Masjid Isa Bin Maryam, Yordania

Sebuah bangunan masjid yang didirikan di Yordania merupakan sebagai bentuk penghormatan dari pemabangun masjid tersebut kepada Nabi Isa as. Oleh kaum Nasrani Nabi Isa disebut sebagai Yesus Kristus. Pembangunan masjid tersebut sangat menarik kaprena belum pernah ada dan jarang dilakukan oleh umat muslim dengan membangun sebuah msjid yang dinisbatkan secara langsung kepada seorang Nabi. Meskipun tak ada larangan tentang hal tersebut, Islam terlebih dahulu telah mengajarkan untuk menghormati kepada semua Nabi dan Rosul-Nya.

Masjid Isa Bin Maryam, Yordania

Bangunan masjid Isa Bin Maryam berdiri megah di kota Madaba yang berada sekitar 30 kilometer dari sebelah selatan kota Amman, Yordania. Bangunan masjid tersebut telah berdiri megah sejak tahun 2008 lalu. Diberikan nama masjid Isa bin Maryam juga disampaikan oleh imam masjid yang bernama Djamal Safarati. Beliau menjelaskan bahwa Nabi Isa juga merupakan salah satu nabi umat muslim dan sangat dihormati oleh seluruh muslm di dunia.

Dengan nama yang unik tersebut karena sangat berbeda dengan penamaan pada masjid lainnya, berbagai media internasional menyebut masjid Isa bin Maryam sebagai masjid pertama di Tanah Arab yang menggunakan nama dari Nabi Isa as. Meskipun demkian, sebenarnya masjid Isa Bin Maryam bukanlah bangunan masjid pertama yang ada di kota Madab. Sebelumnya ada juga sebuah bangunan masjid yang bernama Masjid Agung Kota Madaba yang memnag telah dibangun sebelum masjid Isa Bin Maryam. Ternyata di Amerika kini setidaknya terdapat dua masjid yang menggunakan nama nabi Isa, yaitu pada masjid Isa Bin Maryam yang berada di Stratford Connecticut dan yang satunya berada di Columbus, Ohio.

Tetapi sebenarnya banyak juga nama asjid yang sama dengan masjid Isa Bin Maryam. Tepatnya berada di kota Tripoli Lebanon, juga di Giza, Mesir serta di tempat lainnya. Namun mediia internasional tidak pernah meliput dan menyebarkan berita tersebut. Keberadaan masjid Isa Bin Maryam di kota Madaba begitu disambut hangat oleh para kaum muslim dan Nasrani disana. Berdirinya bangunan masjdi Isa Bin Maryam juga tak jauh dari bangunan gereja Kristus yang sudah ada disana dan juga terkenal di kota Madaba. Penggunaan dari nama masjid Isa Bin Maryam berasak dari ide imam masjid Yaitu Djamal Al Sufrati.

interior Masjid Isa Bin Maryam, Yordania

Imam masjid Djamal Al Sufrati menjelaskan bahwa sebenarnya di tanah Arab memiliki banyak sekali masjid yang menggunakan nama-nama nabi. Tetapi dari setiap masjid tersebut belum ada yang menggunakan nama dari nabi Isa as. Maka beliau memberikan ide untuk manamakan masjid tersebut dengan nama masjid Isa Bin Maryam. Selain itu, Nabi Isa as juga sangat dikagumi oleh umat Nasrani karena memang sebagai Yesus Kristus.

Media internasional pun turut serta mengapresiasi bangunan masjid Isa Bin Maryam disamping nama bangunannya yang begitu menarik. Mereka menyebutkan bahwa keberadaan bangunan masjid tersebut merupakan sebuah simbol kerukunan antar upemeluk agama dan juga sebagai bentuk perdamaian. Selain itu juga menjadi sebuah toleransi yang tinggi dari umat islam sekaligus juga sebagai wujud penghormatan terhadap Nabi yang menjadi tokoh Sentral bagi pemeluk umat Nasrani.

Bangunan masjid Isa Bin Maryam begitu menonjol dengan kubah besar ditambah dengan menaranya yang menjulang tinggi berada dekat dengan bangunan utama masjid tersebut. Bagian dalam masjid tersebut pun terkesan sangat menarik dan megah dengan adanya lampu hias dibagian ruang utama masjid. Para jamaah disana pun sangat banyak terutama pada Hari Jum’at maka akan datang semakin bertambah banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *