Kubah Masjid Ornamen

Masjid adalah rumah ibadah untuk seluruh umat muslim di dunia. Pastilah tahu, tempat sitirahatnya orang orang muslim yaitu di masjid. Bukan untuk tidur atau berleha leha semata. Istirahat yang dimaksud adalah beribadah kepada Allah, berdzikir, sembahyang atau membaca Al-Qur’an. Nah, jika anda perhatikan, setiap masjid pasti memiliki ciri khas tersndiri untuk dikagumi. Salah satu bagian masjid yang banyak dikagumi adalah bagian kubahnya. Kubah masjid memiliki banyak sekali desain yang unik. Salah satunya kubah masjid ada tangga yaitu kubah dengan desain tangga menjadi sebuah ketertarikan sendiri untuk orang orang yang mengunjunginya.

Tak hanya itu, ada juga beberapa masjid yang memiliki kubah masjid ajaib. Kubah masjid ajaib tersebut memiliki banyak versi. Seperti pada tahun 2003 silam yang mana beredarnya video amatir tentang sebuah kubah masjid yang terbang di Ambon, tepatnya di desa Kailolo, Maluku Tengah. Dikabarkan kejadian ini terjadi sudah lama yaitu pada tahun 1993, yaitu ketika masjid yang berbobot ribuan kilogram tersebut terbang ketika sedang direnovasi. Kabar ini lumayan membuat geger umat islam di Indonesia. Tapi tentang kubah masjid ajaib ini, banyak kalangan yang mengatakan bahwa fenomena ini adalah fenomena rabbani. Yang mana memang Allah SWT sedang menunjukan kekuasaannya di hadapan umat muslim.

Kemudian jangan tanyakan juga tentang kemegahan kubah masjid terkenal di dunia. Kubah Masjid Al-Aqsa memiliki desain kubah yang megah dan mengagumkan. Masjid Al Aqsa yaitu memiliki ciri desain arsitektur islam awal. Masjid ini dibangun oleh Ali Azh-Zhair yang terbuat dari kayu yang disepuh dengan lapisan enamel timah. Pada tahun 1969 kubah masjid Al Aqsa ini dibangun kembali dengan menggunakan beton dan dilapisi dengan aluminium. Yang kemudian di adonasi dengan bentuk aslinya yitu enamel timah. Pada tahun 1983, lapisan aluminium yang menutupi bagian luar diganti lagi dengan timah untuk menyesuaikan dengan desain asli Ali Azh-Zhair. Interior kubah masjid Al Aqsa dicat menurut desain abad ke- 14. Yang kemudian pada kebakaran tahun 1969, cat dekoratif tesebut dianggap tidak dapat diperbaiki lagi. Tapi dengan hasil tekhnik trateggio, yaitu menggunakan garis garis vertikal halus untuk membedakan daerah yang diperbaiki dengan daerah yang asli, akhirnya dapat diperbaiki lagi. Sehingga masjid Al Aqsa tetap memiliki kubah masjid AL Aqsa yang mengagumkan.

Tentunya semua kubah masjid pasti memiliki estetika tersendiri yang membuat sebuah masjid menjadi mengagumkan. Kubah masjid juga dibuat untuk mencirikan rumah Allah tersebut. Jadi seperti apapun bentuknya kubah masjid Allah SWT, harus diniatkan untuk Allah SWT. Diniatkan supaya rumah Allah SWT tersebut menjadi rumah Allah yang ramai didatangi untuk beribadah kepada Alllah SWT. Maka dari itu semua kubah masjid adalah kubah masjid Allah SWT yang saat pembentukkan sebuah masjid harus diniatkan karena Allah SWT.

Fungsi utama kubah masjid yaitu menjadi sebuah simbol bahwa tempat tersebut adalah rumah Allah untuk beribadah ummat islam. Sehingga seperti apaun bentuk kubahnya, masjid itu tetaplah masjid untuk beribadah. sekalipun kubah majsjid tersebut tidak megah atau mewah. Kemudian bentuk kubah masjid juga di desain sesuai dengan keragaman budaya yang ada. Bukan hanya di Indonesia, kubah masjid menjadi ornamen terpenting dalam pembuatan masjid. Seperti masjid masjid di Eropa yang memiliki ciri khas tersendiri dan menjadikan masjid tersebut ramai dikunjungi dan nyaman untuk dijadikan tempat ibadah umat muslim. Kemudian kubah masjid yang nampak dan menarik juga membuat orang mudah menemukan keberadaan masjid tersebut. Sehingga memudahkan umat islam untuk beribadah di rumah Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *