Masjid Baitul Hamd – Mississauga

“Baitul Hamd Mosque” atau “Masjid Baitul Hamd” atau “House of The Praise” merupakan sebuah masjid yang berdiri di Mississauga, Ontario, di sebelah barat kota Toronto, yang di kelola oleh Komunitas Muslim Ahmadiyah (AMJ / Ahmdiyah Muslim Jama’ah) di Kanada.

Masjid Baitul Hamd – Mississauga

Bangunan tersebut di beli pada tahun 1999 oleh Trinity Club House, kemudian dialihfungsikan sebagai bangunan masjid. Sehingga, jika dilihat dari luar, bangunan Masjid Baitul Hamd justru terlihat seperti bangunan gedung perkantoran.  Sebagaian besar bangunan luar masih dibiarkan asli, sedangkan bagian dalamnya di transformasikan menjadi tempat ibadah.

Meskipun hanya berbentuk seperti sebuah gedung perkantoran, namun penempatan ruang sholat untuk sholat jamaah wanita dan pria tetap dipisahkan. Selain mengambil fungsi sebagai tempat ibadah, ternyata bangunan Masjid Baitul Hamd ini juga memiliki fungsi lain seperti Perpustakaan Islam, Klinik Homeopathic, Kafetaria yang cukup besar, serta dapur komersial.

Selain itu, juga dibangun pula beberapa ruang kantor, dan juga lapangan basket yang cukup luas, serta lapangan voli. Sehingga, bisa dibilang komplek Masjid Baitul Hamd ini menjadi salah satu masjid di Kanada yang memiliki fitur terlengkap.

Gedung Masjid Baitul Hamd ini juga pernah difungsikan sebagai Jamia Ahmadiyah (Sekolah Pelatihan Misionaris) untuk Amerika Utara dari tahun 2003 hingga 2010. Selain itu, Masjid Baitul Hamd ini juga melayani segala kebutuhan masyarakat Mississauga karena terdapat komplek pertokoan di sekitar gedung tersebut.

Sekilas Tentang Mississauga

arsitektur Masjid Baitul Hamd – Mississauga

Mississauga merupakan sebuah kota di Provinsi Ontario, Kanada. Terletak di Ontario Selatan, tepatnya di tepi Danau Ontario di Kotamadya Daerah Peel yang merupakan bagian dari Greater Toronto Area, di sebelah barat Toronto.

Kota ini memiliki populasi sekitar 721.599 pada Sensus Penduduk Kanada 2016. Namun umat muslim yang tinggal di daerah Mississauga memang minoritas saja, namun kerukunan umat beragama disana tetap terjalin dengan sangat baik.

Ahmadiyyah Di Kanada

Komunitas Muslim Ahmadiyah di Kanada memiliki sejarah yang luamyan panjang. Seorang Ahmadiyah yang pertama kali mengunjungi negara tersebut adalah Tuan Karam Din, yang tiba di Kanada pada tahun 1923 untuk bekerja. Kemudian, Ahmadiyah mulai berdatangan dari berbagai belahan dunia, terutama dari Pakistan. Pada saat itu, Pemerintah Pakistan mengeluarkan perintah larangan keras terhadap aliran Ahmadiyyah, karena dianggap sangat melenceng dari tatanan ajaran Islam yang sah. Mereka di tuding lebih mengistimewakan pendiri Ahmadiyyah, daripada Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut dianggap keliru oleh Pemerintah Pakistan dan secara tidak langsung Otoritas pemerintah “mengusir” mereka dari Pakistan.

Lalu, pada tahun 1996, Komunitas Ahmadiyah pertama di Kanada mulai terbentuk dan diakui secara resmi oleh pemerintah Ontario yang dikenal sebagai “Ahmadiyya Movement In Islam”. Kemudian, misionaris pertama yang ditugaskan ke Kanada adalah Maulana Syed Mansoor Bashir Sahib.

Pada Awalnya, anggota Ahmadiyah berkumpul di beberapa tempat terpisah dengan menyewa beberapa gedung seperti gedung sekolah untuk ruang komunitas mereka.  Barulah pada tahun 1985 komunitas tersebut dapat membeli sebidang tanah seluas 25 hektar, dengan sebuah rumah besar yang berdiri di pinggiran utara Toronto.

Rumah tersebut lah yang kemudian menjadi pusat misi dan kegiatan untuk Komunitas Ahmadiyah Kanada yang digunakan sebagai kebutuhan administrasi serta perjalanan untuk membangun beberapa masjid resmi untuk kebutuhan tempat ibadah mereka.

Akhirnya, setelah perjuangan yang tidak kenal lelah dari generasi ke generasi, beberapa masjid khusus yang dibangun oleh Ahmadiyyah berhasil dibangun termasuk Masjid Baitul Hamd Mosque.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *