Cara Membuat Kubah Masjid Dari Tahap Awal

Salah satu bagian masjid yang sangat penting dan selalu menjadi perhatian khusus adalah kubah. Saat ini banyak juga kreasi kubah yang unik dan serba menarik karena kubah sendiri memang merupakan identitas dan icon dari sebuah masjid. Semakin bagus kubahnya, maka kesan yang di tinggalkan masjid sendiri juga akan semakin baik.

tahap awal kubah

Berbicara mengenai kubah masjid, tentu saja di setiap masjid yang sering di temui, tampilan kubahnya pun berbeda-beda. Padahal dalam pembuatan kubah ini juga tidaklah mudah. Untuk mendapatkan kubah yang indah dan menawan, harus melalui proses panjang dan teliti. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin membuat kubah masjid, harus mempelajari terlebih dahulu apa saja yang harus di lakukan dalam pembuatan ini.

Nah, sampai di sini pasti penasaran bukan bagaimana pembuatan cara membuat kubah masjid dari tahap awal ini. Jika demikian, jangan khawatir karena jawaban rasa penasaran Anda bisa di temukan di sini. Sedangkan untuk lebih jelasnya, silahkan langsung Anda simak ulasannya berikut ini.

Buat Desain Kubahnya

desain kubah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam pembuatan kubah masjid tentu saja adalah menentukan desain. Dalam hal ini desain menjadi salah satu hal yang sangat penting sehingga harus di perhatikan dengan baik dan benar. Pastikan desain yang Anda buat telah di sesuaikan dengan bagaimana arsitektur masjid maupun ukurannya. Sedangkan dalam pembuatan desain sendiri, Anda bisa menggunakan komputer dengan spesifikasi tertentu. Kelebihan dari desain kubah menggunakan komputer sendiri adalah, Anda bisa mempertimbangkan optimasi material sesuai pembebanan nya. Selanjutnya, jika Anda bingung bagaimana bentuk desain ini, Anda bisa mencari beberapa contoh desain kubah masjid dari internet terlebih dahulu.

Menentukan Bahan Untuk Kubah Masjid

Setelah mendapatkan desain untuk kubah yang akan di buat, langkah kedua dalam cara membuat kubah masjid ini adalah menentukan bahan apa yang akan di gunakan. Bahan-bahan pembuat kubah sendiri ada berbagai macam. Masing-masing bahan ini tentu saja memiliki keunggulan maupun kelemahan. Oleh karena itu, dalam memilih bahan, Anda harus merencanakan terlebih dahulu apa yang akan di prioritaskan. Sedangkan beberapa bahan yang banyak di aplikasikan sebagai bahan kubah masjid adalah bahan beton atau beton precast yang biasanya di sebut GRC, bahan enamel dan galvalum, serta bahan stailess.

Mulai Tahap Pembangunan

tahap pembangunan

Yang terakhir, ketika pemilihan desain dan bahan sudah lengkap, Anda bisa melanjutkan untuk melakukan pembangunan kubah tersebut. Di sini yang pertama kali akan di lakukan adalah membuat rangka kubahnya. Pada umumnya, untuk pembuatan rangka kubah tersebut menggunakan pipa, hollow dan lain sebagainya. Setelah pembuatan rangka selesai, maka akan di lanjutkan dengan pemasangan panel kubah. Dalam hal ini prosesnya akan di mulai dari pemotongan plat yang kemudian di tekuk menggunakan mesin tertentu. Setelah proses ini selesai, selanjutnya adalah pemasangan plafon kubah dan pewarnaan. Pewarnaan ini bisa di lakukan 2 pilihan metode yakni metode celup dan metode semprot. Nah, setelah pewarnaan selesai, pembangunan ini di akhiri dengan finishing dengan mempercantik kubah sesuai keinginan Anda baik di bagian interiornya maupun eksterior nya.

Itulah beberapa ulasan mengenai cara membuat kubah masjid dari tahapan paling awal. Dengan melalui beberapa prosedur tersebut, Anda bisa mendapatkan hasil kubah masjid yang indah dan sempurna. Sedangkan untuk mempercantik kubah, Anda bisa memberikan ornamen sesuai pilihan Anda baik di dalam maupun luarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *