Masjid Al Irsyad Bandung Dengan Desain Minimalis

Bangunan masjid memang memiliki kesan dan titik menariknya sendiri-sendiri. tidak semua masjid pun dibangun  sebagaimana bentuk masjid pada umumnya. Karena itulah tidak sedikit masjid yang di juga sering di kunjungi sebagai objek wisata selain fungsinya untuk beribadah. Salah satunya seperti salah satu masjid di Bandung ini.

Masjid Al Irsyad Bandung Dengan Desain Minimalis

Masjid dengan nama Al Irsyad ini memiliki banyak hal unik dengan desain utama sebagai masjid minimalis. Hasil dari pembangunan masjid ini pun berhasil menarik perhatian banyak orang. hal tersebut membuktikan bahwa pembangunannya cukup berhasil dan sukses. Bagaimana tidak, kalau yang membangun masjid ini adalah arsitektur ternama sebagai orang nomer satu di Bandung yakni Ridwan Kamil.

Lalu, sebenarnya apa sih keunggulan dan keunikan yang di miliki masjid ini? pasti Anda penasaran bukan akan hal tersebut. Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa simak beberapa informasinya dalam ulasan di bawah ini.

Masjid Minimalis Berbentuk Kubus Di Bandung

Yang membuat masjid in terkesan begitu unik adalah bentuknya yang lain dari masjid pada umumnya. Tentu saja demikian karena masjid ini berbentuk kubus. Tentu saja karena di sebut kubus, masjid tersebut tidak memiliki kubah. Inilah yang membuatnya memiliki daya tarik tersendiri.

Sedangkan dari bentuk ini, masjid Al Irsyad di Bandung memiliki 3 buah pintu yakni masing-masing berada di sebelah utara, selatan dan timur. Dengan ukurannya yang cukup luas, 3 pintu ini di buat berbentuk sama untuk memudahkan akses keluar masuk para jama’ah. Nah, meski memiliki ukuran yang cukup luas, tentu saja bentuk kubus yang ada membuatnya tetap terlihat sebagai bangunan minimalis di Bandung.

Arsitektur Masjid Al Irsyad Bandung

Arsitektur Masjid Al Irsyad Bandung

Yang tidak kalah menarik dan indah dari bentuknya, di bangunan masjid ini ada susunan batu bata yang sangat bagus dengan lubang di antara bata solid. tidak hanya menghadirkan kesan indah, akan tetapi jika di lihat dari luar ternyata susunan lubang batu-bata tersebut bisa di baca dari kejauhan dengan bunyi 2 kalimat syahadat. Selain itu, untuk desain di arah kiblatnya di buat terbuka sehingga pada waktu senja akan dimasuki semburat matahari.

Selanjutnya, untuk bagian dalam masjid, ada 99 buah lampu yang di pasang sebagai simbol dari asma’ul husna yang berjumlah 99. Yang membedakannya dengan masjid lain pula adalah interiornya yang tidak memiliki tiang penyangga sebagaimana masjid pada umumnya. Hal ini membuat masjid Al- Irsyad terasa semakin luas. Jadi di lihat dari luar maupun dalam  pun masjid ini memang sangat menarik.

Penghargaan Dari BCI Asia Untuk Masjid Al Irsyad

Sekalipun hanya sebuah masjid, tidak di sangka ternyata bangunan ini mendapatkan penghargaan juga yakni penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2011 oleh BCI Asia. Masjid ini mendapatkan penghargaan sebagai bangunan yang ramah lingkungan. Bahkan ternyata sebelum itu, masjid yang unik dan menarik ini juga masuk dalam daftar salah satu dari 5 bangunan besar tahun 2010 oleh National Frame Building Association.

Demikianlah ulasan mengenai masjid Al-Irsyad Bandung yang memiliki desain minimalis sehingga mengundang banyak perhatian. Masjid ini pun telah banyak di kunjungi, tidak hanya masyarakat Bandung akan tetapi juga seluruh penduduk nusantara yang penasaran dengannya. Bahkan banyak juga wisatawan dari negeri tetangga yang berdatangan. Sedangkan untuk kapasitas, masjid ini mampu menampung hingga kurang lebih 1500 jama’ah di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *