Masjid Agung Al-Mukarram Amanah Kuala Kapuas.

Berbagai bangunan masjid yang megah dan mewah dapat ditemukan di mana saja. Minimal bangunan tersebut dapat dijumpai di masing-masing kota besar di Indonesia. Biasanya bangunan masjid tyang megah dan mewah tersebut menjadi sebuah daya tarik hingga objek wisata dari setiap wilayah tersebut. Salah satunya berada di Kalimantan Tengah. Bangunan masjid tersebut bernama masjid Agung Al-Mukarram Amanah. Lokasi masjid tersebut tepatnya berada di Jalan Tambun Bungai RT 36 Kelurahan Selat Tengah, Kecamatan Kuala Kapuas Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah.

Masjid Agung Al-Mukarram Amanah Kuala Kapuas

Keberadaan masjid ini menjadi sebuah bangunan kebanggaan warga sekitar. Bangunan masjid Agung Al-Mukarram Amanah terkesan sangat megah dan mewah dengan segi arsitekturnya yang sangat menarik. Bahkan masjid ini merupakan masjid terbesar sekaligus termegah yang berada di Kota Kapuas. Sehingga tak heran bangunan masjid Al-Mukarram Amanah ini menjadi kebanggaan warga Kapuas.

Masjid Agung Al-Mukarram Amanah juga berada di pusat jantung kota sehingga masjid ini sangat mudah untuk ditemukan dan selalu dipenuhi oleh para jamaah atau bahkan pengunjung. Saking besarnya, masjid Agung Al-Mukarram Amanah dapat menampung jamaah sekaligus sebanyak lima ribu jamaah. Selain itu kemegahanmasjid ini dilihat dari bangunannya yang mengadopsi desain dari gaya modern dan klasik.

Pembangunan awal masjid Agung Al-Mukarram Amanah ini dimulai pad atahun 1990. Berdiri megah diata lahan seluas 25.554 meter persegi. Statsunya juga yaitu SHM dengan luas bangunan awal 300 meter persegi. Tetapi ternyata bangunan masjid yangkini berdiri megah tersebut merupakan hasil dari bangunan yang didirikan pada tahun 2012 lalu. Sedangkan lokasi masjid sebelumnya berada di sebelah pelataran masjid yang berada di depan masjid Agung Al-Mukarram Amanah saat ini. Sejak tahun 1990 hingga tahun 2012 bangunan masjid yang lama tersebut selalu digunakan oleh jamaah warga Kapuas, kemudian mulai tahun 2012 komplek masjid tersebut terlihat seperti sepasang amsjid kembar karena bangunan masjid yang lama masih berdiri dan bangunan masjid yang baru hampir selesai. Bangunan masjid yang baru tersebut lebih besar dan megah dibandingkan dengan masjid sebelumnya.

Kemudian pada tahun 2012 tepatnya menjelang bulan Suci Ramadhan 1433 H akan selesai dan siap untuk difungsikan sebagai tempat beribadah. Lalu bangunan masjid yang lama dirobohkan dan pada saat itu juga umat muslim Kapuas pertama kali melaksanakan shalat tarawihnya secara berjamaah di bangunan masjid Agung Al-Mukarram yang baru. Ketika Hari Raya Besar Idul Fitri juga mereka kaum muslim Kapuas pertama kali melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri disana. Kemudian pada hari Jum’at tanggal 27 Juli 2012 masjid Agung Al-Mukarram Amanah pertama kali difungsikan untuk melakukan shalat Jum’at berjamaah.

arsitektur Masjid Agung Al-Mukarram Amanah Kuala Kapuas

Dengan adanya bangunan yang megah dan mewah ini serta berada di lokasi yang cukup strategis, masjid Agung Al-Mukaraam Amanah tak hanya difungsikan untuk melaksankan ibadah shalat saja. Ternyata disana juga terdapat berbagai aktivitas keagamaan lainnya. Selain menjadi tempat untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri dan Idul Adha yang juga dihadiri oleh para pejabat tingkat Kabupaten hingga ribuan masyarakat yang melaksanakan ibadah shalat di masjid ini.

Terlihat bangunan masjid yang besar serta kubah besarnya yang kokoh di atap masjid yang berwarna hijau dan putih. Selain itu terdapat menara yang berdiri tegak dan juga menjulang tinggi. Ditambah dengan halam masjid yang begitu luas serta air mancur di halamn masjid menjadikan masjid tersebut semakin menarik bagi para jamaah dan pengunjung lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *