Masjid Agung Al-Mu’awwanah Sanggau

Masjid Agung Al-Mu’awwanah berada di Jalan H. Abbas, Tj. Sekayam, Kelurahan Ilir, Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. Masjid Agung tersebut merupakan sebuah bangunan masjid Agung Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. Bangunan masjid yang berdiri kokoh saat ini merupakan sebuah hasil dari renovasi masjid secara total dalam kurun waktu selama tiga tahun. Renovasi total tersebut dimulai dari tahun 2013 dan ketika selesai pembangunannya, masjid Agung Al-Mu’awwanah sangat terlihat menarik dan merupakan kebanggaan bagi muslim Kabupaten Sanggau.

Pada proses pembangunan masjid Agung Al-Mu’awwanah terbilang cukup unik karena pada saat itu dilakukan dengan cara ‘mengurung’ bangunan masjid agung lama dengan struktur yang baru pada sebelah luar. Pada saat itu juga dalam proses pembangunannya aktivitas dalam masjid tersebut masih terus berlanjut tanpa berhenti. Kemudian pada struktur bangunan masjid yang baru terlihat sebuah pemandangan yang unik dimana bangunan masjid yang lama terkurung secara keseluruhan dalam sebuah bangunan masjid yang baru.

masjid al mu'awwanah

Dilihat dari segi bangunanannya, masjid Agung Al-Mu’awwanah ini memiliki desain yang modern. Serta terdapat sebuah kubah besar dengan menaranya yang tidak terlalu tinggi. Menara masjid tersebut berdiri kokoh di ke empat sudut atapnya. Serta dicat dengan menggunakan cat warna kuning yang merupakan khas warna Melayu.

Pada bangunan masjid Agung Al-Mu’awwanah terdapat kubah yang jumlahnya sebanyak tujuh macam. Ke tujuh kubah tersebut berada di atap masjid dan pada satu kubahnya merupakan kubah utama yang memiliki diameter 9 meter serta tingginya mencapai 11 meter. Sedangkan sisanya yang empat kubah berada di setiap penjuru masjid dan sisa dari kedua kubah berada di atas beranda masjid Agung Al-Mu’awwanah. Seluruh kubah majsid tersebut bahannya berasal dari bahan enamel pada bagian luarnya.

Kemegahan dan keindahan masjid Al-Mu’awwanah dapat dirasakan lebih ketika memasuki dalam masjid tersebut. Rasa khusyu’ dalam melaksanakan ibadah shalat akan lebih terasa serta dengan beberapa keindahan dan kenyamanan lainnya yang dimiliki oleh masjid tersebut. Terdiri dari ruang khusus Imam masjid yang luas serta dipadu dengan mimbar khotbahnya yang terukir indah membuat kenyamanan untuk dipandang. Ditambah dengan ada beberapa pilar masjid yang berasal dari bahan beton yang kokoh dan indah serta hiasan yang begiru menarik menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh masjid Agung Al-Mu’awwanah. Maka tak heran masjid ini tak pernah sepi oleh para pengunjung dan para jamaah yang setia melaksanakan ibadah di masjid tersebut.

interior masjid al mu'awwanah

Pada tahun 2016 kemarin tepatnya pada tanggal 21 Oktober kemarin, masjid Agung Al-Mu’awwanah mendapatkan tamu kehormatan dari seorang tokoh ulama yang terkenal. Beliau adalah Syekh Ali Jaber. Beliau hadir di masjid tersebut dengan memberikan tausiyah dalam sebuah acara Tabligh Akbar disana. Kehadiran Syekh Ali Jaber sangat dinanti dan tentunya di hadiri juga oleh masyarakat sana dengan antusias. Tak hanya masyarakat sekitar saja yang ikut serta dalam acara Tabligh Akbar tersebut, melainkan berbagai jamaah dari segala penjuru sengaja mendatangi masjid Agung Al-Mu’awwanah. Disamping ingin mendengarkan tausiyah dari Syekh Ali Jaber, para jamaah juga sangat ingin melihat langsung Syekh Ali Jaber.

Ketika akan memasuki masjid tersebut, maka para jamaah dan pengunjung akan melewati tangga yang tidak terlalu tinggi. Selain itu, keindahan masjid tersebut sudah dapat terlihat dari bagian luarnya dengan hiasan ornamen yang menarik pada dinding masjid yang didominasi warna kuning dan putih. Hingga sekarang pun masjid tersebut masih sering dipenuhi oleh para jamaah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *