Masjid Besar Al-Hasyar Kalijati

Masjid Al-Hasyar merupakan masjid yang berada di Alun-Alun Kecamatan Kalijati, Subang, Jawa Barat. Msjid ini didirikan di sisi barat Alun-Alun, berseberangan dengan Koramil 0503 Kalijati. Sementara itu, Kantor Kecamatan Kalijati berada di sebelah selatan Alun-Alun dan menghadap langsung ke jalan raja.

Masjid Besar Al-Hasyar Kalijati

Masjid ini bahkan pernah dikunjungi oleh Ir. Joko Widodo pada saat masa kampanyenya pada pemilihan predisen tahun 2014 lalu. Ditengah-tengah asara “blusukan” yang fenomenal, beliau sempat singgah ke Masjid ini untuk menunaikan sholat dzuhur.

Pembangunan Masjid Besar Al-Hasyar Kalijati

Jika kita mengunjungi situs Kementerian Agama RI, tercatat bahwa bagunan Masjid Besar Al-Hasyar berdiri diatas tanah wakaf, dan dibangun pada tahun 2000, sekaligus dijadikan sebagai Masjid Besar Kecamatan.

Sesuai dengan namanya “Masjid Besar Al-Hasyar” memang masjid ini merupakan masjid terbesar di Kecamatan Kalijati, dan dijadikan sebagai tempat pusat kegiatan agama Islam tingkat kecamatan, seperti acara takbiran di 2 hari raya, Idul Fitri dan Idul Adha.

Memang jika dinilai dari luasnya, Alun-Alun dan Masjid Kalijati ini tidak begitu luas seperti milik kecamatan lainnya. Namun tempat tersebut tetap dijadikan titik pusat berkumpulnya warga Kaijati, seperti pada saat acara-acara besar islam, seperti 2 Sholat hari raya, ataupun perayaan hari-hari besar lainnya.

Kalijati sendiri pernah tercatat dalam sejarah Indonesia, sebagai tempat perpindahan kekuasaan dari Belanda kepada pasukan Jepang pada tahun 1942.  Kalijati bahkan juga menjadi basis pangkalan TNI Angkatan Udara, di Landasan Udara Suryadarma yang juga dikenal sebagai Home Base Chopper, atau pusat bagi para penerbang Helikopter Indonesia. Bahkan tempat ini juga mendapatkan julukan “All Choper were Born in Here” / “Seluruh penerbang helikopter indonesia, terlahir dari tempat ini”.

Arsitektural Bangunan Masjid Besar Al-Hasyar Kalijati

Jika dilihat sekilas memang arsitektur bangunan ini seperti masjid-masjid modern pada umumnya, dengan bangunan cor dan beton. Namun, arsitektur dimiliki masjid ini lumayan unik, hampir mirip seperti hunian masyarakat setempat jika dilihat dai bagian depannya. Yaitu memiliki beberapa tiang penyangga seperti rumah-rumah mewah saat ini, dengna 2 jendela disamping pintu utama.

Namun jika kita menoleh keatas, kita akan di kagetkan dengan bangunan kubah yang menunjukkan bahwa bangunan ini adalah sebuah masjid. Masjid Besar Al-Hasyar Kalijati memiliki 1 kubah utama dengan ukuran besar di atas tengah-tengah ruang sholat utama. Sedangkan 4 kubah kecil lainyna ditempatkan di ke-empat penjurunya. Dominasi warna merah / orange dapat dilihat pada sekeliling tiang, dan juga pada kubah-kubah tersebut.

Kemudian, 1 menara yang sangat tinggi lebih dari 20 meter dibangun di samping kiri masjid. Desainnya lumayan unik, seperti sebuah domino yang dijejer rapih. Apalagi bentuknya persegi panjang, dengan bulatan bolong tepat ditengah dinding-dindingnya. Kemudian dibagian paling puncak dipuas seperti sebuah payung tertutup dengan sebuah gazebo di bagian bawahnya. Keseluruhan warna bangunan menara didominasi oleh warna merah dan putih, menyimbolkan lambang Republik Indonesia.

Aktifitas Masjid Besar Al-Hasyar Kalijati

Karena menjadi sebuah Masjid Besar untuk Kecamatan Kalijati, bangunan masjid ini tidak hanya difungsikan sebagai bangunan tempat sholat saja, namun juga difungsikan sebagai tempat pengajian, pembelajaran Al-Qur’an, dan lain sebagainya.

Pusat keramaian akan terjadi pada saat bulan Ramadhan datang, dimana acara buka bersama di masjid ini selalu dipenuhi oleh masyarakat sekitar, atau bahkan para pelancong yang sedang menunggu waktu berbuka puasa dan sholat maghrib.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *