5 Kelebihan Kubah Enamel Dibanding Jenis Lain

Sebagai seorang muslim tentunya kita tidak asing lagi dengan namanya kubah. Karena kubah sendiri merupakan bagian dari bangunan masjid yang sangat mencolok dan berada di luar bangunan. Sehingga apa yang kita lihat pertama kali itulah yang akan membuat jatuh hati layaknya jatuh cinta pada pandangan pertama. Bahkan dengan megahnya sebuah kubah enamel kita akan langsung menilai bahwa ruangan dalam masjid nya tidak akan kalah megah dengan kubahnya.

5 Kelebihan Kubah Enamel Dibanding Jenis Lain

5 kelebihan kubah enamel dibanding jenis lain

Enamel merupakan bahan yang digunakan untuk membuat sebuah kubah Masjid yang sering dipakai untuk melapisi logam dan melapisi dasar permukaan plat. Bahan yang ada di dalam bahan enamel pada kubah ini adalah bahan kaca atau silica yang digabung  dengan bahan lempengan besi yang memiliki kualitas terbaik. Kedua bahan tersebut lalu di leleh kan menjadi satu dan dicetak dengan menggunakan temperatur tinggi. Alhasil kubah enamel ini akan tahan sampai dengan 15 tahun lamanya. Bukan hanya itu saja kubah enamel juga bisa di buat dari bahan plat baja low carbon yang di cetak menyerupai  panel yang di lapisi dengan porselin.

Agar semakin jelas tentang kubah enamel, maka berikut ini ada beberapa kelebihan kubah enamel dibanding jenis lainnya :

  1. Dengan melapisi kubah masjid menggunakan bahan enamel ini dapat melindungi benda yang berbahan plat baja dari karatan sehingga tahan lama dan meminimalisir kerusakan-kerusakan pada kubah masjid tersebut.
  2. Bahan kubah enamel juga salah satu bahan yang tahan akan korosi, tahan lama dan tahan terhadap suhu panas. Dengan kelebihan tahan terhadap panas ini sehingga suhu di dalam masjid tetap stabil dan tidak mungkin bisa ditemukan di bahan kubah lainnya.
  3. Bahan kubah enamel ini juga tersedia berbagai macam warna. Variasi warna yang disuguhkan pun sangat bermacam-macam, sehingga warna ini akan menambah keindahan dan dapat menambah sisi ketertarikan dari orang yang memandang kubah tersebut. Kelebihan warna yang terkandung di dalam kubah enamel ini tidak akan mudah pudar dalam jangka waktu yang lama hingga 15 tahun sehingga bisa di bilang tahan lama. Sedangkan pada bahan lainnya biasanya warna hanya mampu bertahan selama 5 tahun.
  4. Selain warna yang bervariasi Kubah enamel ini juga memiliki ciri khas yaitu motifnya. Kebanyakan motif yang paling banyak diminati untuk di pakai sebagai bahan kubah enamel adalah motif kotak -kotak  ataupun motif belah ketupat sehingga tampilannya sangat menarik di bandingkan dengan kubah lainnya yang hanya berwarna tapi polos. Untuk itulah jenis enamel ini menjadi kubah yang paling trend  masa kini.
  5. Bobot dari bahan kubah enamel masjid ini cenderung lebih ringan dari bobot kubah lainnya. Sehingga saat membangun kubah ini tidak perlu lagi membuat pondasi yang ekstra kencang dan kuat dan tidak akan menjadi beban berat pondasi masjid. Meskipun bobot dari kubah enamel ini cenderung lebih ringan dari bobot kubah lain. Akan tetapi kubah enamel ini tahan retak meskipun ada gempa sekaligus.

Untuk mendapatkan tampilan masjid yang indah, Anda bisa menggunakan kubah enamel ini sebagai alternatif kubah yang cantik, megah, dan serat awet. Kocek dalam tak masalah yang penting manfaat kedepannya. Selalu pertimbangkan segalanya sebelum Anda akan membangun kubah masjid yang mewah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *