4 Masjid Berbentuk Perahu Di Indonesia

Majlis merupakan tempat beribadah yang kini telah banyak berdiri di seluruh penjuru Nusantara. Bahkan dalam perkembangannya, masjid pun telah id bangun dengan berbagai arsitektur tertentu. lebih dari itu ada pula beberapa yang menjadi tujuan objek wisata. Masjid-masjid tersebut merupakan masjid dengan arsitektur dan desain menariik sehingga banyak mengundang perhatian.

4 Masjid Berbentuk Perahu Di Indonesia

Sedangkan untuk salah satu kategori masjid dengan desain menarik ini adalah masjid yang di usung dengan bentuk perahu. Bahkan di Indonesia masjid yang seperti ini tidaklah sedikit. Untuk letak masjid-masjid tersebut pun juga sangat beragam. desain dan bentuk masing-masing pun berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Sampai di sini, tentu saja Anda penasaran bukan masjid apa saja yang di bangun dengan bentuk perahu seperti ini. terkait akan hal itu, jangan khawatir karena rasa penasaran Anda akan terjawab di sini. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak ulasan berikut ini mengenai 4 masjid dengan bentuk perahu yang di bangun di Indonesia.

Masjid Perahu Casablanca

Masjid Perahu Casablanca

Masjid pertama adalah masjid perahu Casablanca yang letaknya berada di pusat kota Jakarta. dari namanya, masjid ini dinamai masjid Munada Darussalam Baiturrahman. Selain unik dengan bentuknya yang seperti kapal, ternyata di dalam masjid pun masih ada beberapa hal antik yang di temukan di dalamnya.

Diantaranya seperti atap masjid yang kerucut dengan 3 susunan serta 2 belah pedang bersilangan di atapnya. Tahun pembangunan masjid ini adalah tahun 1960. Hanya saja, ketika Anda ingin menemukan keberadaan masjid ini memang cukup sulit. Hal ini karena letaknya berada di gang sempit kawasan Casablanca, Jakarta Selatan.

Masjid Perahu Cibarusaha

Masjid Perahu Cibarusaha

Selanjutnya, masjid yang satu ini juga tidak kalah unik. Akan tetapi, bukan sebagaimana masjid, untuk bangunannya sebenarnya lebih kecil sehingga akan lebih tepat jika di sebut dengan mushola. Meski demikian, tetap saja masyarakat sekitarnya menyebut masjid ini sebagai masjid perahu.

Untuk namanya, masjid ini dinamai dengan masjid Baitul Hamdi. Sedangkan tampilannya juga cukup mirip dengan masjid Casablanca yang telah di bahas sebelumnya. dari segi lokasi, Masjid ini juga bisa di katakan sebagai salah satu lokasi bersejarah. Apalagi mengingat di belakang masjid ada beberapa makam tua.

Masjid Perahu Sukabumi

Masjid Perahu Sukabumi

Masjid perahu di Sukabumi ini juga tidak kalah menarik dengan bentuk dan desain yang sangat menyerupai kapal. Yang menggagas pembangunan masjid ini adalah KH Abdul Hamid yang mana beliau memang sangat menyukai kapal laut. Sedangkan untuk jumlah lantainya, masjid ini di bangun dengan 3 lantai. Selain itu, ternyata juga di fungsikan sebagai pesantren dan yayasan yatim piatu.

Masjid Perahu Cimahi

Masjid Perahu Cimahi

Masjid ke empat yang merupakan masjid berbentuk perahu juga adalah masjid perahu Cimahi ini. masjid ini baru dibangun pada tahun 2015 lalu. Sedangkan dalam pembangunannya terinspirasi pada kapal kerinci. Untuk namanya, masjid ini mdi beri nama masjid Albakhiroh. Dari desain dan bentuknya, masjid ini memang sangat serupa dengan kapal atau perahu pada umumnya sehingga cukup menarik perhatian.

Demikianlah ulasan mengenai 4 masjid berbentuk perahu di indonesia. selain sebagai tempat ibadah, masjid-masjid tersebut bisa di kunjungi dengan tujuan wisata. Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, Anda pun bisa memulai dari yang terdekat. Tentu saja jika di jadikan objek berfoto akan sangat bagus. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *