Kubah masjid unik di indonesia

Indonesia adalah negara dengan mayoritas penganut agama islam terbesar di asia bahkan di dunia. Semakin hari dan semakin tahun penganut agama islam meningkat di indonesia. Indonesia sendiri terdiri dari 5 agama resmi yang diakui pemerintah yakni agama islam, agama kristen, agama katholik, agama hindu dan juga agama budha. Saking banyaknya penganut agama islam di indonesia, tidak mengherankan akhirnya banyak dibangun bangunan masjid di seluruh pelosok indonesia, dari sabang sampai merauke dan dari desa sampai ke perkotaan. Masjid merupakan tempat peribadatan bagi umat muslim di seluruh dunia. Salah satu ciri suatu bangunan merupakan sebuah masjid adalah adanya kubah yang berada di atas bangunan masjid, hal ini bertujuan untuk memberi ciri pada orang yang melewatinya bahwasanya tempat tersebut adalah masjid karena kubah yang nampak di bagian atas.

Nah, tapi jangan terkecoh dulu ya kalau anda di luar negeri mungkin tidak semua bangunan yang memiliki kubah maupun berkubah itu adalah sebuah bangunan masjid. Contohnya seperti sebuah bangunan yang berada di daerah pantai selatan spanyol ini. Bangunan yang diberi nama la mecca ini memiliki kubah sekaligus bentuk menyerupai masjid pada umumnya, tapi ternyata bangunan ini bukanlah bangunan masjid, bangunan ini sebenarnya adalah sebuah diskotik. Jadi bangunan la mecca tersebut adalah diskotik yang menyerupai masjid, sehingga anda tidak akan mendengar lantunan ayat suci di tempat ini tetapi malah mendengar dentuman suara musik house yang keras yang memekakkan telinga anda. Naudzubillah hi mindzalik!

Tapi anda tidak perlu khawatir karena di indonesia sendiri tidak ada bangunan serupa maupun seperti bangunan la mecca di spanyol tersebut. Indonesia malah mempunyai beberapa masjid indah nan unik yang berada di beberapa tempat di indonesia seperti dua buah masjid yang berada di demak maupun di depok ini. Masjid pertama adalah masjid indah nan unik yang berada di wilayah demak. Masjid ini unik karena menggabungkan dua unsur dari agama yang berbeda yakni agama islam dan juga agama hindu pada arsitektur dasarnya. Bangunan masjid di demak ini memiliki bentuk punden berundak yang jarang atau bahkan tidak ada di bangunan masjid lainnya. Bentuk bangunan kubah masjid menyerupai punden berundak ini memiliki makna mendalam bagi orang di masa lalu yakni sebuah gunung yang sebenarnya merupakan tempat bersemayamnya para dewa, mahluk yang dianggap sebagai mahluk yang memiliki kekuatan dan kuasa yang penuh atas segala sesuatu entah itu Manusia, tanaman maupun hewan yang ada di dunia ini. Atap kubah masjid ini dibuat berlapis maupun bersusun karena faktor teknologi yang belum canggih seperti sekarang sehingga membuatnya menjadi seperti itu. Sedangkan arsitektur masjid ini yang mentransfer budaya hindu adalah berupa atap tumpang tiga yang menyerupai sebuah candi yang banyak terdapat di tanah jawa, seperti misalnya candi prambanan yang terdapat di jawa tengah. Hal ini pun menggambarkan bahwa hubungan antara umat beragama yang terjaga dan juga rukun pada masa lampau antara agama islam dan juga hindu yang kemudian terwujud di sebuah bangunan masjid dengan arsitektur punden berundak.

Dan masjid indah nan unik lainnya adalah sebuah masjid yang terdapat di wilayah depok. Masjid ini memiliki kubah yang terbuat dari emas asli. Sedangkan kita ketahui sendiri bahwa emas asli memiliki harga yang lumayan mahal dan keunikannya adalah terdapat di kubah tersebut yang bahannya terbuat dari emas asli. Nama masjid kubah emas ini adalah masjid dian al mahri. Masjid ini didirikan oleh seorang ibu yang bernama dian al mahri, seorang muslimah robbani. Diceritakan bahwa ibu dian adalah seseorang yang sangat suka bersedekah, berbagi dan juga berzakat. Jika orang lain hanya berzakat dengan presentase 2,5 persen saja maka beliau akan mengeluarkan zakat sebesar setengah dari penghasilan yang dia dapatkan. Beliau selalu berpendapat bahwa dengan bersedekah dan juga berzakat tidak akan membuatnya jatuh miskin, tapi malah membuat hartanya menjadi barokah dan juga bermanfaat bagi orang lain. Dan akhirnya karena sukanya ibu dian berbagi dia akhirnya membangun masjid ini. Masjid ini dibuka untuk umum pada tanggal 31 desember 2006.

Nah, demikianlah beberapa masjid yang indah dan juga unik yang ada di indonesia, semoga dapat menambah pengetahuan dan juga informasi bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *