Masjid Al-Ghammar & Islamic Centre Muhammadiyah Karawang

Masjid Al-Ghammar & Islamic Centre Muhammadiyah Karawang terletak di Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Sesuai dengan namanya bahwa Masjid Al-Ghammar ini dimiliki oleh Muhammadiyah, lokasi tepatnya adalah di Jalan Akses Toll Karawang Barat

Masjid Al-Ghammar & Islamic Centre Muhammadiyah Karawang

Bangunan Masjid Al-Ghammar ini merupakan bagian dari Islamic Centre Muhammadiyah Karawang. Selain bangunan masjid, terdapat juga Aula Konvensi Ahmad Dahlan, Galery Islamic Book Store, Gedung Dakwah, dan Kantor Pimpinan Muhammadiyah Daerah Karawang, serta fasilitas untuk Manasik Haji dan Umroh.

Keseluruhan wilayah Masjid & Islamic Centre Karawang ini didirikan diatas lahan seluas kurang lebih 8.000 meter persegi. Lahan ini merupakan tanah wakaf dari H. Saridin. Berbagai bangunan megah berdiri di lahan tersebut yang menghabiskan dana hingga Rp. 100 Milyar. Dana tersebut berasal dari infak dan shodaqoh para jamaah Muhammadiyah, dan juga beberapa donatur hamba Allah.

Masjid Al-Ghammar ini dibangun oleh PDM (Pimpinan Daerah Muhammadiyah) di Karawang. Peletakan batu pertama sebagai simbol awal pembangunan dilakukan oleh Ketua Majelis Hikmah dan Kebijakan Publik Partai Politik Muhammadiyah, Nazamuddin Ramli. Pembangunan awal dilakukan pada tanggal 30 Juni 2013, selesai dan diresmikan penggunaannya oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir, 20 Desember 2016. Sebelum selesai 100%, bangunan Masjid Al-Ghammar sudah digunakan untuk sholat jum’at mulai tanggal 1 Januari 2016.

Dalam peresmian Masjid & Islamic Centre Muhammadiyah Karawang tersebut turut hadir Maman Kosman, Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah, dan Yayan Mulyana, Ketua Panitia Pembangunan proyek tersebut. Pada saat diresmikan, tujuan pembangunan Masjid & Islamic Centre Muhammadiyah Karawang ini adalah salah satu wujud tanggung jawab Organisasi Masyarakat (OrMas) Muhammadiyah, yang menjunjung tinggi gerakan moral untuk membangun bangsa yang berilmu dan beragama tinggi.

Selain itu, tujuan lain pembangunan Masjid & Islamic Centre Karawang ini adalah untuk memberikan fasilitas dan kontribusi terhadap pembangunan daerah, terutama untuk membuat masyarakat Karawang yang memiliki moral tinggi, berilmu dan berakhlak mulia.

Arsitektural Masjid Al-Ghammar Muhammadiyah Karawang

Desain Masjid Al-Ghammar ini didesain dengan sangat apik dan modern. Pintu utama bisa diakses dari sisi timur, sedangkan pada sisi utara dan selatan dari masjid ini dibuat sebuah pelataran yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan sekitar.

Bangunannya ditinggikan beberapa meter dari permukaan tanah, sehingga disediakan beberapa anak tangga untuk naik. Pada 3 bangunan gerbang dibangun 2 kubah kecil dengan masing-masing bendera muhammadiyah diatasnya. Jadi, ada total 6 kubah kecil setengah lingkaran di sekitar bangunan masjid tersebut. Sedangkan kubah utama berukuran besar di tempatkan diatas bangunan utamanya, dengan bendera yang sama.

Keseluruhan bangunannya dibangun dengan beton yang terlihat sangat kokoh. Pintu masuk utama dibuat dengan bentuk persegi panjang, dengan kaca yang melapisinya. Pekarangan yang dibuat sangat luas, sehingga tempat parkir yang disediakan sangat luas.

Masuk kedalam masjid, kita akan menemukan suasana yang sangat modern. Ruangannya sengaja dibuat sangat tertutup, dengan pendingin AC didalamnya, sehingga udara menjadi sangat sejuk sedangkan lahan yang digunakan begitu luas, dan Karawang sendiri notabene memiliki hawa yang lumayan panas.

Mihrab yang dibuat didalam masjid ini dibentuk dengan ruangan yang lumayan lebar, lalu sebuah mimbar dari kayu diletakkan disampingnya. Lantainya dilapisi dengan keramik yang sangat bersih, dilapisi dengan beberapa karpet sajadah dibagian shaff depan. Sedangkan jika datang waktu sholat jum’at, seluruh lantainya akan dilapisi dengan karpet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *