Masjid Agung Istiqamah Tapak Tuan

Di Jalan Jendral Sudirman, Tapak Tuan Kabupaten Aceh Selatan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam terdapat sebuah bangunan masjid yang memiliki daya tarik sendiri. Masjid tersebut bernama masjid Agung Istiqamah Tapaktuan. Tapak Tuan sendiri merupakan ibukota dari Aceh Selatan. Kota tersebut pada dahulu mendapatkan gelar sebagai kota Naga lalu kemudian diabadikan menjadi nama kota tersebut hingga sekarang. Hal tersebut juga dapat diketahui dari namanya karena memang terdapat sebuah tapak kaki yang ukurannya sangat besar. Ternyata disebutkan bahwa tapak kaki yang ukurannya sangat besar tersebut merupakan miliki dari Teuku Tuan. Beliau adalah seorang yang menaklukan naga. Mulai dari tempat itulah tempat tersebut terkenal dengan nama Tapak Tuan.

Di Tapak Tuan terdapat sebuah bangunan masjid yang sangat terkenal. Dikenal dengan bangunannya yang luar biasa serta arsitektur masjid yang menawan sehingga selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi warga sekitar atau dari wilayah lainnya. Keunikan serta kemegahan masjid Agung Istiqamah Tapak Tuan dapat dilihat dari bangunannya yang memiliki desain Arabia serta perpaduan dengan tradisi setempat yang sangat kental. Ditambah dengan paduan warna yang begitu menarik, menjadikan masjid tersebut terlihat lebih megah dan menonjol. Masjid Agung Istiqamah Tapak Tuan memiliki warna dinding yang terang dengan paduan dari warna merah bata dan kuning terang.

masjid agung istiqomah

Selain dari struktur dan arsitektur bangunan yang menarik, lokasi dari masjid Agung Istiqamah Tapak Tuan pun lumayan dekat dengan bibir pantai. Hanya terpaut jarak sekitar lima puluh meter, kemegahan masjid tersebut sudah dapat terlihat tak hanya dari daratan saja tetapi juga terlihat dari arah laut. Dengan demikian, kemegahan dari masjid Agung Istiqamah Tapak Tuan semakin bertambah dengan adanya pemandangan bibir pantai yang sangat alami.

Proses pembangunan masjid Agung Istiqamah Tapak Tuan dimulai pada tahun 1930. Hal tersebut bersasarkan data yang telah didapatkan dari Departemen Agama. Bangunan masjid yang berdiri megah dan kokoh tersebut berada di sebuah tanah wakaf. Dari pertama kali pembangunan hingga selesai lalu diresmikan, masjid Agung Istiqamah Tapak Tuan ternyata telah mengalami renovasi juga. Hingga telah beberapa kali terjadi perbaikan maka hasilnya adalah bangunan masjid yang megah dan indah seperti ini.

Jika dilihat, bangunan masjid Agung Istiqamah berdenah segi empat serta terdapat satu kubah yang ukurannya cukup besar di atap masjid. Disana juga terdapat menara yang berjumlah empat di setiap masing-masing penjuru atap masjid. Tak hanya itu saja, terdapat juga satu menara yang ukurannya tinggi mencapai 30 meter berada di pekarangan depan masjid tetapi terpisah dengan bangunan utama masjid Agung Istiqamah Tapak Tuan.

interior masjid agung istiqamah

Tak hanya bangunannya yang sangat megah, masjid Agung Istiqamah Tapak Tuan juga memiliki taman yang cukup luas. Disana dapat ditemukan pohon kurma yang jumlahnya ada 8 dan ketika berbuah buah tersebut sangat manis tanpa adanya biji. Tak heran ke 8 pohon kurma tersebut sangat dirawat sebaik mungkin oleh pengurus masjid. Tak hanya pohon kurma saja, di taman tersebut dapat ditemukan pohon palem dan rumput hijau yang membuat masjid Agung Istiqamah Tapak Tuan semakin sejuk dan nyaman sehingga para jamaah yang akan melaksanakan ibadah di masjid tersebut merasa sangat semangat dan lebih khusyu’.

Selain difungsikan sebagai tempat beribadah umat muslim, masjid Agung Istiqamah Tapak Tuan juga digunakan sebagai sarana keagamaan juga acara-acara hari besar islam. Termasuk juga pelepasan serta penyambutan Jamah Haji Kabupaten Aceh Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *