Apa itu kubah Masjid GRC?

Kita pasti sudah sering melihat kubah masjid yang besar dan indah. Kubah Masjid mampu menjadi ikon, dan juga daya tarik tersendiri pada sebuah masjid. Ia mampu menarik setiap mata yang melihatnya. Penasaran dan ingin tau apa yang ada di dalamnya. Selain itu kubah masjid juga mampu menjadi simbol kegagahan sebuah masjid. Tidak heran jika, masjid-masjid yang ada saat ini, berlomba-lomba untuk dibangun megah.

Kubah pun juga memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Kubah dibuat berdasarkan kecenderungan dan juga inovasi-inovasi dari sang konseptor dan juga arsitektur. Tentu saja kubah dibuat semenarik mungkin, agar mampu menarik jamaah dan mampu merepresentasikan kekayaan Islam.

Inovasi-inovasi selalu diwujudkan oleh para penggarap, baik melalui bentuk dari kubah maupun dari bahan pembuatan kubah. Seperti beberapa kubah masjid yang tidak hanya terbuat dari semen dan pasir biasa, namun terbuat dari fiberglass alkali resistence, yang di nyatakan lebih ringan dibandingkan bahan beton pracetak pada umum nya. Inovasi ini sering disebut dengan istilah Glassfibre Rainforced Cement atau GRC.

Glassfibre Rainforced Cement atau GRC.

Selanjutnya yang menjadi pertanyaan adalah, “apa itu GRC?”. GRC atau Glassfibre Rainforced Cement adalah produk pracetak kubah yang berasal dari beton dan juga serat-serat fiberglass yang kemudian di campurkan dengan bahan penguat lainnya. Hal ini tentu saja menjadi inovasi baru yang memiliki banyak keunggulan, yang tidak akan kita temukan pada produk kubah beton biasa. Keuntungan dari produk ini diantaranya adalah:

  1. Memiliki bobot yang ringan

Seperti yang telah disebutkan di atas. Produk ini memiliki bobot yang relatif ringan dibandingkan dengan kubah dengan jenis nahan beton biasa. Karena, bahannya tidak seratus persen beton yang berat. Melainkan campur dengan fiberglass yang memiliki bobot ringan. Hal ini tentu saja membuat pondasi tidak gampang rusak, atau dapat menghemat biaya untuk membuat poNdasi.

ornamen kubah masjid

  1. Mampu membentuk ditail yang rumit

Selain ringan, prospek ini juga memiliki tekstur yang relatif lunak. Sehingga, arsitek mudah untuk membuat ditail yang rumit. Tidak heran jiga, kubah-kubah dengan bahan ini memiliki ditail yang sangat beragam.

  1. Mudah dipasang

Selain berbobot ringan, kubah ini juga memiliki bentuk yang tipis. Sehingga memudahkan penggarap untuk memasang kubah. Hal ini pastinya akan membuat biaya pemasangan lebih mudah dan waktu pemasangan lebih cepat.

  1. Memiliki kepekatan yang relatif tinggi

Produk ini juga memiliki kepekatan yang tinggi. Kepekatan ini guna meminimalisir kemungkinan adanya pori-pori.

grc kubah masjid

  1. Tahan terhadap berbagai cuaca

Dengan tipisnya bahan, jangan khawatir akan rendahnya kualitas produk dalam menghadapi cuaca yang semakin tidak menentui. Karena, produk ini sangat tahan terhadap cuaca yang ekstrim sekalipun. Baik panas, hujan, maupun suhu yang tinggi. Selain itu, menariknya lagi produk ini juga tahan terhadap api, korosi dan juga rayap.

  1. Biaya perawatan murah

Di samping beberapa kelebihan tadi. Kubah masjid GRC juga memiliki biaya perawatan yang lumayan hemat. Sehingga anda tidak perlu khawatir kantong akan terkuras karena biaya perawatan kubah yang besar sekalipun.

  1. Mudah dicat

Yang juga menarik dari produk ini adalah teksturnya yang mudah dicat. Sehingga, pengerjaan akan lebih cepat dan hasil cat bisa lebih maksimal.

kubah masjid

  1. Aman bagi kesehatan

Yang paling penting untuk diketahui dari kelebihan produk ini adalah, bahannya yang aman untuk kesehatan. Sehingga, siapa saja aman untuk berada di bawah bangunan kubah. Termasuk anak-anak.

Demikian sedikit info tentang GRC (Glassfibre Rainforced Cement) semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *