Masjid Al-Ihsan Kota Kayu Sumatera Selatan

Salah satu provinsi di bagian selatan pulau Sumatera yaitu Sumatera Selatan. Ibukota dari Sumatera Selatan adalah Palembang dan berbatasan dengan provinsi Jambi yang berada di sebelah utara, disebelah timur terdapat provinsi Kep. Bangka Belitung dan disebelah selatannya berbatasan lagsung dengan Lampung. Sedangkan dibagian barat berbatasan dengan provinsi Bengkulu. Selain itu, Sumatera Selatan juga terkenal akan memiliki sumber daya alamnya yang begitu melimpah yaitu minyak bumi, gas alam dan juga batu bara. Palembang yang menjadi ibukota dari Sumatera Selatan sejak dahulu terkenal akan sebuah pusat dari Kerajaan Sriwijaya. Tak hanya itu saja, di Sumatera Selatan memiliki banyak tempat wisata yang begitu menarik dan sering dikunjungi oleh beberapa wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Seperti wisata Sungai Musi, Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Danau Ranau dan tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik.

Masjid Al-Ihsan Kota Kayu Sumatera Selatan

Masyarakat Sumatera Selatan pun mayoritas beragama islam. Yaitu sebanyak 94.30% memeluk agama islam, disusul dengan agama Kristen Protestan 1.96% kemudian Budha 1.76%, lalu agama Katolik 1.11% dan agama Hindu 0.87%. Dari beberapa agama yag diyakini oleh masyarakat Sumatera Selatan, agama islam adalah yang paling banyak di pilih. Maka tak heran disana juga banyak bangunan tempat beribadah umat muslim yang mudah ditemui dimana saja. Dan meskipun semua agama ada di Sumatera Selatan, mereka memiliki toleransi tinggi dalam menghormati perbedaan keyakinan tersebut.

Salah satu bangunan masjid yang menjadi perhatian bagi para warga adalah masjid Al-Ihsan. Lokasinya berada di Jalan Beringin III, Sukadana, Kota Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Jika dilihat dari segi bangunanannya, luas dari masjid Al-Ihsan termasuk dalam sebuah bangunan masjid yang besar namun tetap mempertahankan dalam arsitektur Indonesia. Tetapi masjid Al-Ihsan bukanlah sebagai masjid Jami yang berada di Kota Kayu Agung. Statusnya hanya sebagai masjid lain pada umumnya yang biasa difungsikan untuk melaksanakan ibadah shalat umat muslim.

Lokasi dari masjid Al-Ihsan pun berada dalam satu komplek perumahan KPS BTN dan Lestari Permai. Tempat tersebut termasuk strategis. Bentuk dari masjid tersebut sangat khas dengan gaya asli Indonesia yang seperti halnya berbagai bangunan masjid di Sumatera Selatan. Terbukti dengan bagian atap masjid Al-Ihsan yang memiliki desain seperti atap limas bersusun. Kemudian dari denah bangunannya juga adalah segi empat ditambah dengan ke empat soko guru yang berfungsi sebagai penopang struktur atap masjid tersebut.

interior Masjid Al-Ihsan Kota Kayu Sumatera Selatan

Jika dilihat dari bagian luar, bangunan masjid Al-Ihsan terkesan sederhana dengan dinding catnya yang berwarna biru. Disekeliling masjid tersebut pun dipasangi oeh pagar pendek karena berada di pinggir jalan. Halaman dari masjid Al-Ihsan pun terkesan begitu sederhana dan tidak begitu luas. Para jamaah yang biasanya melaksanakan ibadah disana merupakan para warga setempat. Jadi mereka jarang membawa kendaraan pribadi ketika akan melaksanakan ibadah shalat di masjid Al-Ihsan.

Sebelum memasuki bagin dalam masjid, maka pintunya harus ditutup kembali secara rapat. Hal tersebut dikarenakan bagian dalam ruangan masjid tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas AC. Sehingga para jamaah yang melaksanakan ibadah disana semakin merasakan khusyu’ dan sejuk. Pada bagian mihrabnya dbangun menjorok keluar bangunan serta terdapat ukiran khas Palembang yang menghias bagian muka mihrab tersebut dengan bentuk gapura dibalut warna emas. Lantai masjid pun sudah dikeramik warna putih serta dilengkapi oleh tempat untuk berwudhu dan juga toilet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *