Fenomena unik kubah masjid

Masjid merupakan tempat untuk beribadah umat muslim di seluruh dunia. Biasanya memiliki kubah di bagian atasnya, itu sebagai pertanda bahwa itu adalah sebuah bangunan masjid. Ngomong-ngomong tentang kubah masjid dan juga masjid, pada jaman sekarang banyak sekali cerita “ajaib” tentang masjid dan kubahnya, ada kisah tentang kubah masjid di tengah sawah, kubah masjid yang dapat terbang sendiri di angkasa, kubah masjid di daanmogot yangbaru-baru ini lagi ramai di perbincangkan dan juga kubah masjid di madinah sana yang dapat berubah warna dengan sendirinya. Mungkin ini dikarenakan usia dunia yang semakin tua, sehingga banyak fenomena-fenomena alam yang diluar nalar yang akhirnya benar-benar terjadi di kehidupan nyata bukan cuma hanya cerita rekaan seseorang semata. Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita lihat bersama-sama fenomena-fenomena kubah masjid tersebut satu persatu.

Dimulai dari kubah masjid yang ada di tengah sawah. Pasti anda bertanya-tanya memangnya ada kubah masjid yang ada di tengah-tengah lokasi persawahan? ya, jawabannya tentu saja ada. Kubah masjid yang berada di area persawahan tersebut berada di wilayah aceh. Wilayah aceh sangat dikenal dunia setelah sebuah bencana maha dahsyat terjadi di bumi serambi mekah pada tahun 2004 silam yang masih menyisakan pilu dan juga trauma sampai sekarang. Kejadian tentang fenomena kubah masjid yang terseret arus tsunami tersebut terjadi di daerah gurah, peukan bada, banda aceh,  di kawasan pesisir aceh. Kejadian langka ini terjadi ketika tsunami aceh menghantam sebagian  besar wilayah di serambi mekah tersebut. Karena kuatnya arus terjangan gelombang air tsunami pada desember 2004 lalu, kubah masjid yang memiliki berat total 20 ton ini terseret sejauh 2,5 km dari tempat asalnya berada. Kejadian tersebut berlangsung sangat cepat, masjid lamteungoh tersebut hancur dihantam gelombang tsunami, tapi kubahnya utuh dan terseret sampai beberapa kilometer dari tempat asalnya. Hal inipun mengingatkan kita akan kuasa Ilahi, apapun yang Allah kehendaki maka pasti akan terjadi.

Fenomena kedua yakni fenomena kubah masjid yang bisa terbang sendiri di udara. Fenomena langka nan ajaib ini terjadi di wilayah kailolo, ambon, maluku tengah. Peristiwa tersebut direkam oleh seseorang melalui sebuah video yang kemungkinan besar diambil dari video handphone. Peristiwa terbangnya kubah masjid tersebut cukup menggemparkan indonesia kala itu disekitar tahun 1993. Kenapa menggemparkan? karena berat dari kubah masjid itu sendiri sangat berat yakni sekitar ribuan kilogram. Dan dengan mudahnya terbang bak burung di langit biru. Kejadian tersebut pun menimbulkan pro dan juga kontra di khalayak ramai. Ada yang percaya bahwa kejadian tersebut nyata adanya dan ada pendapat lainnya yang menyatakan bahwa peristiwa tersebut merupakan “hoax” maupun rekayasa belaka dari orang yang iseng dan ingin mencari sensasi. Bagi orang yang percaya mulai mengaitkan terbangnya kubah masjid tersebut dengan beberapa peristiwa “ajaib” yang terjadi di daerah lain seperti contohnya kejadian di banda aceh, ketika sebuah masjid tidak rusak ataupun hancur ketika diterjang gelombang tsunami padahal bangunan di sekitarnya hancur semuanya tak bersisa, menunjukan kuasa Allah yang sangat besar bisa membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin. Bagi orang yang tidak percaya, mereka mengira bahwa ada kawat misterius yang sengaja diedit agar tidak kelihatan oleh orang lain. Jadi entah hal itu mengandung pro kontra dan juga perdebatan, hal itu masih menjadi misteri sampai sekarang.

Ada fenomena lain yang tidak kalah seru untuk diperbincangkan akhir-akhir ini yakni tentang masjid yang berada di kawasan daan mogot jakarta. Masjid tersebut ramai diperbincangkan di media sosial yang konon katanya kubahnya memiliki bentuk yang mirip dengan tanda salib. Tapi benarkah sebenarnya hal tersebut? ternyata hal tersebut tidaklah benar. Karena sebenarnya kubah masjid yang ada di lokasi daan mogot tersebut berbentuk limasan dan juga pelana khas bangunan betawi asli. Menurut arsitek yang membangun masjid tersebut mengungkapkan bahwa konsep masjid dan kubahnya mengikuti jiwa dari bangunan yang berciri khas betawi asli yang mengandung unsur keberagaman dan juga unsur kebersamaan yang kental.

Dan fenomena yang terakhir adalah fenomena yang terakhir adalah kubah masjid di madinah yang berubah warna, padahal hal ini jarang terjadi mungkin tidak pernah terjadi sebelumnya. Kubah masjid yang berada di masjid nabawi yang awalnya berwarna hijau berubah menjadi merah. Banyak spekulasi yang bermunculan ke permukaan seperti contohnya adalah spekulasi akan datangnya imam mahdi di akhir jaman sehingga kubah masjid nabawi berubah menjadi merah. Tapi benarkah spekulasi tersebut? ternyata tidaklah benar. Fakta sebenarnya adalah warna merah tersebut digunakan untuk penanda waktu sahur serta berbuka ketika bulan puasa tiba. Mungkin hal ini jarang dilihat karena memang sudah 30 tahun tidak pernah dihidupkan lagi.

Nah, demikianlah beberapa fenomena kubah masjid yang ada di indonesia maupun yang berada di seluruh penjuru dunia, semoga menambah informasi dan pengetahuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *