Masjid & Islamic Centre Tanggamus

Masjid & Islamic Centre Tanggamus terletak di Jln. Soekarno Hatta, Komplek Islamic Centre Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Nama Tanggamus sendiri diambil dari sebuah Gunung dengan nama yang sama yang berada di Jantung Wilayah Kabupaten tersebut. Ibukota Tanggamus terletak di Kota Agung Pusat, dan sekaligus merupakan sebuah wilayah Kota yang dimekarkan pada tanggal 21 Maret 1997, setelah sebelumnya menjadi wilayah kerja Pembantu Bupati Lampugn Selatan.

Masjid & Islamic Centre Tanggamus

Kabupaten Tanggamus inilah yang memiliki sebuah Masjid & Islamic Centre yang terletak di jantung Kota Agung. Karena letaknya, seringkali Masjid & Islamic Centre ini disebut dengan “Masjid & Islamic Centre Kota Agung”.

Selain memiliki sebuah Masjid Agung, Kawasan Islamic Centre Kota Agung juga memiliki beberapa gedung pendukung lain seperti RSUD Kabupaten Tanggamus serta beberapa gedung serba guna yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ke-Islaman masyarakat sekitar.

Meskipun sangat dekat dengan RSUD Kabupaten Tanggamus, namun ternyata lokasi Komplek Islamic Centre ini lumayan jauh dari lokasi fasilitas umum lainnya. Terasa cukup sepi dan jauh dari perkampungan, namun karena berdekatan dengan RSUD, jamaah masjid ini pun juga bisa dibilang tidak pernah sepi. Lokasi tepatnya adalah sekitar 2 Km dari Taman Kota Agung, sebelum Pantai Terbaya kita akan menemukan sebuah Gapura besar yang bertuliskan plakat “Islamic Centre Tanggamus”.

Perjalanan ke arah Islamic Centre Tanggamus ini akan diwarnai dengan kesejukan pohon-pohon lebat sekitar. Karena meskipun sudah berjalan aspal, namun pada sisi kiri dan kanannya masih banyak sekali kebun-kebun tradisional dengan pohon yang rindang.

Masjid Nurul Faizin di Komplek Islamic Centre Tanggamus

tampak depan Masjid & Islamic Centre Tanggamus

Masjid yang terletak di kawasan komplek Islamic Centre Tanggamus ini memiliki nama “Masjid Nurul Faizin”. Desain masjid ini jika dilihat dari depan akan terlihat sangat kokoh, dengan dominasi warna Coklat dan Putih Kecoklatan. Bangunan Masjid Nurul Faizin dibangun dengan cukup megah dan terlihat sangat nyaman, apalagi lokasinya yang jauh dari keramaian dan juga sangat asri menjadikan masjid ini menjadi salah satu tempat favorit untuk mencari ketenangan beribadah.

Arsitektural bangunan Masjid Nurul Faizin dibuat dengna mamadukan budaya nusantara dengan atap limas, serta budaya modern dengan bangunan yang berbentuk lengkungan-lengkungan dibagian depannya. Terdapat 1 kubah utama berukuranbesar dengan warna hijau, dan 4 kubah kecil di 4 penjurunya dengan warna yang sama. Kubah-kubah kecil tersebut dipasang di atas sebuah bangunan mirip gazebo diatas bangunan dasar. Masid ini dibangun dengan berlantai 2, lantai pertama digunakan sebagai lantai ruang sholat utama, sedangkan lantai 2 digunakan sebagai lantai tambahan untuk jamaah.

Renovasi Masjid Nurul Faizin di Komplek Islamic Centre Tanggamus

Pada tahun 2011 lalu, bangunan Masjid Nurul Faizin sempat mengalami renovasi dan penataan kembali di kawasan sekitar. Renovasi yang dilakukan tersebut menghabiskan dana hingga Rp. 3 miliar. Perbaikan bangunan masjidnya meliputi beberapa kerusakan yang terjadi, serta penataan ulang dilakukan agar komplek Islamic Centre Tanggamus menjadi lebih efisien.

Renovasi besar-besaran kemudian dilakukan kembali pada tahun 2015 lalu, sebagai rencana persiapan pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 setingkat Provinsi Lampung, yang diselenggarakan di Kabupaten Tanggamus, atau tepatnya pada Komplek Islamic Centre ini.

Pada bulan April 2016 lalu, pelaksanaan MTQ ke-44 tingkat provinsi Lampung diadakan secara teratur dan sukses di Islamic Centre ini. Selain diadakan di Komplek Islamic Centre ini, perhelatan MTQ tersebut juga dilakukan di Aula Kodim, Taman Kota, Gedung SMAN 2, serta di Masjid Al-Islah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *