Cara Membuat Kubah Dari Kertas Untuk Mahar

Mahar merupakan salah satu hal yang berkesan di dalam pernikahan. Tanpa adanya mahar, pernikahan dirasa kurang sempurna. Karena zaman yang senantiasa berkembang, kini sudah ada banyak sekali desain dan bentuk mahar yang bisa dipilih sesuai kesukaan. Nuansa model mahar pun juga beragam, mulai dari model flower, islami, romantic, dan masih banyak lagi lainnya. Biasanya, orang muslim akan lebih suka menggunakan bentuk mahar yang coraknya Islami banget. Salah satu yang banyak digemari saat ini adalah mahar yang terbuat dari kertas dengan bentuk kubah. Anda tentu penasaran bukan bagaimana membuat mahar dengan bentuk tersebut? Nah, tidak perlu khawatir karena berikut ini akan diulas mengenai cara membuat kubah dari kertas untuk mahar yang bisa dijadikan sebagai bahan rujukan.

kubah mahar

Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan seperti double tip, lem tembak, kain, pigura, juga kertas untuk mahar nya. Pastikan semua bahan yang diperlukan tersebut siap sehingga Anda akan bisa memproses pembuatan mahar dengan lancar.

Sesuaikan Dahulu Dengan Nominal Mas Kawin

uang sesuai nominal

Untuk bisa membuat mahar bentuk kubah yang indah dan sempurna, nominal mas kawin harus dipastikan terlebih dahulu. Jika nominalnya sudah ditentukan, maka pembuatan mahar bentuk kubah dapat segera diproses. Namun, akan lebih mudah lagi jika nominal mas kawin Anda tidak ditentukan karena pembuat mahar tidak akan bingung dalam penataan.

Memahami Desain Dan Membuat Bagian dari Model

Selanjutnya, Anda harus memahami desain terlebih dahulu. Jika desain mahar bentuk kubah belum pernah didesain sebelumnya, maka Anda perlu membuat sketsanya. Jika desain sudah dipahami, selanjutnya adalah membuat bagian-bagian ornament seperti menara, lantai, tiang, atap, pintu, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, seluruh tampilan ornamen harus dibuat sama dan simetris.

Membuat Kubah

kubah kertas

Cara membuat kubah dari kertas untuk mahar selanjutnya adalah dengan membuat kubah. Buat lipatan kubah masjid sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Dalam pembuatan kubah ini, pastikan nominal uang terlihat supaya hasilnya menjadi lebih menarik.

Membuat Pagar Dan Menara

Setelah itu pembuatan pagar dan menara. Pagar ini bisa Anda buat dengan bentuk lipatan atau gulung sesuai dengan keinginan. Bagitupun dengan pembuatan menara, Anda bisa melipat ataupun menggulungnya. Saat pembuatan mahar bentuk kubah ini, Anda tidak boleh sembarangan menggunting dan jangan sampai sobek. Artinya uang mahar harus tetap utuh sebagaimana aslinya.

Konseplah Dalam Bingkai

Jika seluruh ornamen selesai, Anda perlu mengatur dalam susunan yang rapi dan cantik sebelum dilem. Hal ini sangat penting supaya tidak terjadi salah letak dan sebagainya. Dan hasilnya pun juga akan lebih rapi. Dan apabila langkah ini sudah mantap tanpa ada kekurangan apapun, bisa dilanjutkan dengan merakitnya dengan lem tembak. Dan jangan sekali-kali Anda mencopot atau merubah ornamen karena hasilnya tidak akan bisa rapi sebagaimana yang diinginkan.

Jika beberapa langkah di atas sudah dijalankan, jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu nominal mas kawin dan juga nama pengantinnya. Untuk kemudian selanjutnya menghias mas kawin tersebut.

Demikianlah uraian tentang cara membuat kubah dari kertas untuk mahar yang bisa dijadikan sebagai salah satu rujukan saat Anda ingin membuat mahar dengan bentuk serupa. Atau mungkin saja ingin membuka layanan pemesanan mahar. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, mahar bentuk kubah akan terbentuk sempurna sesuai dengan yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *