Islamic Center Mataram, Nusa Tenggara Barat

Di Nusa Tenggara Barat kini teah ada sebuah bangunan yang begitu megah dan memiliki daya tarik tersendiri. Kemegahan bangunan tersebut dapat membuat siapapun yang melihatnya akan merasa terpukau. Bangunan tersebut adalah Islamic Center Mataram. Lokasinya berada di Jalan Udayana, Gomong, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Jadi ketika mengunjungi Nusa Tenggara Barat, sempatkan diri untuk mengunjungi Islamic Center Mataram karena keindahan yang dimiliki bangunan tersebut tak kalah menarik dengan berbagai keindahan alam yang dimiliki oleh Nusa Tenggara Barat. Biasanya para wisatawan yang dating ke Nusa Tenggara Barat sengaja untuk menikmati berbagai keindahan pemandangan alam yang disuguhkan oleh Nusa Tenggara Barat, terutama di Pulau Lombok yang merupakan pusat wisata alam yang sangat menakjubkan.

Islamic Center Mataram, Nusa Tenggara Barat

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat pun terus mempromosikan wisata religi dari daerahnya juga berbagai destinasi wisata masjid kuno serta bersajarah dan juga berbagai tempat perkembangan dan pendidikan Islam disana. Hal tersebut telah dilakukan sejak tahun 2014 kemarin. Seluruh berbagai wisata alam atau tempat lainnya yang berada di Nusa Tenggara Barat telah di rangkum dalam sebuah buku lalu di pusatkan di Islamic Center Mataram. Kini tempat dan bangunan tersebut telah menjadi ikon baru yang berada di pusat kota Mataram. Lokasinya pun yang sangat strategis di sebuah pusat kota, menjadikan Islamic Center Mataram sangat mudah ditemukan dan dijumpai. Maka tak heran jika disana selalu dipenuhi oleh siapa saja termasuk pada malam hari.

Proses pembangunan awal Islamic Center Mataram adalah pada tahun 2011 lalu di masa pimpinan Gubernur M. Zainul Majd. Setelah dibangun, Islamic Center Matam lalu diresmikan pada 15 Desember 2013 menggunakan dana APBD dan dana CSR PT. Newmont. Islamic Center Mataram telah berdiri diatas lahan seluas 7.6 hektar dengan ciri khas bangunan megah serta memadukan dari gaya tradisional Lombok dan Sumbawa.

Dilihat dari segi bangunannya, Islamic Center Mataram dilengkapi dengan menara yang menjulang tinggi mencapai 99 meter. Angka tersebut menyimbolkan dari jumlah 99 nama-nama Alloh (Asmaul Husna). Pada bagian menara tersebut merupakan yang tefavorit karena siapapun dapat melihat kota Mataram dari ketinggian menara tersebut di waktu siang dan malam hari. Karena memang tempatnya mudah dijumpai, bahkan wisatawan dari mancanegara pun yang ketika itu sedang mengunjungi Nusa Tenggara Barat pasti terpukau oleh bangunan yang megah dan menarik tersebut.

Disamping memiliki bangunan yang begitu memukau, pulau Lombok juga terkenal akan Seribu masjid. Karena disana dapat ditemukan banyak sekali bangunan masjid dari yang kuno, tua hingga berbagai bangunan masjid modern pun dapat ditemukan di pulau Lombok. Sebutan tersebut juga sesuai dengan masyarakat setempat yang memang sangat relijius dan menjunjung tinggi terhadap ajaran islam.

kubah masjid Islamic Center Mataram, Nusa Tenggara Barat

Islamic Center Mataram sangat mencolok denganw arna yang terang yaitu paduan warna kuning, putih dan biru terang. Tetapi bangunan Islamic Center Mataram didominasi dengan warna putih. Disana juga terdapat sebuah kubah yang ukurannya sangat besar dengan warna kuning dipadu dengan warna hijau serta dari kedua warna tersebut dibentuk dalam berbagai lukisan garis indah yang menghasilkan sebuah pemandangan kubah yang begitu cantik dan menarik. Kemegahan dan keindahan Islamic Center Mataram pun dapat dirasakan pada malam hari juga. Karena disana akan terlihat bangunan tersebut dengan berbagai macam cahaya berwarna yang begitu menarik. Pada masing-masing menaranya memiliki cahaya lampu yang berbeda. Ada yang berwarna merah, kuning, biru dan juga ungu. Pada bagian kubahnya akan menghasilkan cahaya warna ungu yang begitu indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *