Masjid Al-Noor, Tromso Norwegia

Mayoritas penduduk bumi saat ini adalah beragama islam. Di belahan bumi manapun, umat muslim pasti ada tersebar. Bahkan hingga di kutub utara, mereka masih memiliki keyakinan yang kuat terhadap ajaran islam. Seperti diketahui, kutub utara memiliki cuaca yang begitu digin serta selalu turun salju. Maka kutub utara adalah suatu tempat yang begitu dingin. Dan Norwegia adalah salah satu negara yan berada di Samudera Atlantik Utara dan laut Barents. Sebuah lokasi yang begitu terkenal akan cuacanya sangat dingin. Selain terkenal akan saljunya yang selalu turun setiap saat, Norwegia jugaa terkenal akan lokasi dari fyord. Norwegia sendiri termasuk negara dengan kepadatan penduduk terendah yang berada di Eropa. Bahkan jika di urutkan, Norwegia merupakan nomor kedua. Norwegia memiliki jumlah penduduknya sebanyak 4.9 juta dengan luas total dari negaranya yaitu 385.525 kilometer persegi.

Masjid Al-Noor, Tromso Norwegia

Meskipun berada di kutub utara, namun Nnorwegia memiliki cadangan minyak bumi, gas alamm, mineral yang begitu luas. Bahkan Norwegia merupakan sebuah negara penghasil minyak bumi dan gas alam per kapita yangg terbesar di wilayah luar Timur Tengah. di wilayah Norwegia sangat banyak gunung tetapi sebagian bearnya tertutup oleh glester. Selain itu, negara tersebut juga memiliki tepi pantai sepanjang lebih dari 83.000 kilometer yang dbatasi langsung oleh fyrod. Pada bagian utara Norwegia terkenal akan Tanah Matahari Tengah Malam karena pada setiap musim panas, cahaya matahari tidak dapat menembus ke wilayah tersebut. Sedangkan ketika musim dingin, tidak pernah ada matahari yang muncul.

Meskipun berada di wilayah tersebut, penduduk Norwegia juga ada yang memeluk agama islam. Ditambah juga ada bangunan masjid bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah disana serta kegiatan keislaman lainnya. Bahkan menurut surat kabar yang berada di Norwegia menyebutkan bahwa jumlah etnis Norwegia yang masuk memeluk agama islam meningkat dari sekitar 500 orang menjadi 3000 hingga sekarang. Peningkatan jumlah muslim disana dimulai sejak tahun 1900 an. Saat ini jumlah muslim Norwegia diperkirakan telah mencapai 150 ribu dari 4.5 juta penduduknya. Dan sebagian dari muslim disana adalah berasal dari Somalia, Pakistan, Maroko dan Irak.

interior Masjid Al-Noor, Tromso Norwegia

Keberadaaan umat muslim disana juga tak lepas dengan sebuah masjid di Norwegia. Salah satu masjid tersebut berada di kota Tromso. Tromso sendiri merupakan sebuah kota yang terkenal akan Paris of the North. Tromso berada di sebelah utara Norwegia yang dikelilingo oleh pemadangan laut yang begitu luar biasa. Ditambah dengan beberapa gugusan pegunungan yang begitu indah dan memukau. Dn di kota tersebut juga memiliki fenomena alam yang disebut dengan ‘midnight sun’, yaitu matahari yang masihh terbit pada saat tengah malam di musim panas. Bahkan ketika musim dingin pun terkenal akan fenomena alam yang disebut dengan pancaran cahaya hijau dan merah di langit yang begitu mempesona. Fenomena alam yang indah tersebut dikenal dengan nama aurora borealis. Banyak sekali para wisatawan hingga mancanegara pun sengaja mengunjungi Tromso untuk menyaksikan keindahan alam yang begitu luar biasa.

Masjid di Tromso tersebut bernama masjid Al-Noor. Dengan bentuk bangunan yang begitu sederhana namun memiliki desain yang minimalis bahkan terkesan bukan seperti bangunan sebuah masjid. Dinding luar masjid pun berwarna gelap ke abu-abuan dengan pintu masuk masjid seperti pintu rumah pada umumnya. Meskipun demikian masjid tersebut selalu dipenuhi oleh para jamaah untuk melaksakan ibadah shalat disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *