11 kubah Masjid Terindah di Indonesia

Di Indonesia pasti kita banyak menemukan masjid-masjid yang indah. Masjid yang dibangun dengan gaya arsitek yang menarik serta kubah yang megah, berikut ada 11 masjid dengan kubah yang Indah di Indonesia.

Masjid Istiqlal

masjid istiqlal

Siapa sih yang tidak kenal dengan masjid Istiqlal? Masjid istiqlal merupakan masjid besar yang sudah terhitung cukup tua. Masjid ini dibangun sejak tahun 1951, yang dalam pembangunannya diprakarsai langsung oleh presiden pertama Republik Indonesia yakni Ir. Soekarno.  Menariknya, pembangunan masjid ini di arsiteki oleh seorang non-muslim. Namun, jangan diragukan lagi soal arsitektur kubahnya. Bisa dikatakan masjid ini merupakan masjid pertama di Indonesia yang memiliki kubah menakjubkan.

Masjid Akbar di Surabaya

masjid surabaya

Masjid Akbar ini bernama Masjid Nasional al-Akbar. Didirikan sejak tahun 4 Agustus 1995 yang diprakarsai langsung oleh H. Soenarto Soemoprawiro walikota Surabaya kala itu. Namun, pembangunan masjid ini sempat di hentikan karena krisis moneter. Sampai pada akhirnya dilanjutkan kembali pada tahun 1999, dan selesai pada tahun 2001. Masjid ini diresmikan langsung oleh KH. Abdurrahman Wahid yang sedang menduduki kursi kepresidenan.

Masjid Islamic Centre Samarinda

masjid indah

Masjid ini bisa dikatakan sebagai masjid yang sangat megah dan memiliki kubah yang menarik. yang tambah menarik dari masjid ini selain memiliki kubah dalam jumlah banyak juga memiliki tujuh menara dengan ketinggian sedang dan satu menara utama yang ketinggiannya mencapai 99 meter. Enam menara yang lainnya  4 diantaranya memiliki tinggi 70 meter dan dua yang lain terdiri dari 57 meter.  Selain itu yang tambah terlihat megah dari masjid ini selain memiliki banyak kubah adalah, jumlah anak tangga yang berjumlah 33 anak tangga seperti sunah saat bertasbih.

Masjid Dian Mahri (Kubah Emas)

kubah emas

Siapa yang tidak kenal dengan masjid yang satu ini? masjid yang konon katanya menjadi masjid termegah di Asia Tenggara ini. dibangun oleh seorang pengusaha asal Banten yang bernama Hj. Dian Dzuriah Maimun al-Rasyid. Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 dan dibuka untuk umum pada tahun 2006. Selain untuk beribadah, kawasan masjid ini juga digunakan untuk wisata keluarga. Tempatnya yang sangat luat membuat masjid ini mampu menampung sebanyak 20.000 jamaah.

Masjid Raya Baiturrahman Aceh

masjid aceh

Masjid ini memiliki 7 kubah yang cukup megah. Awalnya sebenarnya masjid ini hanya memiliki satu kubah kemudian dibangun lagi menjadi 3 kubah pada tahun 1935 dan di lengkapi menjadi lima kubah pada tahun 1959-1968. Yang kemudian diperluas lagi, saat ini memiliki tujuh kubah.

Masjid Agung Jawa Tengah

masjid agung jawa tengah

Masjid Agung Jawa Tengah dibangun sejak tahun 2001 dan selesai dibangun secara keseluruhan baru pada tahun 2006. Bangunan utama masjid dilengkapi dengan lima atap khas bangunan Jawa dan juga dilengkapi dengan kubah besar dengan diameter 20 meter. Selain itu, masjid ini juga memiliki empat menara yang masing-masing memiliki diameter 62 meter, dan memiliki tinggi 62 meter.

Masjid Agung an-Nur

masjid riau

Masjid agung An-nur juga memiliki kubah-kubah yang begitu menarik. masjid ini dibangun pada tahun 1963 dan selesai pembangunan pada tahun 1968. Masjid ini terletak di Ibu Kota Provinsi Riau. Selain memiliki kubah-kubah yang megah, masjid ini memiliki arsitektur yang menarik. yakni perpaduan antara Melayu Turki Arab dan India.

Masjid Raya Makasar

masjid makasar

Bagi anda orang makasar pasti tidak asing lagi dengan masjid Raya ini. masjid ini juga memiliki kubah yang cukup megah. Selain memiliki kubah yang megah. Masjid ini juga memiliki banyak sejarah diantaranya adalah, pernah dijadikan persinggahan oleh Ir. Soekarno untuk melaksanakan sola Jum’at. Selain itu, di masjid ini juga pernah dilaksanakan MTQ pertama di Indonesia.

Masjid Agung Palembang

masjid agung palembang

Seperti masjid-masjid yang berkubah lainnya. Selain memiliki kubah yang megah masjid ini juga dilengkapi dengan arsitektur masjid yang unik. Yakni percampuran antara arsitektur Cina, Indonesia dan juga Eropa. Masjid ini kadang terlihat seperti Klenteng karena adanya arsitektur China yang menonjol. Masjid ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Poetri.

Masjid Agung Natuna

masjid natuna

Masjid Agung Natuna terbilang menjadi masjid dengan kubah yang unik dan megah. Memiliki satu kubah utama dan diitari dengan kubah-kubah kecil di sekelilingnya. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 2007 dan selesai pada tahun 2009.

Masjid Turen

masjid tiban

Masjid Turen yang berada di Kota Malang ini  merupakan masjid yang selain memiliki kubah yang menarik juga memiliki bangunan yang cukup unik. Selain digunakan untuk pesantren dan tempat Ibadah. Masjid ini juga digunakan untuk wisata keluarga.

Demikian sedikit info tentang 11 Masjid yang memiliki kubah megah. Kemegahan masjid merupakan bagian terkecil dari wujud kemegahan Islam. Wajib untuk kita sebagai umat Islam bangga atas fenomena masjid-masjid megah yang ada. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *