Masjid Agung An-Nur Kota Batu

Kota Batu yang berada di wilayah provinsi Jawa Timur ini merupakan sebuah kota yang terkenal dengan tempat wisatanya yang sangat menarik. Diantaranya seperti air terjun, taman bermain, hingga berbagai wisata kebun buah menghiasi kota Batu. Disamping itu dikota tersebut suasanya sangat adem dan nyaman. Sehingga tak heran kota ini menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya atau sekedar berjalan-jalan dihari pekan bersama keluarga, teman atau orang terdekat. Selain itu, tempat ini selalu dipenuhi oleh para wisatawan yang berasal dari luar Jawa Timur. Jadi jangan heran jika datang ke ota Batu pada masa liburan, tak hanya masyarakat Jawa Timur saja yang memadati kota tersebut.

Masjid Agung An-Nur Kota Batu

Pemandangan alam yang sangat mempesona tersebut  membuat para wisatawan untuk ingin kembali mengunjungi kota Batu. Disamping menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa, di kota itu juga terdapat beberapa bangunan yang sangat menarik. Salah satu bangunan yang menarik perhatian bagi warga sekitar bahkan hingga para wisatawan adalah sebuah bangunan yang terkesan sangat mencolok. Bangunan tersebut merupakan sebuah tempat beribadah umat muslim yang bernama masjid Agung An-Nur. Masjid tersebut menjadi salah satu tempat tujuan wisatawan lainnya untuk melaksanakan ibadah atau beristirahat ketika sedang melakukan perjalanan jauh.

Masjid Agung An-Nur memiliki daya tarik sendiri. Terlihat dari segi bangunan depan masjid saja, masjid tersebut sangat mencolok dengan warna catnya yang menarik. Yaitu berhias menggunakan warna kuning dan hijau yang terkesan semakin cerah dan juga sejuk. Selain itu, di masjid Agung An-Nur ini semakin terasa nyaman karena dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang sangat menunjang bagi para jamaah atau pengunjung. Diantara lain yaitu disediakannya Rest Area atau tempat beristirahat yang memang sengaja telah disediakan. Tempat ini sangat nyaman karena bisa membantu para wisatawan untuk beristirahat tak hanya untuk meregangkan kaki saja tetapi wisatawan dapat tidur disana. Tempat tersebut tepatnya berada disamping masjid dan terpisah dari masjid tersebut. Sehingga tidak mengganggu kepaa jamaah lain yang sedang khusyu’ melaksanakan ibadah.

arsitektur Masjid Agung An-Nur Kota Batu

Selanjutnya fasilitas lainnya adalah tempat untuk mengisi daya handphone atau charge. Fasilitas ini sangat penting bagi para wisatawana karena biasanya baterai HP tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama. Jadi wisatawan dadpat mengisi ulag baterai HP disini. Tempat chargenya pun aman karena tempat tersebut berbentuk slot lemari yang memiliki kunci masing-masing sehingga penggunanya dapat membawa kunci tesebut kemana pun. Hanya dengan Rp. 2000 wisatawan dapat mengisi full HP nya atau powerbank.

Selain itu terdapat juga tempat  pemandian. Keberadaan masjid Agung An-Nur sangat membuat para jamaah dan pengunjung merasa nyaman. Ditambah dengan adanya pemandian yang jarang dimiliki olehmasjid lainnya. Pemandian tersebut bukan seperti pemandian biasa melainkan pemandian air panas. Hal tersebut semakin memanjakan para jamaah atau pengunjung ketika merasa penat dan sebelum melaksanakan ibadah terlenih dahulu mandi. Selain itu tempat pemandian tersebut juga menyediakan untuk perawatan bayi. Siapapun yang mengnjungi masjid ini pasti sangat merasa puas akan berbagai fasilitas yang dimiliki masjid Agung An-Nur.

Pembangunan masjid Agung An-Nur sendiri dimulai pada tahun 1920 tepatnya pada masa penjajahan Belanda. Selain memiliki fasilitas yang sangat menarik, bangunan ini pun tak kalah menarik dari berbagai bangunan lainnya. Terlihat mencolok dengan ciri khas kubahnya yang berwarna hijau dan kuning dan juga kedua menara yang berada didekat bangunan utama masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *