Jenis Ornamen Masjid Terindah Yang Ada Di Indonesia

Di berbagai masjid yang telah di bangun di seluruh Indonesia, tentu saja Anda banyak menemukan yang namanya ornamen. Ornamen ini sendiri adalah hiasan yang di buat pada arsitektur bangunan masjid baik interiornya maupun eksterior nya. Dengan adanya ornamen, tampilan masjid sendiri akan semakin indah dan bernilai seni yang tinggi.

ornamen masjid

Berbicara mengenai ornamen masjid, di Indonesia ada beberapa jenis ornamen. Akan tetapi dari jenis-jenis tersebut ada yang paling banyak di gunakan dan ada yang tidak. Sedangkan untuk tingkat keindahannya, tentu saja seimbang dengan kesulitan pembuatan setiap ornamen sendiri. Pembuatan ornamen masjid ini pun harus di lakukan oleh para ahli sehingga hasilnya bisa maksimal dan sesuai permintaan.

Lalu, apa jenis ornamen masjid terindah yang ada di Indonesia? Sebenarnya untuk setiap jenis ornamen ada yang bagus dan ada juga yang biasa. Akan tetapi secara umum, untuk berbagai jenis ornamen masjid yang ada di Indonesia memang ada yang paling sulit sekaligus paling indah. Sedangkan untuk informasi lebih lanjut terkait pembahasan tersebut, silahkan Anda simak ulasan nya berikut ini.

Ornamen Kaligrafi Al-Qur’an

ornamen kaligrafi

Untuk di letakkan di masjid, maka yang paling banyak di temui tentu saja adalah ornamen kaligrafi Al-qur’an. Kaligrafi ini merupakan seni tulisan tangan huruf arab yang telah berkembang di berbagai negara sebagai warisan kebudayaan Islam. Sedangkan penggunaannya sebagai ornamen sendiri di maksudkan untuk salah satu sarana pelestarian Al-qur’an.

Untuk gaya tulisan Arab pada kaligrafi sendiri terdapat beberapa jenis. Mulai dari yang paling mudah hingga yang paling sulit. Diantaranya seperti khat Naskh, khat Khufii, khat Diwani dan lain sebagainya. Selain di gunakan sebagai ornamen masjid, biasanya kaligrafi Al-qur’an ini juga di jadikan hiasan di halaman-halaman buku. Sedangkan pembuatan ornamen kaligrafi Al-qur’an pada masjid sendiri sebenarnya bukanlah hal yang mudah sehingga harus di lakukan oleh ahlinya.

Ornamen Geometris Islami

ornamen geometris

Selanjutnya ada ornamen geometri islami yang tidak kalah populer di Indonesia. ornamen yang satu ini memiliki ciri khas geometris tersendiri. Biasanya, ornamen tersebut di terapkan pada berbagai bangunan dan karya seni seperti dinding, lantai, vas bunga dan lain sebagainya. Sedangkan untuk polanya, ornamen geometris islami di Indonesia kebanyakan mengadopsi dari Maroko dengan berbagai bentuknya.

Ornamen Arabesk

Ornamen Arabesk

Untuk kategori jenis ornamen masjid terindah di Indonesia, ornamen yang satu ini merupakan jawabannya. Hal ini karena ornamen arabesk bisa di buat dengan berbagai bentuk dan menghadirkan kesan modern kontemporer di dalamnya. Sedangkan dalam penerapan ornamen arabesk di Indonesia, pada umumnya di kombinasikan dengan beberapa ornamen lain seperti ornamen Geometris islami dan kaligrafi islam.

Ornamen Tradisional Indonesia

ornamen tradisional

Ornamen yang terakhir yang juga tidak kalah menarik adalah ornamen tradisional Indonesia. oernamen ini merupakan hasil seni lokal dari Indonesia sendiri. Biasanya, jenis ornamen ini di gunakan untuk menghiasi masjid-masjid yang di banguan dengan nuansa tradisional. Sedangkan untuk bentuk ornamen tradisional sendiri tentu saja tetap menyesuaikan dengan kaidah ornamen yang boleh di jadikan sebagai hiasan bangunan masjid.

Demikianlah ulasan mengenai jenis ornamen masjid terindah yang ada di Indonesia. Nah, bagi Anda yang sedang bingung memilih ornamen masjid, bisa menjadikan salah satunya sebagai rujukan pilihan. Bisa juga langsung memilih yang memang paling menarik. Akan tetapi, untuk tingkat kesulitan pembuatannya, tentu saja juga semakin tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *