7 Keunggulan Kubah GRC Sebagai Kubah Masjid

Salah satu yang menunjukkan sebuah bangunan disebut dengan masjid adalah kubah. Hampir semua masjid yang dibangun akan diletakkan kubah di bagian atasnya. Pengertian dari kubah masjid sendiri merupakan suatu bangunan setengah lingkaran yang diletakkan di bagian atas bangunan masjid. Namun, tidak jarang pula kubah ini digunakan sebagai ornamen bangunan lain untuk tujuan keindahan.

kubah grc

Salah satu material kubah masjid yang sangat populer dan banyak digunakan adalah GRC. Posisi GRC sendiri ternyata telah menggantikan beton bertulang yang dulu banyak dipakai. Beton jenis ini ternyata terkesan lebih ringan dan lebih awet dibandingkan dengan beton bertulang sebelumnya. Karena itulah jenis beton satu ini cukup banyak diminati di kalangan masyarakat. kubah GRC sendiri hadir dengan berbagai keunggulan dan kelebihan di dalamnya. Berikut ini akan diulas mengenai 7 keunggulan kubah GRC yang bisa menarik minat masyarakat untuk menggunakannya.

Pembangunannya Lebih Cepat

Kubah GRC memungkinkan waktu pembangunan yang lebih cepat di bandingkan dengan lainnya. Hal ini dikarenakan proses pembuatan kubah dilakukan di tempat yang terpisah dari pembangunan masjid sehingga proses pembangunannya tidak akan mengganggu. Bahkan, pemasangan kubah GRC nya pun juga relatif cepat dan mudah di lokasi masjid.

Lebih Murah Dan Hemat

kubah grc 1

Selain itu, harga kubah GRC cenderung lebih murah dibandingkan dengan kubah beton bertulang pada umumnya. Ini tentu menjadi kelebihan tersendiri karena sisa biaya bisa dialokasikan untuk hiasan atau ornamen lain. Dengan begitu, masjid akan lebih indah dan megah.

Lebih Ringan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh kubah GRC adalah material nya yang relatif lebih ringan dibandingkan dengan kubah beton lainnya. Hal ini tentu akan mengurangi beban struktur karena lebih ringan sehingga akan lebih tahan terhadap gempa.

Kubah GRC Lebih Kokoh

Perlu diketahui bahwa kubah GRC terbuat dari beton fiber yang memiliki kekuatan kokoh sehingga ia akan mampu menahan beban. Selain itu, karena kokoh, ia juga relatif tahan terhadap berbagai cuaca. Artinya, keawetan nya akan lebih terjamin.

Bentuknya Lebih Presisi

Dari sisi bentuk, kubah GRC terkenal lebih presisi karena kubah ini proses pembuatannya dengan cetak sehingga dari sisi bentuk akan lebih presisi dan tertata. Hal ini berbeda tentu nya dengan kubah yang dibuat langsung di lokasi. Seringkali bentuknya tidak sama karena memang tidak diproses dengan cetakan yang sudah mapan.

Lebih Terjamin

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, 7 keunggulan kubah GRC adalah kubah GRC dalam proses pembuatannya lebih terjamin karena disertai pengawasan yang sangat ketat. Mutunya juga bisa dibuktikan sendiri. Karena itulah saat ini banyak yang lebih suka menggunakan kubah GRC dibandingkan yang lainnya.

Proses Pemeliharaan Dan Perbaikan Lebih Mudah

Kubah GRC memiliki keunggulan lain, yaitu dari sisi pemeliharaan setiap tahunnya sangat mudah dan simple. Selain itu, perbaikannya juga demikian sehingga lebih akan meringankan beban Anda dalam proses perawatan. Selain itu, kubah GRC juga terkenal lebih fleksibal karena ia bisa dicetak dan didesain sebagaimana permintaan pelanggan dan minat pasar. Ukuran nya pun juga sangat pas dan sesuai.

Demikianlah uraian mengenai 7 keunggulan kubah GRC sebagai kubah masjid yang bisa didapatkan oleh masyarakat yang memilihnya. Berbagai keunggulan tersebut tentu tidak dimiliki oleh kubah-kubah lainnya. Bahkan, keunggulan dari kubah GRC ini lebih banyak dari pada kelemahannya. Dan tentunya akan lebih memudahkan masyarakat saat membangun masjid atau bangunan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *