masjid ini sangatlah berbeda dengan masjid yang ada pada umumya karena menggunakan bahan baku kuno. Sekarang ini masjid bawah tanah ini sudah tidak dipergunakan lagi sebagai tempat beribadah, melainkan hanya digunakan sebagai tempat wisata.

  1. Masjid An Nurumi, di Solo ( Jawa Tengah )

masjid an nurumi

Keunikan dari masjid ini adalah warna – warni dari kubahnya yang sangat lucu dan mirip seperti permen. Masjid ini memiliki julukan sebagai Masjid Kremlin dan Masjid permen karena kubahnya yang berwarna tidak hanya satu warna saja.

  1. Masjid A – Syuro, di Garut ( Jawa Barat )

masjid cipari

Bangunan ini memiliki gaya arsitektur mirip gereja. Dengan ketinggian bangunan mencapai 20 meter. Masjid ini selain digunakan sebagai tempat beribadah juga sebagai tempat untuk mencari pendidikan islam.

  1. Masjid Tiban, di Malang ( Jawa Timur )

masjid tiban

Masjid ini konon dibangun dalam waktu yang sangat singkat, isu – punya isu pembangunannya di bantu oleh makhluk ghaib yaitu jin. Bangunan masjid ini juga dimanfaatkan senbagai tempat wisata religi.

  1. Masjid al – Irsyad, di Bandung ( Jawa Barat )

masjid padalarang

Masjid ini dibangun dalam bentuk yang berbeda dari masjid yang ada pada umumnya yaitu berbentuk kubus. Masjid ini jika terlihat dari kejauhan terdapat kalimat syahadat yang terbaca jelas.

  1. Masjid Nurul Yakin, di Tangerang (Banten)

masjid nurul yakin

Masjid ini memiliki julukan masjid 1000 pintu, karena memang ada banyak pintu masuk untuk masuk kedalam masjid ini.

  1. Masjid Muhammad Cheng Ho, di Surabaya ( Jawa Timur)

masjid unik

Masjid unik ini memiliki gaya arsitektur khas Tionghoa dengan warna merah, kuning dan hijau.

  1. Masjid Menara Kudus, Kudus ( Jawa Tengah )

masjid menara kudus

Masjid ini adalah masjid yang banyak sekali mengandung nilai sejarah bagi umat islam. Menara masjid ini berbentuk seperti candi. Masjid ini mendapat julukan sebagai masjid Al – Aqsa.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah, di Semarang ( Jawa Tengah )

masjid agung jawa tengah

Masjid ini memiliki enam payung besar yang bisa membuka dan mengincup secara otomatis. Biasanya payung ini dibuka pada saat banyak jamaah pada hari raya idul fitri sebagai peneduh.

Nah, itulah beberapa masjid unik yang terdapat di beberapa kota yang ada di Indonesia. Bagi Anda yang suka dengan wisata religi, Anda bisa mengunjungi beberapa masjid di atas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *