Masjid Jami’ Al-Mubarok – Margahayu, Bekasi

Masjid Jami’ Al-Mubarok bisa dapat anda temukan di Jln. Dewi Saartika, Desa Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Teptanya jika dari arah Mall Giant Bekasi, anda akan melintasi sebuah kali irigasi di jalan searah yang menuju jalan Kh. Noer Ali, majsid ini dapat ditemukan disisi kiri jalan pertingaan Jln. Dewi Saartika dan Jln. Moh. Hasibuan.

Masjid Jami’ Al-Mubarok – Margahayu, Bekasi

Ruas jalan ini sangat macet karena berbagai gedung bisnis, toko, pasar, dan perkantoran berjejer mengelilingi ruas jalan menuju masjid ini. Masjid ini bisa dibilang cukup unik, karena berhimpitan langsung dengan 1 rumah penduduk di bagian depannya, namun dibagian belakang lebih berbentuk seperti bangunan “L”.

Arsitektural Masjid Jami’ Al-Mubarok Margahayu

Masjid dengan warna dominasi hijau toska dihampir seluruh bagian bangunannya ini memiliki 1 kubah utama berukuran sangat besar, dengan ujung lancip dengan simbol bulan dan bintang sebagai simbol budaya islam. Empat menara juga turut dibangun menyatu dengan bangunan utamanya, ukurannya mungkin hanya sekitar 10-20 meter saja, karena memang sudah ditempatkan diatas bangunan dasar masjidnya.

Arsitektural Masjid Jami’ Al-Mubarok Margahayu

Menara tersebut dibuat seperti menara sebuah pagoda, karena memang arsitekturnya memadukan antara budaya Tionghoa dan budaya Modern, meskipun tidak ada ornamen Tionghoa yang terpampang di dalamnya.

Masjid ini memiliki 2 lantai, lantai pertama difungsikan sebagai ruang sholat utama, sedangkan lantai kedua digunakan sebagai lantai tambahan untuk ruang sholat jika pada lantai pertama sudah tidak dapat menampung jamaah lagi.

Desainnya dibuat dengan beton dan cor, dengan desain yang sangat unik, karena terdapat bentuk-bentuk bertulang serta jendela-jendela dari beton yang dibuat menyerupai sebuah kubah. Dibagian jendelanya dihiasi dengan kaligrafi bertuliskan “Allah” dan “Muhammad”.

Kemudian untuk bagian depannya dibuat seperti gerbang untuk bangunan-bangunan modern. Masjid yang terlihat sangat megah dan modern ini memiliki penyejuk ruangan AC dengan ruangan yang sangat tertutup. Hal ini dimaksudkan agar udara yang udara di dalam masjid tetap terasa sangat sejuk, msekipun udara diluar memang sangat panas, apalagi terletak dikawasan padat penduduk.

Masjid ini terapit berbagai bangunan hunian masyarakat, namun karena bangunan masjidnya bertingkat, serta pemilihan dominasi warnanya berbeda dengna bangunan sekitar, para pengunjung dapat dengan mudah menemukan masjid ini tanpa harus bersusah payah.

Jika kita masuk ke bagian dalam ruang sholat utama, kita akan disuguhi dengan ruangan yang luas, dengan berbagai ornamen unik, serta berbagai macam kaligrafi yang sengaja diletakkan didalam ruangan agar terasa semakin indah.

Untuk bagian Mihrabnya memang tidak dibuat menjorok keluar seperti masjid-masjid kuno pada umumnya, namun dibuat sebuah ruangan sekaligus penempatan mimbarnya.

Kegiatan Masjid Jami’ Al-Mubarok Margahayu, Bekasi

Karena dijadikan sebagai Masjid Jami’, tidak heran jika Masjid Al-Mubarok ini menjadi tempat fokus utama untuk berbagai kegiatan masyarakat di sekitar Margahayu, Bekasi Timur. Selain sebagai tempat sholat fardu dan Jum’at, masjid ini juga menjadi pusat untuk perayaan hari-hari besar Islam, seperti Sholat 2 Hari Raya, Idul Fitri dan Idul Adha. Kemudian juga sebagai pusat untuk perayaan Tahun Baru Hijriyah, Maulid Nabi, dan lain sebagainya. Puncak keramaiannya terletak pada bulan ramadhan, dimana masjid ini juga selalu mengadakan acara berbuka bersama bagi masyarakat sekitar.

Berbagai kegiatan tambahan juga ikut dilakukan dimasjid ini, seperti berbagai pengajian rutin setiap minggu, dan juga pengajian rutin setiap selesai sholat subuh. Hal ini dilakukan untuk menambah keimanan dan moral bagi masyarakat Margahayu dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *