Masjid At-Taqwa – Kampung Kukun, Ciantra

Masjid At-Taqwa terletak di Jln. Kukun No. 9, Desa Ciantra, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Masjid At-Taqwa ini memang belum lama berdiri di Kampung Kukun, baru sekitar 2 tahun lalu. Sebelumnya, ditempat berdiri Masjid At-Taqwa saat ini, sudah berdiri sebuah bangunan masjid yang sangat sederhana, dengan desain khas Nusantara yang memiliki ciri khas Atap Limas.

Masjid At-Taqwa – Kampung Kukun, Ciantra

Bangunan Masjid At-Taqwa ini kemudian mulai dibangun, dimulai dengan merobohkan bangunan masjid sebelumnya pada sekitar awal tahun 2015. Kemudian barulah pada tanggal 19 Desember 2015, penggunaan masjid ini diresmikan oleh Bupati Bekasi, Ibu H. Neneng Hasanah Yasin.

Sebelumnya, masjid ini berukurang sangat kecil dan sederhana, dengan atap limas tumpang dua, dengan kubah kecil dibagian atapnya beserta satu ornamen bulan sabit. Masjidnya memang dibangun sederhana dan sudah terkesan berumur sangat tua.

Pada awalnya sebelum dilakukan pembangunan ulang, luas lahan parkir yang disediakan begitu luas, bahkan hingga 3 kali lipat luas dari bangunan masjid itu sendiri. Kemudian pada bagian selatan masjid, terdapat sebuah lembaga pendidikan taman kanak-kanak, sehingga setiap harinya masjid ini selalu ramai.

Pada saat bangunan Masjid At-Taqwa dibangun ulang, bangunan madrasah yang ada dikomplek tersebut kemudian di tinggikan menjadi dua lantai. Hanya bangunan kamar mandi dan tempat wudhu yang berada di samping masjid yang tetap tidak mengalami renovasi.

Arsitektural Bangunan Baru Masjid At-Taqwa

interior Masjid At-Taqwa – Kampung Kukun, Ciantra

 

Meskipun perluasan tidak dilakukan didalam pembangunan ulang masjid ini, namun bangunan barunya dibuat dengan cukup detail dan teliti sehingga menghasilkan seni bangunan yang sangat apik dan megah, meskipun dengan ukuran yang sangat minimalis. Empat menara di tiap sudut masjid, menyatu dengan bangunan utama juga turut dibangun di masjid ini. Kemudian satu kubah berukuran besar ikut dibangun di bagian tengah-tengah ruangan utama.

Hampir keseluruhan bagian luarnya didominasi oleh warna hijau, dengan corak geometris yang unik, berupa rongga-rongga bangunan yang menyerupai sebuah bunga. Ornamen seperti itu juga diaplikasikan pada 4 soko guru yang berada di dalam ruangan utama masjid ini. Sedangkan pada bagian dinding dan plafon ruangan dibalut dengan warna putih, sehingga kontras dengan warna soko guru yang ada, namun tetap menghasilkan perpaduan corak yang sangat indah. Ornamen geometris berupa lobang-lubang menyerupai sebuah bunga, yang diaplikasikan pada soko guru dan juga pada bagian menara masjid ini terlihat sangat sulit untuk didesain.

Kemudian di samping pintu masuk, kita dapat melihat struktur organisasi dari keseluruhan pengurus Masjid At-Taqwa. Uniknya lagi, memasuki ruangan utama untuk sholat, kita akan menemukan suasana yang sangat sejuk adem meskipun ruangannya sangat kecil. Hal ini disebabkan oleh perangkat penyejuk udara (AC) yang dipasang di beberapa sudut ruangannya, sangat modern bukan?.

Kemudian satu lampu gantung berukuran lumayan besar juga turut dipasang di bagian tengah-tengah kubahnya, dengan rantai yang menjuntai dari atas kubah masjid. Lampu gantung tersebut ternyata juga di implementasikan pada ruang mihrab, namun dengan ukuran lampu yang lebih kecil.

Pada bagian lantainya dilapisi dengan keramik berwarna putih bersih, kemudian pada 3 shaff bagian paling depan dilapisi dengan karpet sajadah berwarna hijau dengan corak ka’bah.

Jika dilihat secara keseluruhan, mulai dari penataan eksterior dan interior bangunannya, terlihat arsitektural yang sangat rapi dan unik. Apalagi, modernitas yang diberikan sangat kental, meskipun diimplementasikan pada masjid yang minimalis. Apalagi, belum tentu masjid-masjid besar didaerah tersebut yang memiliki fasilitas lengkap seperti Masjid At-Taqwa Kampung Kukun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *