Masjid Besar Almukarromah Cikarang

Cikarang adalah salah satu kota yang berada di Jawa Barat. Cikarang juga merupakan kota industri yang terkenal di Indonesia setelah Karawang dan Bekasi. Bahkan disebutkan bahwa wilayah ini merupakan kota dengan kawasan industri terluas yang berada di Asia Tenggara. Pada awalnya Cikarang terdiri dari wilayah Kecamatan Cibitung dan Lemah Abang. Lalu kemudian wilayah tersebutmenjadi ke beberapa bagian dengan menggunakan nama Cikarang sendiri.seperti kecamatan Cikarang Utara, Selatan, Barat, Timur dan  Cikarang Pusat Komplek pemerintahan Kabupaten Bekasi berada disana.

Masjid Besar Almukarromah Cikarang

Sebagai kota industri, tak heran penduduk di Cikarang sangat padat. Beragai hunian dan kontrakan banyak sekali berjejeran bagi para pekerja di masing-masing perusahaan. Selain itu, tak hanya warga dari Cikarang saja yang tinggal disana, tak jarang warga dari daerah lainnya sengaja datang ke Cikarang untuk berkerja disana. Bahkan ada pula para pekerja yang berasal dari daerah Jawa Timur. Meskipun banyak industri yang didirikan di Cikarang, disana juga terdapat banyak bangunan musholla dan masjid yang memang difungsikan sebagai tempat beribadah umat muslim serta berbagai kegiatan keagamaan lainnya. Selain itu Kabupaten Bekasi juga memang memiliki visi sebagai kabupaten yang islami. Salah satu bangunan  masjid yang menjadi perhatian di Cikarang adalah masjid Besar Almukarromah.

Lokasi masjid Besar Almukarromah berada di dekat dengan Pasar Baru Cikarang dan juga Mall Sentara Grosir Cikarang (SGC). Jika mengunjungi masjid Besar Almukarromah dari tempat itu, maka hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja karena memang lokasinya yang tak jauh. Selain itu, lokasi masjid Besar Almukarromah juga cukup strategis karena dekat dengan terminal baru Cikarang. Namun jika melalui terminal tersebut maka harus memutar balik arah kendaraan melewati pasar lama menuju arah ke Mall SGC dan kembali ke terminal tersebut. Karena bangunan masjid Besar Almukarromah berada di sisi kanan jalan.

Masjid Besar Almukarromah merupakan sebuah bangunan yang begitu menarik karena jika dilihat dari bagian luar saja sudah terkesan sangat besar dan luas sesuai dengan nama masjid tersebut. Selain itu, pada bagian depan masjid pun dilengkapi dengan dua plaza di sebelah timur dan di sebelah seatan juga terdapat plaza. Plaza tersebut telah dilapisi menggunakan keramik untuk mengantisipasi semakin banyaknya para jamaah yang melaksanakan ibadah shalat disana. Terutama pada hari Jum’at dan Hari Raya Idul Fitri serta Hari Raya Idul Adha. Maka di momen tersebut para jamaah masjid semakin banyak dan membludak memenuhi semua ruangan masjid Besar Almukarromah. Sehingga hlaman parkir nya juga dibangun menggunakan konblok yang cukup luas agar para jamaah dapat tertampung semua.

exterior Masjid Besar Almukarromah Cikarang

Fasilitas di masjid Besar Almukarromah pun cukup memadai. Salah satunya adalah tempat berwudhu yang telah disediakan dan terpisah bagi pria dan wanita. Disamping masjid tersebut juga terdapat sebuah Taman Pendidikan Al-Qur’an bagi para anak-anak. Dan direncakana juga akan didirikan Taman Kanak Kanak Islam dan Sekolah Dasar Islam disamping masjid yang satunya karena masih tersedia lahan kosong. Selain lokasi masjid yang cukup srategis dan juga adanya tempat untuk belajar bagi anak-anak, maka tak heran suasana di masjid tersebut tidak pernah sepi.

Masjid Besar Almukarromah memiliki desain paduan dari budaya Nusantara, Timur Tengah dan juga bangunan modern. Ciri khas Nusantara dapat terlihat pada bagian atap masjid yang berbentuk limas dan ada kubah masjidnya di bagian atap tersebut yang biasanya merupakan ciri khas dari Timur Tengah. Kemudian sentuhan modernnya dapat ditemukan pada ornamen kubah tersebut yang begitu indah karena berhias menggunakan berbagai elemen kecil dan menghasilkan bentuk mozaik yang begitu indah dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *