Macam – Macam Bentuk Kubah Masjid Yang Sering Dijadikan Pilihan

Kebanyakan masjid di Indonesia identic dengan kubah di bagian atasnya. Kubah otomatis secara simbolik kini menjadi sebuah ciri khas dari masjid, kubah memanglah bukan tradisi islami. Namun setelah berjalannya waktu kubah diadopsi menjadi budaya islam dalam pembagunan masjid. Di Indonesia sudah banyak sekali masjid – masjid megah berdiri dilengkapi dengan aneka model bentuk kubah.

Memang Macam – Macam Bentuk Kubah Masjid banyak sekali di Indonesia, bahkan mulai dari model – model yang berukuran mini dan lucu – lucu banyak ditemui. Ada juga yang berupa kubah ukuran besar yang dibuat dengan begitu megahnya. Setiap harga masing – masing kubah tentulah berbeda. Harga dari masing – masing kubah tergantung dari bahan baku material yang digunakan.

Macam – Macam Kubah Masjid

bentuk kubah

Setiap masjid mempunyai Macam – Macam Bentuk Kubah Masjid. Biasanya kubah setiap daerah memang memiliki ciri khas tersendiri. Berikut ini adalah beberapa macam – macam dari kubah masjid.

  • Kubah berumbi, kubah ini wujudnya seperti umbi – umbian.
  • Kubah biara, kubah ini diadopsi pada zaman reinance, dimana model kubah ini tidak begitu terlihat jelas apabila dilihat dari luar, namun akan terlihat jelas apabila terlihat dari dalam.
  • Kubah susun, kubah ini sudah sangat jarang sekali di temui. Kubah susun ini biasanya hanya terdiri 2 hingga tiga susun.

Trik jitu memilih motif kubah masjid

motif kubah masjid

Bagi Anda yang sedang merasa kebingungan dengan motif kubah apa yang cocok untuk tempat ibadah ini, Anda bisa menyimak sedikit tips dari kami.

  • Perhatikanlah kondisi dari alam yang ada di sekitar Anda. Keterkaitan lingkungan sekitar dengan sisi keindahan dari kubah sangatlah berpengaruh. Penyesuaian ini akan membuat kubah masjid akan terlihat selaras dengan alam. Misalnya untuk daerah yang berada di pegunungan alangkah baiknya jika warna kubah didominasi dengan warna hijau sesuai dengan kondisi alam yang ada. Dan untuk daerah yang berada di sekitar pesisir pantai Anda bisa menggunakan warna yang didominasi dengan warna putih. Dengan sentuhan warna putih ini akan membuat tampilan kubah akan semakin terlihat mnawan.
  • Sesuaikan dengan tradisi dan budaya yang ada di tempat tersebut. Seiring dengan perkembangan islamisasi penyesuaian corak kubah masjid dengan kondisi tradisi dan budaya setempat sangatlah berpengaruh guna keselarasan antar budaya lama dan budaya baru. Ada beberapa masyarakat yang identic dengan warna tertentu untuk diaplikasikan dan ada pula masyarakat yang enggan dengan beberapa warna yang menganggap kurang pas dengan keadaan budaya dan juga tradisinya. Terkait dengan hal ini haruslah diperhatikan dengan seksama agar tercipta kerukunan dan kenyamanan bersama.
  • Lakukan konsultasi kan pembangunan kubah dengan mereka yang ahli di Melakukan konsultasi ini merupakan suat hal yang sangat penting sekali, agar kubah yang di produksi bisa sesuai dengan harapan. Dengan melakukan konsultasi serta musyawarah maka akan menemukan suatu hasil yang sesuai dengan kesepakatan bersama.
  • Agar tampilan masjid semakin terlihat modern dan menarik, pilihlah motif – motif kubah yang modern dan tidak terlalu banyak coraknya.

Demikianlah macam – macam kubah masjid dan tips untuk Anda, yang ingin memilih motif kubah masjid yang tepat. Pastikan Anda tidak salah dalam mencari jenis dan motif masjid yang tepat. Jenis kubah dan motif ini akan sangat berpengaruh pada tingkat daya tarik dan keindahan sebuah masjid. Jangan sampai kubah tersebut salah model dan salah motif. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *