Islamic Center Tabalong, Kalimantan Selatan

Kini masing-masing kota besar mayoritas memiliki Islamic Center. Islamic Center sendiri merupakan sebuah bangunan yang berbasis keislaman dengan tujuannya untuk mengembangkan ajaran islam serta ditunjang dengan berbagai fasilitas yang memadai dan menarik. Selain itu, dengan adanya bangunan Islamic Center juga diharapkan dapat memfasilitasi segala macam berbagai kegiatan atau aktivitas keagamaan lainnya yang berada dalam sebuah kawasan tertentu.

Islamic Center Tabalong, Kalimantan Selatan

Salah satunya Kalimantan Selatan juga memiliki sebuah Islamic Center dilengkapi dengan sebuah bangunan masjidnya yang begitu megah dan unik. Berada di Jalan Ahmad Yani, Tanjung, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Kabupaten Tabalong sendiri merupakan salah satu wilayah yang berada di paling utara dan berbatasan dengan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Pada sebelah utara Kabupaten Tabalong terdapat gunung-gunung dan merupakan daerah tinggi. Sedangkan pada bagian selatannya lebih rendah dan datar dan juga terdapat rawa. Kabupaten Tabalong memiliki kekayaan alam yang begitu melimpah yang berasal dari perkebunan karet, berbagai macam buah musiman serta terdapat juga pertambangan. Dahulu, Tabalong sangat terkenal akan tambang minyak bumi yang berada di daerah Murung Pudak.

Selain itu, Tabalong juga terkenal akan hutannya yang begitu rindang dan membentang luas. Disanalah berdiri Islamic Center Tabalong diantara berbagai rindagnya hutan Tabalong. Dan salah satunya adalah bangunan masjid Al-Abrar yang juga merupakan ikon dari komplek Islamic Center Tabalong. Islamic Center tersebut didirikan di atas lahan milik Pemerintah Kabupaten Tabalong dengan desain masjidnya yang begitu modern dan menarik. Tetapi keseluruhan dana dari pembangunan komplek Islamic Center Tabalong berasal dari dana PT Adaro Energy Tbk. Perusahaan tersebut merupakan salah satu tambang batu bara yang berasa di Kabupaten Tabalong.

Dalam membangun Islamic Center telah menghabiskan dana sebesar Rp. 52 miliar dan selesai pada tahun 2012. Keberadaan Islamic Center Tabalong sangat di dukung oleh pimpinan PT Adaro yaitu Garibaldi Thohir karena menurutnya bahwa disana mayoritas dari masyarakat Tabalong merupakan muslim tetapi disana belum ada bangunan masjid yang besar hanya saja terdapat beberapa bangunan masjid namun kecil. Hal tersebut dikarenakan masyarakat Tabalong mayoritasnya salah suku Banjar dan sangat kental terhadap ajaran islam. Dengan hadirnya komplek serta bangunan masjid Raya Al-Abrar di Islamic Center Tabalong menjadi sebuah kebanggan sendiri bagi masyarakat sekitar. Selain itu, adanya komplek Islamic Center Tabalong juga merupakan sebuah program dari Adara Group sebagai Coorporate Social Responsibility.

kubah masjid Islamic Center Tabalong, Kalimantan Selatan

Dilihat dari segi bangunannya, masjid Raya Al-Abrar cukup unik terlebih pada bagian kubahnya yang terbalik sangat mirip dengan mangkuk terbuka. Hal tersebut mempunyai makna dari simbol kedua tangan yang sedang menadah sambil berdoa kepada Allah SWT. Selain itu, terdapat juga tulisan kaligrafi islam yang begitu indah menghiasi setiap dinding bangunan masjid serta ditambah dengan adanya berbagai ornamen dengan motif geometris yang menjadi ciri khas dari setiap bangunannya.

Keselruhan dari komplek Islamic Center Tabalong berdiri diatas lahan seluas 5 hektar. Pada bangunan masjid Al-Abrar Islamic Center Tabalong dapat menampung para jamaah dengan kapasitas sebanyak 3500. Bangunan masjid tersebut dilengkapi dengan dua lantai. Selain itu, dibagian masjid tersebut juga dilengkapi dengan plaza yang luas ukurannya mencapai 1500 meter persegi. Bagian bangunan tersebut digunakan sebagai sarana praktik ibadah haji lengkap dengan ka’bah, perkantoran, perpustakaan serta ruang serbaguna lainnya. Hingga sekarang pun Islamic Center Tabalong dan juga masjid Raya Al-Abrar selalu dipenuhi oleh para jamaah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *