Kubah masjid dari emas dan fiber

Umat muslim di dunia ini sangatlah banyak. Terbukti ketika musim haji tiba maka banyak orang yang berbondong-bondong untuk melaksanakan ibadah haji di mekah. Mereka bukan hanya berasal dari satu negara maupun benua yang sama, semua orang yang melaksanakan ibadah haji berasal dari banyak negara yang berbeda, benua yang berbeda-beda pula, suku dan ras yang berbeda, berkumpul menjadi satu untuk melaksanakan ibadah haji di mekah. Ngomong-ngomong tentang agama islam. Agama islam merupakan salah satu agama yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW sebagai rasulnya yang telah dipercayai oleh Allah SWT untuk menyiarkan agama islam di seantero mekah kala itu. Kitab suci agama islam adalah al-quran, al-quran merupakan pedoman yang harus diikuti dan juga diamalkan oleh umat muslim di seluruh dunia dan juga di indonesia. Tempat peribadatan umat muslim di seluruh dunia tanpa ada pengecualiannya adalah masjid. Masjid adalah tempat suci umat muslim yang dapat dipergunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan ibadah dan untuk mendekatkan diri kepada sang ilahi, penguasa dari dunia dan juga seisinya. Masjid biasanya digunakan untuk ibadah shalat, dzikir dan juga mengaji. Bangunan masjid biasanya memiliki ciri khas yakni ciri khas adanya kubah di atas masjid. Kubah ini dapat berfungsi sebagai ornamen maupun hiasan agar masjid terlihat lebih mewah dan juga megah. Selain itu kubah masjid juga berfungsi untuk melindungi bangunan masjid dari hujan dan juga panas. Sehingga jamaah masjid akan merasa nyaman ketika berada di dalam masjid untuk melaksanakan ibadah shalat berjamaah dan juga melakukan kegiatan yang berhubungan dengan ibadah lainnya, seperti ibadah dzikir dan juga  ibadah mengaji dan ibadah-ibadah yang lainnya.

Berbicara mengenai kubah masjid, ternyata di dunia terdapat beberapa bangunan masjid yang memiliki kubah berbahan dasar emas murni maupun emas asli, diantaranya adalah masjid di negara palestina dan juga di brunei darusalam ini.

Negara palestina merupakan suatu negara yang mungkin sekarang sedang bergejolak karena adanya pertikaian dengan negara tetangganya yakni israel. Tapi tidak banyak orang tahu ternyata di palestina terdapat sebuah masjid yang memiliki kubah yang terbuat dari emas asli maupun emas murni. Nama masjid ini adalah masjid qubah as sakrah atau bisa juga disebut dengan nama dalam bahasa inggris dome of the rock of yerusalem. Masjid ini dibangun pada abad sekitar 690 m. Masjid ini dibangun oleh abdul malik bin marwan yang dikenal sebagai salah satu raja besar pada masa kekaisaran bani umayah yang tersohor itu. Pembangunan masjid ini diikuti dengan pembangunan masjid masjidil aqsa yang selesai pada sekitar tahun 710 m. Beberapa tahun setelah masjid qubah as sakrah tersebut dibangun.

Masjid lainnya di dunia yang memiliki kubah emas adalah masjid yang berada di kesultanan brunei darusalam. Negara brunei merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama islam. Sehingga banyak sekali masjid yang berdiri di negara brunei darusalam. Tapi yang paling spektakuler tentu saja adalah bangunan masjid yang memiliki kubah berbahan dasar emas. Nama masjid ini adalah masjid sultan omar ali. Brunei sebenarnya memiliki dua buah bangunan masjid yang memiliki kubah emas. Tapi masjid ini merupakan masjid pertama yang didirikan dengan kubah dengan bahan dasar emas murni 24 karat. Masjid sultan omar ali ini pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1958 di tengah sebuah danau buatan yang bersih dan juga memiliki air yang sangat jernih. Pada masanya bangunan masjid sultan omar ali ini merupakan masjod terindah dan juga termegah.

Selain masjid di daerah palestina dan juga brunei tersebut, ternyata ada juga bangunan masjid yang memiliki kubah emas di indonesia. Nama masjid ini adalah masjid dian al mahri. Masjid ini terletak di daerah jalan maruyung raya, kelurahan meruyung, kecamatan limo di kota depok. Masjid ini berkapasitas sekitar 20.000 jamaah, atau diperkirakan 20 ribu jamaah dapat ditampung di masjid megah ini. Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 70 hektare persegi.

Kubah selain berbahan dasar emas juga dapat dibuat dari bahan lainnya yang lebih terjangkau misalnya dengan bahan beton maupun dengan bahan fiber maupun fiber glass. Bahan fiber ini biasanya digunakan untuk bahan pembuatan pesawat dan juga kapal yang biasa digunakan untuk bepergian. Bahan fiber ini memiliki keunggulan yakni ringan sehingga ketika terjadi gempa maka kubah masjid berbahan dasar fiber ini tidak akan menghancurkan struktur bangunan di bawahnya. Selain itu juga relatif lebih murah dibanding bahan lainnya.

Nah, demikianlah informasi tentang beberapa kubah yang terbuat dari bahan emas dan juga fiber. Semoga dapat menambah informasi bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *