Cara Membuat Kubah Miniatur Untuk Hiasan

Saat ini kubah masjid banyak di kreasikan dalam berbagai bentuk dengan ornamen-ornamen menarik dan indah. Dengan adanya banyak kreasi kubah masjid ini, tidak sedikit pula yang tertarik untuk membuatnya sebagai miniatur yang di fungsikan untuk sebuah hiasan. Dengan pembuatan yang teliti dan rapi, memang hiasan dari miniatur kubah ini sangatlah indah. Bahkan, semakin tinggi kreativitasnya, tentu saja bisa memberikan nilai jual yang tinggi.

kubah hiasan

Meski sangat unik dan menarik, tidak dapat di pungkiri bahwa pembuatan miniatur kubah ini tidaklah mudah. Justru sebaliknya, membuat hiasan miniatur kubah cukup rumit dan membutuhkan ketelitian ekstra. Hal ini pun bisa di lihat dari bentuk kubahnya sendiri yang melengkung seperti potongan bola. Bukan hanya dalam pembentukan, pewarnaannya pun juga cukup sulit.

Sampai di sini, pasti Anda penasaran bukan bagaimana cara membuat kubah miniatur untuk hiasan ini. Nah, untuk menjawab rasa penasaran Anda, jangan khawatir karena jawabannya bisa Anda temukan di sini. Sedangkan untuk lebih jalasnya, silahkan Anda simak ulasan berikut ini mengenai cara pembuatan miniatur kubah yang tepat.

Membuat Pola Dan Desain Miniatur Kubah Masjid

miniatur kubah

Dalam pembuatan miniatur kubah, hal pertama yang harus di lakukan tentu saja adalah membuat desain nya. Di sini, silahkan Anda mencari desain seperti apa yang akan Anda pilih. Untuk itu, Anda bisa mencari inspirasi di internet maupun melihat beberapa kubah masjid secara langsung. Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki tingkat imajinasi yang cukup tinggi, bisa juga dengan melakukan desain sendiri. Semakin bagus desainnya, maka akan semakin bagus pula hasil miniatur Anda. Oleh karena itu, proses pendesainan harus di lakukan secara maksimal. Nah, setelah menemukan desain, Anda bisa menggambar pola untuk ukuran kubah miniatur yang akan di buat.

Menentukan Bahan Utama Miniatur

Jika sudah mendapatkan desain dan pola untuk kubah miniatur Anda, selanjutnya, silahkan Anda menentukan bahan utama untuk miniatur tersebut. Bahan utama yang di maksud di sini adalah untuk bahan balutan nya. Sedangkan untuk miniatur pada umumnya, bahan yang biasa di gunakan adalah kardus, karton atau sejenisnya. Jadi, dalam pemilihan bahan, Anda bisa mempertimbangkan sendiri kualitas masing-masing baik untuk kelebihan maupun kekurangannya.

Melengkapi Bahan Dan Alat Seperlunya

Jika sudah mendapatkan pilihan bahan yang paling sesuai dengan selera Anda, kini saatnya mencari bahan tersebut sekaligus melengkapi alat-alat yang akan Anda perlukan nantinya. Katakan saja seperti kawat untuk polanya, gunting, lem dan lain sebagainya. Usahakan untuk melengkapi seluruhnya sebelum pembuatan sehingga tidak akan mengganggu prosesnya nanti.

Melakukan Pembuatan Miniatur Kubah Masjid

Selanjutnya, kini Anda bisa memasuki tahapan inti cara membuat kubah miniatur masjid. Dalam hal ini, yang harus di lakukan pertama adalah membuat pola dengan kawat yang cukup fleksibel. Kemudian pola tersebut silahkan di balut dengan bahan utama pilihan Anda. Nah, setelah pembentukan kubah selesai Anda bisa merapikannya dan melakukan pewarnaan. Dan ketika pewarnaan dasarnya sudah selesai, silahkan Anda buat motif yang menarik untuk memperindah miniatur kubah masjid Anda.

Itulah beberapa tahap dalam cara membuat kubah masjid miniatur yang bisa Anda terapkan. Jika Anda memang ingin membuat kubah masjid seperti ini, usahakan Anda mengikuti beberapa langkah di atas sehingga bisa mendapatkan miniatur kubah masjid yang sempurna. Namun, selain keindahan, pastikan juga Anda memperhatikan kerapiannya. Apalagi mengingat miniatur ini nantinya akan di jadikan sebagai hiasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *