Kubah masjid di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang beragam. Beragam suku, agama dan juga ras. Tapi semuanya dapat berdampingan dengan aman dan juga tenteram tanpa kurang satu apapun, karena adanya semboyan bhineka tunggal ika, semboyan yang mempersatukan negara indonesia. Indonesia mempunyai banyak agama seperti agama islam, kristen, katholik, hindu dan juga budha. Membicarakan tentang agama yang memiliki mayoritas penganut palingbanyak, yaitu agama islam. Agama islam merupakan agama yang dibawa oleh Rasullulah SAW. Agama islam ini merupakan agama pembaharu dan rasulullah merupakan nabi terakhir yang diutus Allah ke muka bumi ini. Kitab suci agama islam adalah al-quran. Dan tempat peribadatan umat islam adalah masjid. Karena banyaknya penganut agama islam, maka sekarang masjid pun tersebar meluas di seluruh penjuru indonesia,dari sabang sampai dengan merauke. Masjid memiliki ciri umum yakni memiliki kubah yang berbentuk setengah lingkaran, tujuan utamanya adalah sebagai pelindung utama dari adanya hujan maupun pelindung ketika panas, sehingga jamaah masjid yang sedang melaksanakan ibadah, seperti shalat dan juga berdzikir nyaman berada di dalam masjid.

Tapi tahukah anda bahwa kebanyakan dari kubah masjid yang ada di indonesia memiliki arsitekstur masjid dan design dwg. Apa desain dwg itu? Desain dwg adalah sebuah desain kubah masjid yang biasanya terbuat dari enamel yakni komponen lunak yang dapat digunakan untuk bahan pembuatan kubah masjid. Produk dwg enamel memiliki rangka yang cukup ringan sehingga membuat pondasinya tidak begitu kuat, sehingga apabila sewaktu-waktu terjadi kejadian yang tidak mengenakkan ataupun bencana maka kubah tersebut tidak akan hancur dan juga jatuh mengenai objek yang berada di bawahnya. Tidak seperti desain beton yang keras yang mudah sekali hancur dan mungkin saja dapat merusak struktur bangunan di bawahnya.

Berbicara mengenai kubah masjid, tentu ada beberapa kubah masjid yang menyimpan cerita spektakuler. Seperti kubah masjid yang ada di maluku ini, konon katanya kubah masjid yang biasanya besar dan juga berat dapat terbang dengan sendirinya ke langit pada suatu siang yang cerah disaksikan oleh banyak orang dan kemudian divideo juga dimasukkan ke youtube. Walaupun ini sebuah fenomena yang ajaib, tapi sampai sekarang belum ditemukan jawabannya. Ada beberapa pendapat yang bermunculan ke permukaan, entah dari orang yang menyaksikan sendiri fenomena kubah masjid terbang tersebut ataupun dari orang yang melihatnya secara tidak langsung di youtube. Menurut beberapa orang yang melihatnya secara langsung, mereka percaya bahwa kejadian itu nyata dan karena kehendak ilahi. Tapi bagi orang yang hanya melihat videonya saja, maka mereka tidak mudah percaya dan menganggap itu semua hanya rekayasa dan juga trik yang disamarkan. Tapi sebagaimana sesuatu, ada yang pro dan juga kontra dan itu adalah sesuatu yang wajar dan tentu saja hanya Allah yang tahu kebenaran sesungguhnya.

Dan ternyata berita kubah maluku yang terbang itu adalah hoax belaka seperti pada artikel sebelumnya.

Kita beralih ke daerah kutaraja. Kutaraja adalah sebutan untuk daerah nangroe aceh darusalam. Daerah ini merupakan daerah paling ujung dari indonesia dan juga ujung dari pulau sumatera dan bersebelahan dengan sabang. Daerah aceh dikenal di dunia sejak tsunami menerjang kawasan ini 13 tahun silam, tepatnya di bulan desember 2004. Daerah aceh adalah satu-satunya daerah di indonesia yang memiliki hukum syariat islam dimana semua wanita diharuskan untuk mengenakan jilbab dan juga adanya hukum cambuk. Tapi tahukah anda bahwa daerah aceh ternyata memiliki masjid yang sangat indah dengan kubah masjid yang indah juga di jantung ibukotanya, yakni di banda aceh? Yap, namanya adalah masjid raya baiturahman. Masjid ini merupakan saksi bisu adanya peristiwa tsunami beberapa tahun yang lalu, ketika semua bangunan di sekitarnya luluh lantah diterjang ombak tsunami yang dahsyat maka masjid baiturahman ini tetap berdiri tegak. Subhanallah!

Dan yang terakhir adalah sebuah masjid yang berada di depok. Yakni masjid dian al mahri. Kenapa masjid ini begitu populer di indonesia dan heboh di media sosial? usut punya usut ternyata masjid ini merupakan salah satu masjid berkubah emas asli yang ada di indonesia. Masjid ini dibangun oleh ibu hj. Dian al mahri. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dengan perpaduan gaya khas italia yang kental karena arsitek yang berasal dari negeri pizza dan juga spagheti tersebut. Ibu dian dikenal luas sebagai sosok yang dermawan dan murah hati. Karena kemurahan hatinya, beliau suka bersedekah setengah bagian dari hartanya untuk orang yang membutuhkan dan yang terakhir beliau akhirnya membangun masjid berkubah emas yang berada di depok ini.

Nah, demikianlah kisah beberapa masjid yang ada di indonesia beserta cerita yang menyertainya, semoga dapat menambah informasi dan juga pengetahuan bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *