Masjid Jami’ Arriyadhoh – Pasir Gombong

Masjid Jami’ Arriyadhoh terletak di Jln. Raya Industri Pasir Gombong No. 8C, Desa Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Tepatnya berada di ruas jalan tak jauh dari pintu 7 kawadan industri di Jababeka.

Masjid Jami’ Arriyadhoh – Pasir Gombong

Arsitektural sebelumnya merupakan arsitektural klasik khas budaya tradisional nusantara, namun kemudian dilakukan renovasi dengan desain yang lebih modern dari sebelumnya. Sebenarnya, renovasi disini lebih tepat diartikan sebagai perubahan total dari desain sebelumnya, karena bangunan asli dibongkar penuh dan dibangun ulang dengan bangunan modern berlantaikan dua. Dilengkapi pula dengna 1 kubah besar dan empat menara yang didirikan di 4 penjuru bangunan masjidnya.  Hal ini lah yang kemudian menjadikan masjid ini mirip dengan masjid di Timur Tengah, namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Pada bangunan saat ini, tidak ada yang tersisa dari bangunan lama, kecuali 2 kuburan tua yang terletak di halaman masjid dan kini diberikan pagar disekelilingnya. Bangunan baru tersebut berlantai 2, namun akses jalannya diletakkan disisi belakang masjid. Hal ini disebabkan arah dari kiblat menghadap ke jalan raya, sehingga terpaksa tangga untuk akses diletakkan disana. Mihrab untuk masjid ini pun juga menghadap ke jalan raya, sehingga pintu masuk utama masjid ini diletakkan di sisi kanan dan kiri serta belakang bangunan masjidnya.

Sebelum dibangun dengan desain yang megah dan modern, Masjid Jami’ Arriyadhoh ini dibangun dengan sangat sederhana, berupa atap limas. Ruangan sholat kemudian ditambahkan dibagian samping dan sisi belakang bangunan dengan tambahan bangunan baru. Namun, pada saat dilakukan pembangunan ulang pada tahun 2014 bangunan aslinya dirobohkan dan dibangun ulang dengan rancangan yang sangat berbeda dari desain masjid aslinya.

Pembangunan Masjid Jami’ Arriyadhoh dibangun dari dana swadaya masyarakat dan beberapa sumbangan yang berasal dari industri sekitar seperti Produsen Karburator Kendaraan Roda Empat yang letaknya tidak jauh dari masjid ini.

Wajah Baru Bangunan Masjid Jami’ Arriyadhoh

interior Masjid Jami’ Arriyadhoh – Pasir Gombong

Bangunan Masjid Jami’ Arriyadhoh yang baru ini menganut gaya modern. Bagian gerbangnya dibangun dengan bahan batu bata, kemudian dibuat lengkungan diantara gerbangnya. Dominasi warna gerbang adalah kuning hijau, dan balutan warna hitam.

Kemudian pada bagian luar masjid ini dibangun dengan sangat modern, dengan desain persegi dengan 1 lengkungan lebar dibagian atasnya. Pada bagian belakang masjid terdapat plakat tulisan “Masjid Jami’ Arriyadhoh”.  pada keseluruhan dindingnya dilapisi dengan keramik berwarna hitam, kemudian 4 menara yang juga dilapisi oleh keramik berwarna hitam juga turut dibangun di keempat sisi masjid.

Menara tersebut didibangun dengan desain persegi empat, dengan puncaknya dibentuk kubah berwarna hijau, dengan puncak dengan ornamen bulan dan bintang. Kemudian pada bagian tengahnya juga dibentuk dengan kubah dan ornamen yang sama, namun berukuran lebih besar.

Pada bagian dalam, keramik sebagai alas masjidnya dilapisi dengan karpet merah. Ada 4 soko guru yang dibangun dibagian dalam berwarna kuning keemasan dan dibagian tengah plafon terdapat cekungan dari kubahnya.

Kemudian pada bagian mihrab dibuat dengan cekungan yang dibalut dengan warna kuning keemasan. Sedangkan mimbar dan 1 jam kayu diletakkan dibagian dalam mihrabnya. Pada bagian sisi kanan dan kiri mihrab  di buat kaligrafi bertuliskan “Allah” dan “Muhammad” dengan warna kuning keemasan. Untuk pemisahan jamaah pria dan wanita, diletakkan kelambu dibagian belakang, sehingga jamaah pria berada di depan, sedangkan jamaah wanita berada di belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *