5 Masjid Kubah Emas Di Dunia, Salah Satunya Dari Indonesia Lho!

Sebagai tempat beribadah umat islam yang tersebar di seluruh dunia, pembangunan masjid pun semakin lama semakin meluas. Tidak hanya itu, tidak sedikit pula yang membangun masjid dengan desain dan arsitektur tertentu. selain yang memiliki kesan-kesan unik, ada juga yang terlihat sangat mewah dengan ukurannya masing-masing.

masjid kubah emas

Salah satu hal menarik terkait dengan bangunan masjid di seluruh dunia adalah kubahnya yang di bangun dengan emas. Ternyata dibeberapa belahan bumi, tidak sedikit masjid yang telah di bangun dengan kubah emas seperti ini. bahkan, yang menarik lagi, salah satu masjid yang di maksud itu ada di Indonesia.

Sampai di sini, pasti penasaran bukan seperti apa  dan di mana saja sih masjid yang mewah dengan kubah emas ini? Untuk itu jangan khawatir karena Anda bisa menemukan jawabannya di sini. sedangkan untuk segera mengetahui informasinya, silahkan langsung Anda simak ulasan berikut ini mengenai 5 masjid kubah emas di dunia dimana salah satunya tercatat berada di Indonesia.

Masjid Jame’ Asr, Brunei Darussalam

Masjid Jame’ Asr, Brunei Darussalam

Diurutan pertama kategori masjid berkubah emas ini adalah salah satu masjid yang terletak di Brunei Darussalam ini. pembangunan pertama masjid ini adalah pada tahun1980 an.  Yang menarik kubah yang ada bukan hanya satu melainkan ada sekitar 29 kubah berlapis emas. Masjid ini juga sering di kunjungi wisatawan. Sedangkan untuk masuk ke dalam masjid ada 5 pintu yang bisa di pilih. Dari kelima pintu tersebut, bagi pengunjung hanya bisa mencoba 3 pintu saja karena 2 pintu yang tersisa merupakan pintu khusus untuk keluarga kerajaan saja.

Masjid Al- Askari, Irak

Masjid Al- Askari, Irak

Selanjutnya adalah salah satu masjid di Irak. Masjid ini tergolong sebagai masjid ynag memiliki usia cukup tua mengingat pembangunannya adalah pada tahun 944 M. Akan tetapi saat ini tidak ada ubah emas yang bisa di temukan di sana. Hal ini karena Amerika telah menghancurkannya pada tahun 2006 lalu. Akan tetapi bisa di pastikan bahwa dulunya masjid ini memang berkubah emas.

Masjid Kubah As Sakhrah, Paslestina

Masjid Kubah As Sakhrah, Paslestina

Masjid di Palestina pun juga ada yang memiliki kubah emas. Masjid ini bahkan lebih tua lagi karena di bangun pada abad ke 6 M oleh salah satu calon raja Bani Umayyah kala itu. Untuk letaknya sangat berdekatan dengan masjidil Aqsha. Bahkan, mereka yang belum tahu sering mengira bahwa masjid ini merupakan masjidil Aqsha.

Masjid Sunehri Lahore, Pakistan

Masjid Sunehri Lahore, Pakistan

Masjid di urutan ke tiga yang juga berkubah emas adalah masjid di Lhore, Pakistan ini. untuk pembangunan masjid ini sebenarnya belum terlalu lama yakni pada abad ke 17. Sedangkan jumlah kubahnya ada 3. Satu kubah utama dan tambahan di kedua sisinya. Ketiga kubah ini seluruhnya juga berlapis emas.

Masjid Dian Al Mahri, Depok

Masjid Dian Al Mahri, Depok

Yang terakhir, masjid kubah emas ini ada di Indonesia. tepatnya adalah di Depok. Tidak kalah menarik dari masjid lainnya, masjid ini bahkan memiliki desain yang lebih mendukung dengan daya yang ke timur tengahan. Sedangkan masyarakat Indonesia sendiri lebih mengenalnya dengan nama masjid kubah emas.

Demikianlah ulasan mengenai 5 masjid kubah emas yang ada di dunia. Jika Anda penasaran, Anda bisa langsung melihat sendiri bagaimana sebenarnya bentuk masjid-masjid tersebut. dan mengingat ada yang letaknya di Indonesia, jadi Anda bisa memulainya dari yang terdekat. Terimakasih dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *