Islamic Center Sendawar Kutai Barat

Jika mengunjungi Indonesia, maka tak heran jika menemukan bangunan masjid dimana-mana. Tak hanya bangunan yang terlihat megah dan mewah saja, di Indonesia juga memiliki bangunan masjid yang sederhana. Biasanya bangunan masjid yang ukurannya lebih kecil dinamakan degan musholla atau langgar. Di berbagai wilayah Nusantara pun sangat mudah menemukan tempat untuk umat muslim beribadah. Salah satunya berada di Kutai Barat. Kutai Barat sendiri adalah sebuah wilayah yang telah berdiri paska reformasi dan juga merupakan pecahan dari Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Karena termasuk kabupaten baru, maka pemerintah setempat sedikit demi sediki menata berbagai infrastruktu yang juga termasuk perkantoran perintah dan juga jalan utama kota. Sedangkan ibukota dari Kutai Barat adalah Sendawar.

icc kutai barat

Kemudian di Kutai Barat juga terdapat sebuah bangunan masjid yang sangat dibanggakan oleh warga sekitar. Islamic Center tersebut telah dibangun dengan dana yang berasal dari APBD Kabupaten Kutai Barat sebesar 55 miliar rupiah. Lokasi dari isamic Center sendiri berada di Kelurahan Melak Ulu, Kecamatan Melak. Pembangunannya dilakukan olek kontraktor PT Budi Daya Utama Sejahtera. Proses pembangunannya dimulai pada tahun 2009 dan dalam kurun tujuh tahun Islamic Center tersebut diresmikan. Peresmian lslamic Center Sendawar tersebut dilakukan oleh Bupati Kutai Barat yang bernama Ismael Thomas serta Didik Efendi yang merupakan wakil Bupati. Bangunan Islamic Center Sendawar merupakan sebuah tempat ibadah yang terbesar bagi umat muslim di Kutai Barat. Bangunan tersebut semakin terlihat modern dan mewah karena dilengkapi dengan fasilitas yang multifungsi. Fasilitas tersebut sangat menukung untuk melakukan kajian dan siar agama terhadap masyarakat Kutai Barat. Islamic Center Kutai Barat juga digunakan sebagai jamaah calan haji dan jamaah umrah yang akan berangkat ke tanah suci Mekah. Maka tak heran tempat tersebut selalu dipenuhi oleh para jamaah terutama ketika musim haji tiba.

icc kutai barat

Bangunan Islamic Center tersebut berdiri diatas lahan seluas empat hektar. Tempat tersebut juga memiliki masjid dengan dua lantai. Masjid tersebut bernama Masjid Baitul Maqdis dengan ukuran luasnya 2858.7 meter persegi. masjid tersebut dapat menampung dapat menampung jamaah sebanyak 6000 jamaah. Selain itu banguna masjid Baitul aqdis dilengkapi dengan dua bangunan menara yang terletak di sebelah sisi timur dan juga sebelah barat masjid. Menara tersebut memiliki ukuran tinggi sekitar 27 meter. Selan itu juga terdapat bangunan Kantor Sekretariat yang luasnya 369 meter persegi. Bangunan tersebut berfungsi sebagai kegiatan umum serta tata usaha. Kemudian ada juga bangunan aula yang memiliki luas 468 meter persegi.

icc kutai barat

Bangunan lainnya yang berada di Islamic Center Kutai Barat adalah asrama dengan luasnya 502 meter persegi. Asrama tersebut berfungsi sebagai tempat tinggal para ppengurus Islamic Center ataupun juga tamu-tamu yang berasal dari luar daerah. Ditambah juga ada bangunan perpustakaan yang luasnya mencapai 770 meter persegi. Dalam perpustakaan tersebut banyak sekali buku-buku serta arsip keagamaan. Selanjutnya ada juga bangunan Museum Islam dengan luas 451 meter persegi yang merupakan sebuah tempat penyimapanan dan pameran barang-barang yang bersejarah dan sangat penting.

Adapula bangunan Sekolah TK dan TPA yang luasnya mencapai 694 meter persegi yang digunakan sebagai sarana pendidikan agama bagi anak-anak. Pada bagian bangunan masjid yang ada di Islamic Center Kutai Barat tersebut sangat menarik karena terkesan modern khas dengan kubah besar yang berwarna gelap. Serta terdapat kubah yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan kubah utama tersebut disetiap penjuru atas. ditambah dengan adanya menara masjid yang berdiri kokoh di bagian sisi depan bangunan utama masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *