Masjid Agung Moskow – Masjid Terbesar Kedua di Eropa.

Pada dasarnya Moskow adalah salah satu kota yang berada di Rusia yang merupakan salah satu negara adi daya. Moskow merupakan ibu kota Rusia dan hal yang menarik dari kota ini adalah memiliki sebuah masjid yang terkenal. Masjid yang berada di kota Moskow ini menjadikannya masjid terbesar kedua di benua Eropa. Masjid tersebut bernama Masjid “Katedral Moskow” atau juga dapat disebut Masjid Agung Moskow atau beberapa orang lain menyebutnya “Moskovskiy Soborniy Mecet”.

masjid agung moskow

Masjid ini dibangun atas dasar sejarah dan dibangun oleh seorang arsitek Nikolay Zhulkov. Selain itu, masjid ini dijuluki juga dengan ‘Masjid Tartar’ karena desainnya didominasi oleh arsitektur Tatar. Masjid ini merupakan masjid yang tertua ke dua dari empat masjid yang saat ini berada di Moskow.

Masjid Agung Moskow telah mengalami renovasi pada tahun 2005 yang kini akhirnya menjadi masjid terbesar di Eropa. Tidak tanggung-tanggung, perenovasian ini dilakukan dalam waktu yang lama yaitu selama 10 tahun. Masjid ini juga diresmikan oleh Presiden Rusia sendiri yaitu Vladimir Putin pada tanggal 23 September 2015. Terdapat juga Presiden Turki Recep Tayyip Edrogan dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang menghadiri peresmian Masjid Agung di Moskow.  Masjid Agung juga dapat menampung jumlah jamaah sebanyak 10 ribu.  Tak heran banyak sekali umat islam yang sengaja melaksanakan ibadahnya di masjid ini.

Waktu didirikan masjid ini sebenarnya ketika menjelang umat muslim merayakan hari raya Idul Adha. Karena pada saat event hari raya islam tersebut, masjid ini akan dipenuhi oleh puluhan ribu jamaah dari seluruh penjuru negeri Rusia. Yang lebih menarik lagi berbagai orang hingga 500 pekerja terlibat dalam proses restorasi masjid. Diantaranya adalah tukang bangunan, arsitek dan beberapa seniman di Rusia, Turki dan juga yang berasal dari berbagai negara lainnya. Setelah melakukan perenovasian, masjid Agung Moskow ini diperluas hingga 20 kali lipat. Padahal sebelum di renovasi masjid ini hanya memiliki luas 980 meter persegi dan saat ini masjid tersebut menjadi 19 ribu meter persegi.

Bangunan megahnya dapat terlihat dari indahnya kubah masjid yang memiliki tinggi 46 meter dengan menara setinggi 72 meter. Ditambah dengan kubah berlapis emas dibagian tengah masjid yang dihiasi dengan bingkai ukiran ayat-ayat Al-Qur’an. Selain itu, kemegahan masjid ini dapat dilihat dari kelengkapannya 7 elevator, memiliki 6 lantai dan 15 pintu masuk yang terdapat di dalam gedung. Uniknya, terdapat juga akses untuk memasuki masjid ini bagi penyandang disabilitas.

Kemegahan lainnnya dilihat dari lapisan 12 kilogram kertas emas yang menghiasi kubah masjid ssehingga masjid tersebut terlihat lebih cantik. Tujuan dari warna emas ini adalah untuk mengingatkan orang-orang tentang Moskow yang artinya ketika orang-orang pertama kali mendengar kata ‘Moskow’, masjid yang dipenuhi dengan lapisan emas ini akan terfikirkan oleh mereka. Ditambah lagi kubah yang di berikan mahkota bulan sabit diatasnya dengan ketinggian 59 meter. Jika dijumlahkan ketinggian nya dari lantai dasar hingga keatas mahkota buulan sabit, maka ketinggiannya mencapai 42 meter.

interior masjid agung moskow

131 tiang pancang ditanam untuk memperkuat struktur bangunan masjid Agung ini agar semakin kuat dan kokoh hingga mendekati kereta bawah tanah. Selain itu ada juga lebih dari 320 lampu Kristal tergantung di dinding dan langit-langit yang menerangi masjid Agung Moskow. Dan kebanyakan bentuknya dibuat menyerupai bentuk kubah masjid. Masjid ini memiliki 2 menara yang masing-masing memiliki ketinggian mencapai 78 meter, salah satunya menyerupai menara Spasskaya Kremlin Moskow. Dan menara satunya lagi menyerupai menara Syuyumbik Kremlin Kazan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *