Masjid Al-Ulya Ponpes Sumber Barokah

Masjid Al-Ulya Pondok Pesantren (PonPes) Sumber Barokah terletak di Jln. Raya Telukjambe Timur No. 05, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Masjid Al-Ulya ini merupakan masjid yang terletak di komplek Pondok Pesantren yang bernama Sumber Barokah. PonPes tersebut didirikan pada tahun 1971 atas usaha dari beberapa ulama sekitar yaitu KH. Matrohim, H. Sulaiman, KH. Moch. Mukri, H. Dawud Abusamah, dan H. Fatah. PonPes ini dibangun dengan latar belakang untuk memfasilitasi cepatnya pekembangan peradaban manusia yang semakin maju, namun harus tetap dibarengi dengan pemikiran dan dasar moral islam yang kuat. Jika hanya ilmu saja yang dipelajari, tanpa ada iman yang mendasari tentu saja akan lahir berbagai individu yang sombong.

Masjid Al-Ulya Ponpes Sumber Barokah

Masjid Al-Ulya ini menjadi salah satu fasilitas utama yang berada di komplek pondok pesantren Sumber Barokah. Selain menjadi sebuah pusat pencarian ilmu bagi para remaja, PonPes juga memfasilitasi kajian rutin yang diadakan di masjid ini.  Setiap harinya selalu ada banyak santri dan santriwati yang memenuhi komplek ini, bahkan ada yang menyendiri di pojokan masjid untuk menghafal pelajaran.

Masjid Al-Ulya dibangun dengan desain cukup besar, dan berlantai dua. Sesuai dengan fungsinya sebagai masjid untuk pondok pesantren, tentu saja masjid ini harus dapat menampung keseluruhan santri dan santriwati ditambah dengan masyarakat sekitar.

Aktifitas harian seperti sholat fardhu dilakukan pada lantai dasar. Meskipun digunakna setiap hari, kebersihan lantai dasar tersebut sangat terjaga, begitu juga lantai dua yang dijadikan sebagai tempat kajian, ataupun sebagai area tambahan sholat. Tangga akses untuk lantai 2 diletakkan di dalam bangunan masjid, terletak disamping pintu tengah masjid pada sisi selatna, dan utaranya.

Meskipun ada 1 lantai lagi, yaitu lantai ke-3, namun lantai tersebut selalu terkunci, dan yang diizinkan masuk hanya pengurus masjid saja. Menurut pengurus masjid, ruangan lantai 3 tersebut digunakan sebagai ruang utility, dimana berbagai peralatan seperti sound sistem disimpan di tempat tersebut.

arsitektur Masjid Al-Ulya Ponpes Sumber Barokah

Uniknya, jika masuk ke dalam masjid, kita akan mendapati banyak sekali tiang yang sengaja didirikan sebagai penyangga lantai 2 dan 3. Tiang-tiang tersebut terbuat dari pilar beton dengan lapisan keramik putih, seirama dengan keramik lantai dan cat plafonnya. Dihampir semua tiang beton tersebut, dipasang Rak kecil yang terbuat dari stainless stell (besi anti karat), melingkar di tiang dengan fungsi sebagai rak Kitab Suci Al-Qur’an. Hanya pada bagian mihrabnya saja yang sedikit berbeda, yaitu memiliki latar belakang hitam dan lis yang berwarna kuning ke emasan.

Sebuah mimbar kayu dengan beberapa ukiran ditempatkan tepat di sisi kanan ruang mihrab, semantara di sisi kirinya ditempatkan sebuah jam kayu berukuran lumayan besar. Tempat untuk imam sendiri terletak di bagian tengah-tengah antara keduanya. Mihrab tersebut lumayan unik, yaitu dilengkapi dengan pintu akses keluar dari masjid menuju langsung ke area tempat wudhu dan kamar mandi.

Pondok Pesantren Sumber Barokah memiliki fasilitas yang sangat lengkap, dan kesemuanya dikelola sendiri oleh Yayasan Pondok Pesantren Sumber Barokah. Berbagai gedung seperti gedung KBM, asrama untuk santri / santriwati, asrama khusus guru, kantin, pos kesehatan, kantor pengurus, perpustakaan, koperasi, lapangan olahraga (futsal, sepakbola, basket dan silat), dan berbagai fasilitas lainnya yang semuanya ditujukan untuk kemashlahatan Pondok Pesantren.

Pondok Pesantren Sumber Barokah ini juga mengelola berbagai lembaga pendidikan secara bersama-sama, mulai dari Raudhatul Athfal (taman kanak-kanak) hingga ke jenjang SMK. Berbagai pelajaran agama seperti kajian kitab kuning juga diajarkan kepada para santri dan santriwati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *