Islamic Centre Baturaja Kabupaten OKU

Kini seiring dengan berjalannya waktu dan zaman yang semakin berkembang berbagai bangunan modern dan menarik semakin banyak dijumpai. Salah satunya berada di setiap kota besar dan menjadi landmark tersendiri untuk kota tersebut. Baturaja pun memiliki sebuah bangunan yang luar biasa dan sangat terkenal disana pada umumnya di Pulau Sumatera. Baturaja sendiri merupakann sebuah ibukota OKU (Ogan Komering Ulu). Baturaja juga adalah salah satu kabupaten yang berada di Sumatera Selatan. Tak hany itu saja, Baturaja sangat terkenal akan hasil dari perusahaann disana yang memproduksi semen dan namanya juga adalah Baturaja. Sedangkan nama dari OKU diambil dari dua nama sungai besar yang melintas dan mengalir disepanjang wilayah tersebut. Sungai tersebut adalah Sungai Ogan dan Sungai Komering. Maka tak heran dinamakan Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Islamic Centre Baturaja Kabupaten OKU

Baturaja juga lokasinya begitu strategis karena berada di jalur lintas tengahh Sumatera. Jalur tersebut selalu di lewati dan dipenuhi oleh berbagai macam kendaraan pribadi dan kendaraan umum serta kendaraan transportasi lainnya juga turut melewati dan memenuhi jalan lintas tersebut. Karena jalur tersebut merupkan jalur yang menghubungkan provinsi Lampug dan Sumatera Selatan. Elain itu disana juga terdapat sebuah bangunan yang begitu modern dan megah di tepian ruas jalan Lintas tengah Sumatera tersebut. Terutama ketika hari libur tiba maka jalan tersebut lebih penuh dan ramai.

Bangunan yang megah dan modern tersebut bernama masjid Islamic Center Baturaja. Lokasinya berada diatas bukit kecil di tengah kota Baturaja. Bangunan masjid Islamic Center Baturaja kini menjadi sebuah ikon bagi kota tersebut. Masjid serta Komplek Islamic Center Baturaja berdiri diatas lahan seluas 10 hektar serta dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas. Bangunan megah tersebut dibangun hanya dalam kurun sau tahun dan menghasilkan sebuah bangunan yang begitu menarik perhatian siapapun. Pertama kali dibangun pada tahun 2007 lalu rampung di tahun 2008 dan diresmikan pada tanggal 26 Maret 2008. Peresmian masjid serta komplek Islamic Center Baturaja tersebut dilakukan oleh Bupati Kabupaten OKU yang pada saat itu menjabat adalah H. Eddy Yusuf SH, MM. Peresmian masjid tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan, ulama serta tokoh masyarakat dan juga masyarakat sekitar yang sangat antusias akan adanya bangunan islam yang modern dan megah tersebut. selai itu, mantan Bupati OKU yaitu Amiruddin Ibrahim turut serta menghadiri acara peresmian masjid Islamic Center Baturaja. Beliau hadir diantara tengah-tengah para undangan yang jumlahnya mencapai 6.000 jiwa.

Dengan dibangunnya sebuah Islamic Centre di Kawasan Baturaja, kabupaten OKU, tentu saja kegiatan keislaman di Kabuapaten tersebut menjadi semakin aktif dan menarik. Hal ini dapat diwujudkan sebagai suatu refleksi kebutuhan hidup manusia dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, sosial dan moral masyarakat sekitarnya.

Arsitektural Masjid & Islamic Centre Baturaja Kabupaten OKU

kubah masjid Islamic Centre Baturaja Kabupaten OKU

Arsitektur Bangunan Masjid & Islamic Centre Baturaja ini memiliki bangunan yang sangat megah, dengan desain perpaduan antara arsitektural modern, dengan arsitektural masjid di Timur Tengah. ciri-cirinya dapat ditemukan dari kubah masjidnya yang berukuran sangat besar berwarna biru laut, dengan hiasan 3 bola kecil dibagian puncaknya.

Kemudian, kubah kecil lainnya terletak di sekeliing masjidnya, dengan hiasan 1 bola keccil dibagian punckanya.  Masjid ini dapat diakses melalui beberapa pintu utama, bangunannya dibuat dengan berongga-rongga seperti masjid-masjid timur tengah. Bentuk rongga seperti ini justru membuat ventilasi udara menjadi lebih terjamin, sehingga jamaah masjidnya tetap merasa sejuk meskipun berlama-lama di dalam masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *