Masjid Arrayan Villa Kencana Cikarang – Karang Bahagia

Masjid Arrayan terletak di Perumahan Villa Kencana Cikarang, Kelurahan Karang Sentosa, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Bangunan masjid ini memang sengaja dibangun didalam kawasan komplek Villa Kencana Cikarang agar bisa digunakan oleh penduduk sekitar Villa tersebut, karena di sebelah selatan masjid ada sebuah kawasan penduduk yang lumayan ramai, tapi belum memiliki masjid.

Masjid Arrayan Villa Kencana Cikarang

Keramaian dapat dilihat pada sisi masjid ini setiap harinya, terutama pada sore hari dengan banyaknya para pedagang keliling yang sengaja berkumpul untuk menjajakan dagangan mereka. Beberapa pedagang ada yang menjajakan makanan / minuman, ada juga yang menjajakan mainan anak-anak dan lain sebagainya. Karena memang terletak di komplek Villa yang cukup besar dan terkenal, jangan heran jika kita bisa menemukan orang naik kuda yang berlalu-lalang di sekitar komplek, karena memang Villa Arrayan juga menyediakan sebuah fasilitas persewaan kuda untuk berkeliling ke areal Villa.

Sejarah Pembangunan Masjid Arrayan Villa Kencana Cikarang

Jika dilihat dari Foto bangunannya saja, kita sudah langsung bisa melihat bahwa Masjid yang didesain dengan modern ini adalah sebuah bangunan Masjid Baru, artinya baru-baru ini dibuat, bukan seperti beberapa masjid tua lain di Indonesia.

Masjid Arrayan dibangun pada sekitar tahun 2015 oleh pemilih Villa Kencana Cikarang yang memang ingin membangun suatu tempat peribadatan untuk umat muslim sekitar. Kemudian bangunan selesai dan diresmikan pada tanggal 03 Mei 2017 oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo.

Arsitektural Bangunan Masjid Arrayan Villa Kencana Cikarang

Arsitektural Bangunan Masjid Arrayan Villa Kencana Cikarang

Masjid Arrayan memang dibangun dengan kesan yang sangat modern, karena memang dibangun dengan sangat apik dengan paduan warna Putih dan Hijau yang mendominasinya. Masjid Arrayan memiliki 3 kubah utama, yang diletakkan diatas 3 pintu masuk utama masjid ini, dihiasi dengan mozaik-mozaik keramik dengan warna kuning dan hijau toska. Kemudian pada bagian atas juga dipasang beberapa lampu Sokle (Lampu Sorot) untuk menunjukkan keindahan masjid pada saat malam hari.

Bangunannya dibuat dengan efek miring (meskipun tidak miring secara nyata, namun bagian luar yang berbentuk pipih memberikan efek miring pada tembok luarnya. Bentuk inilah yang semakin menambah keindahan masjid dari bagian luarnya.

Rencananya disekitar masjid ini nantinya akan dibangun sebuah kompleks perumahan elit untuk bisnis, jadi kedepannya keramaian masjid ini akan semakin bertambah, disamping jamaah yang berasal dari kampung sekitar, nantinya juga akan bertambah dari penduduk yang mendiami perumahan tersebut.

3 pintu masjidnya dihiasi dengan ukiran di atas kaca (sandblasting) yang sangat indah bertuliskan “Allah”, “Muhammad” dan beberapa kaligrafi lainnya. Pada bagian-bagian jendelanya juga dihiasi dengan hiasan yang sama.

Jika kita masuk pada bagian dalam masjid, kita akan merasakan suasana yang lebih modern, dengan beberapa pendingin dan pengeras suara yang ditempatkan di berbagai sudut masjid. Pada bagian depan atas sebelah kanan, terdapat 1 jam digital yang juga diset untuk memberitahukan berbagai pengumuman.

Pada bagian Mihrab dibuat masuk kedalam sebuah ruangan dan tidak menjorok ke luar bangunan, mimbar pun ditarud didalam mihrab sebelah kanan. Sedangkan dibagian kiri kanan mihrab ita dapat menemukan 4 ruangan serbaguna yang dipakai untuk penempatan sound system dan beberapa fasilitas lainnya.

Keunikan paling utama dari masjid ini adalah dari mozaik ukiran kaca yang dipasang dihampir semua kacanya. Beberapa berbentuk mozaik, kaligrafi, maupun beberapa bentuk hiasan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *