Masjid At-Ta’awuun – Cisarua, Bogor

Masjid At-Ta’awuun adalah sebuah bangunan masjid yang berdiri secara kokoh, indah, dan megah di Cisarua, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Pembangunan masjid ini dilakukan pertama kali pada tahun 1997, dan baru selesai pada tahun 1999. Memang kemegahan Masjid At-Ta’awuun sedikit kalah dari kemegahan bangunan masjid lainnya yang ada di pusat kota. Namun, keunikan yang diberikan membuat mata takjub, mulai dari kombinasi bangunan yang sederhana dengan atap kubah bertumpuk, penataan kolam dan taman yang indah, serta lokasi yang memiliki udara yang super sejuk membuat masjid ini semakin spesial. Tentu saja para jamaah akan nyaman karena tidak ada polusi udara, dan juga hawa dingin membuat betah di dalam ruangan.

Masjid At-Ta’awuun – Cisarua, Bogor

Jika kita mengunjungi situs Simas Kementerian Agama (Kemenag), dan mencari Masjid At-Ta’awun, kita akan mendapatkan data sebagai berikut : Alamatnya berada di Jln. Raya Puncak Km 91, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.  Bangunan Masjidnya memiliki luas 300 meter persegi, dengan daya tampung sekitar 700 – 1.000 jamaah sekaligus. Bangunan yang cukup luas tersebut berdiri diatas lahan sekitar 10.000 meter persegi, sehingga nanti sangat mungkin jika perluasan ingin dilakukan.

Fasilitas dan Kegiatan Masjid At-Ta’awun

Masih dari data Simas Kemenag, Masjid At-Ta’awun juga dibangun dengna full fasilitas, dan bukan hanya menyediakan tempat ibadah saja.  Areal taman yang indah, areal parkir, ruang gudang, tempat penitipan barang, Ruang Belajar (Madrasah/ TPA), Beberapa Toko, Gedung Serba Guna, Koperasi, Perpustakaan, Kantor Seekretariatan, Tempat Wudhu dan Toilet dan masih banyak lagi. Yang pasti, seluruh fasilitas yang dimiliki oleh masjid-masjid modern juga dimiliki oleh Masjid At-Ta’awuun.

Sedangkan kegiatan yang sering diadakan masjid ini adalah penerimaan dan penyaluran Zakat, Infaq dan Sodaqoh. Kemudian menyelenggarakan kegiatan belajar (Madrasah / TPA) dan bahkan beberapa kegiatan pendidikan agama untuk masyarakat sekitar.  Kemudian beberapa pengajian juga sering diadakan di masjid ini, mulai dari pengajian rutin sampai pada Tabligh Akbar. Sholat hari raya idul fitri dan idul adha juga turut mengambil tempat di Masjid At-Ta’awuun karena memang bangunan masjid ini dibangun cukup besar untuk dapat menampung keseluruhan masyarakat Cisarua.

Sekilas Sejarah Masjid At-Ta’awuun

interior Masjid At-Ta’awuun – Cisarua, Bogor

Awalnya masjid ini dibangun sebagai sarana ibadah bagi para pekerja di Perkebunan Teh, PT. Gunung Mas, anak perusahaan dari PTPN Nusantara VIII. Kemudian dibangunlah bangunan masjid yang awalnya sangat sederhana dengan ukuran yang relatif kecil, terletak di Jln. Raya Puncak, atau sekitar 88 KM dari Ibukota Jakarta.

Masjid ini juga merupakan salah satu peninggalan penjajahan Belanda, namun tetap dipertahankan sampai saat ini. Pengelolaan dan Kepengurusannya dilakukan oleh masyarakat sekitar secara swadaya, tanpa mengandalkan bantuan dari pemerintah.

Sekitar tahun 1990-an, Bangunan Masjid At-Ta’awun yang masih mungil tersebut ternyata semakin banyak di kunjungi oleh para jamaah baik dari masyarakat sekitar, maupun para wisatawan yang menuju kebun teh. Apalagi, jalan puncak ini merupakan salah satu jalan poros untuk transportasi Jakarta, Bogor, Cianjur, dan Bandung.

Pada saat itu, jamaah terutama pada sholat jum’at selalu berdesak-desakan karena kapasitas yang sudah tidak tertampung lagi. Gubernur Jawa Barat, H.R. Nuriana yang juga dikenal sebagai sosok yang dermawan dan selalu memperhatikan masyarakatnya, akhirnya tergerak hatinya untuk melakukan dan membiayai renovasi masjid ini agar menjadi lebih luas, layak, dan representatif.

Gagasan tersebut kemudian diwujudkan dengan proses renovasi masjid yang dapat kita lihat sampai saat ini. Gubernur Riana memang sangat tertarik dengan posisi masjid ini yang begitu setrategis, apalagi keindahan alam sekitar puncak menjadi daya tarik sendiri. Sehingga, para pengunjung dapat menikmati wisata religi plus wisata alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *